YouTube Hadirkan Fitur Messaging dan Speed Control

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 10 Agu 2017 | 16:29


Image via fantomdan.co.za

Google terus berupaya mengembangkan aplikasi YouTube agar kian diminati dan lebih sosial mirip media sosial yang tengah tren saat ini. Untuk itulah baru-baru ini, Google merilis update YouTube untuk versi aplikasi mobile.

Dalam update ini, YouTube mendapat tambahan fitur messaging. Fitur ini akan berguna bagi para YouTuber untuk saling berbagi video ke sesama teman bahkan bisa saling berkirim pesan. Kabarnya fitur ini sudah bisa digunakan oleh para pengguna YouTube di Kanada dan menyusul beberapa negara lainnya bulan Agustus ini.

Fitur messaging pada YouTube sendiri tidak berbeda jauh dengan aplikasi messaging Android lainnya. Pengguna bisa berbalas pesan, membagikan video atau kontak bahkan beberapa kontak sekaligus. Pengguna bisa saling berkirim tanpa harus meninggalkan aplikasi YouTube.


Image via YouTube

Pengguna YouTube akan kian mudah membagikan video dalam fitur perpesanan ini. Pengguna cukup menekan ikon dan mencari video yang hendak dibagikan. Fitur messaging ini akan dibuat ke dalam bagian tombol YouTube Share.

Selain menghadirkan fitur messaging, YouTube juga hadir dengan fitur kontrol baru. Dalam fitur ini, YouTuber bisa mengatur kecepatan dari sebuah video. Sebagai contoh, pengguna bisa melambatkan kecepatan video atau mencepatkan video untuk menemukan sesuatu dalam video. Sayangnya, fitur ini justru hadir untuk versi web desktop. Alhasil pengguna YouTube Mobile harus lebih bersabar untuk bisa menikmati fitur ini.


Image via 9to5Google

Dalam fitur kontrol kecepatan YouTube ini, pengguna bisa melambatkan video hingga 0,25x atau mencepatkan video hingga 2x. Menariknya, meski belum dirilis global, fitur kontrol baru ini muncul pada aplikasi YouTube versi 12.29.57 yang ada di perangkat Google Pixel series.

Sebelumnya, Juli lalu YouTube yang mulai menerapkan langkah untuk melakukan block terhadap komentar spam. Perusahaan ini resmi memperkenalkan fitur terbaru ini sebagai langkah banyaknya spam yang muncul di komen-komen video. Dengan sistem filter ini, semua komentar yang mengandung link tidak jelas, maka komentar tersebut akan masuk ke bagian untuk direview terlebih dahulu sebelum ditampilkan bersama komentar-komentar lainnya.

Alhasil, para YouTuber akan mengapprove komentar-komentar secara manual sebelum muncul ke publik. Filter block komentar spam ini memang sangat berguna untuk YouTuber yang memiliki video atau channel populer maupun yang biasa saja. Pasalnya, komentar spam menyebar di semua komentar video yang ada di YouTube, bukan hanya ada di video yang populer saja.

Baca juga artikel:

Cara Mudah Memblokir Komen Spam yang Mengganggu di YouTube

Aplikasi YouTube Go Dirilis Versi Beta, Lebih Hemat Data

Streaming Video Kian Hemat Data dengan Aplikasi YouTube Go

 

Artikel Lainnya

Komentar