Firefox 55 Kian Cepat, Ramah RAM dan Support WebVR

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 08 Agu 2017 | 16:40

Mozilla akhirnya resmi memperkenalkan update browser terbarunya yakni Mozilla Firefox 55. Browser ini kabarnya akan menjadi browser pertama yang paling stabil dan sudah support WebVR untuk semua pengguna Windows 64-bit.

Hadirnya fitur webVR ini diharapkan memudahkan pengguna menikmati konten VR dimanapun dan kapanpun tanpa harus melalui perangkat VR. Bila kamu tidak tertarik dengan webVR, update Firefox 55 juga menghadirkan peningkatan performa yang tinggi sehingga waktu membuka halaman web kian cepat. Tidak hanya itu, browser ini juga kini diklaim kian ramah RAM sehingga perangkat tidak akan terbebani.

Dalam sebuah uji coba untuk melihat perubahan yang dihadirkan Firefox, seorang teknisi  Mozilla sengaja membuka 1691 tabs pada browser Firefox berbagai versi. Hasilnya, dalam Firefox 51 dibutuhkan waktu hampir 8 menit agar semua tab termuat semua. Menariknya, kala menggunakan Firefox 55, 1691 tabs mampu terbuka dalam waktu 7 menit 45 detik. Artinya lebih cepat 15 detik dari versi 51.

Untuk penggunaan memori, Firefox 55 juga kian irit memori RAM. Bahkan bila saat digunakan multitasking biasanya Browser Mozilla ini membutuhkan RAM 2GB kurang, kini dipangkas habis menjadi 500MB saat membuka banyak tab.

Sementara itu, fitur WebVR pada browser Mozilla Firefox 55 akan compatible dengan Oculus Rift dan HTC Vive. Alhasil, beberapa pengembang mulai membuat aplikasi VR untuk web. Kehadirkan fitur ini memang untuk menyaingi Google Chrome untuk Android atau Windows yang kompatibel dengan Samsung Gear VR.

Bila itu belum cukup, Firefox juga menghadirkan fitur screenshot. Kini pengguna bisa mengambil, menyimpan dan berbagi screenshots tanpa harus meninggalkan browser. Fitur ini sedikit berbeda dengan fitur screenshot pada umumnya. Pasalnya, pengguna bisa mengambil screenshot secara kecil misal untuk ornament atau elemen dalam konten web. Jadi tidak perlu men-screenshot halaman web penuh. Sayangnya, untuk fitur screenshot ini baru akan digulirkan secara bertahap hingga akhir tahun 2017 mendatang.

Sebelumnya Mozilla merilis Browser Firefox 54 yang diklaim tidak akan menyedot memori dan memperlambat PC seperti yang dilakukan browser lainnya. Tidak heran, Firefox menggunakan RAM yang jauh lebih sedikit dari browser lain di sistem operasi terbaru Windows 10, Mac OS dan Linux. Sebagai catatan, Chrome menjadi salah satu browser boros RAM, di posisi kedua ada Microsoft Edge dan Safari di posisi ketiga. Browser Firefox 54 terbaru ini juga hadir dengan sejumlah perbaikan bug dan sistem keamanan. Browser ini pun telah diluncurkan ke semua sistem operasi baik desktop dan mobile.

Baca juga artikel:

Mozilla Rilis Firefox 54, Browser Ringan untuk Perangkat RAM Kecil

Update Mozilla Firefox Tawarkan Fitur Pencegah Pencurian Data

Opera versi 43, Browser Tercepat Untuk Perangkat Desktop

Artikel Lainnya

Komentar