Ini Dia Daftar Vendor Hape Terlaris di Dunia Selama Q2 2017

Oleh Ardiansyah Hana updated Senin, 07 Agu 2017 | 14:16


Image via HuffPost.com

Bicara smartphone terlaris, beberapa tahun ini selalu diisi oleh vendor-vendor yang sama, hal ini dipengaruhi oleh kredibilitas brand serta banyaknya inovasi yang ditawarkan oleh vendor tersebut.

Seperti di kuartal kedua tahun 2017 ini, dimana Samsung masih menduduki posisi teratas di pasar smartphone. Dilansir Strategyanalytics, merek asal Korea Selatan ini menjadi merek dengan penjualan hape terlaris di dunia dengan presentase 22,1 persen dan berhasil menjual produk sebanyak 79,5 juta perangkat.

Jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2016 lalu, Samsung merajai pasar smartphone dunia dengan pencapaian yang meningkat sebanyak 1,9 juta unit. Tentunya, angka ini menunjukan bahwa Samsung telah kembali dari kegagalan akibat peluncuran Galaxy Note 7, mengalami kenaikan 2 persen dari penjualan sebanyak 77,6 juta unit di bulan April sampai Juni 2016.

Sementara di posisi kedua, Apple konsisten di posisi tersebut sama seperti tahun sebelumnya. Secara angka, brand asal Amerika Serikat ini menjual lebih banyak unit, namun diklaim gagal menyesuaikan pasar secara keseluruhan.

Di kuartal kedua tahun 2017, Apple berhasil menjual perangkat sebanyak 41 juta unit, dimana angkanya mengalami kenaikan ketimbang kuartal yang sama di tahun lalu dengan jumlah 40,4 juta unit.

Kendati demikian, marketshare Apple mengalami penurunan. Di tahun ini, marketshare dari Apple hanya mencapai angka 11.4 persen saja, dimana tahun sebelumnya berhasil mencapai angka 11,8 persen.

Sementara itu, hape terlaris di dunia ketiga diperoleh oleh merek Huawei. Brand asal Tiongkok ini berhasil menjual hape sebanyak 38,4 juta unit dengan marketshare sebesar 10.7%. Penjualan ini cukup melonjak dari kuartal kedua tahun 2016 lalu, dengan penjualan sebesar 32 juta unit dengan marketshare 9,4 persen.

Di posisi keempat, terdapat OPPO. Merek ini menjual hape terlaris di kuartal kedua tahun 2017 sebanyak 29,5 juta unit dengan marketshare 8,2 persen, mengalami kenaikan yang sangat tinggi ketimbang tahun sebelumnya yang hanya menjual smartphone sebanyak 18 juta unit dengan marketshare 5,3%.

Lalu di posisi kelima, Xiaomi mengukuhkan sebagai brand yang berhasil menjual smartphone terlaris dengan pendistribusian smartphone sebanyak 23,2 juta unit yang naik dari 14,7 juta unit di tahun lalu, dengan marketshare sebesar 6.4 persen yang tentu saja naik dari angka 4.3 persen yang didapatkan di tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, pasar smartphone tumbuh sebesar 6 persen dan mencapai 360 juta unit pada Q2 2017. Sementara itu, merek-merek lain mendapatkan pengapalan sebesar 148.8 juta unit dengan marketshare 41.3 persen, merujuk pada brand-brand selain yang masuk ke dalam jajaran lima besar diatas.

Baca juga artikel:

5 Hape Terlaris Di Kuartal Pertama 2017, iPhone 7 dan 7 Plus Jadi Raja

10 Laptop Terpopuler Dalam Pencarian Situs Pricebook

7 Pilihan Hape dengan OS Android Nougat

Artikel Lainnya

Komentar