Diperbaharui pada Kamis, 3 Agustus 2017 | 09:36

Layar ShatterShield Moto Z2 Force Mudah Tergores

Motorola akhirnya resmi merilis varian baru Moto Z2 Force beberapa waktu lalu. Dalam smartphone ini, tampak jelas hadirnya ubahan yang diklaim membuat ponsel Android terbaru ini kian bersaing.

Sebut saja penggunaan prosesor Qualcomm baru yang diklaim memberikan performa lebih cepat. Bila itu masih kurang, Motorola juga menggunakan dual kamera sensor baru yang diklaim kian jelas dan detail. Ponsel ini pun masih menghadirkan fitur ShatterShield yang kuat guna memuaskan pengguna gadget saat ini. Sayangnya, baru-baru ini muncul laporan bahwa layar kokoh dari smartphone Motorola ini mudah tergores. Banyak yang menduga Motorola mengurangi kualitas ShatterShield pada layar untuk harga perangkat yang lebih murah.

Motorola pun langusung merespon hal ini dengan menghadirkan pernyataan resmi ke beberapa media. Dalam pernyataan resminya, Motorola menganggap layar ShatterShield bukan berarti anti gores. Tidak hanya itu, sebab goresan pada layar pun bisa dari berbagai material yang kuat. Maka Motorola menyarankan bagi pengguna Moto Z2 Force memasang anti gores.

Sebelumnya, layar Moto Z Force yang dirilis tahun lalu hadir dengan fitur ShatterShield terbaik. Fitur ini membuat layar kuat dan tidak mudah retak atau pecah meski smartphone terjatuh. Namun, dalam seri Z2 Force justru layar sangat mudah tergores, bahkan dengan kuku jemari sekalipun. Motorola pun berjanji akan menyelidiki lebih lanjut kasus ini dan menjanjikan untuk produk Z2 Force produksi baru tidak akan mengalami hal serupa.


Image via AndroidPolice

Lalu, bagaimana detail spesifikasi ponsel Moto Z2 Force ini?

Secara desain dan spesifikasi, Moto Z2 Force memang tidak berbeda jauh dengan seri Moto Z2 sebelumnya. Bedanya ponsel ini memiliki dimensi yang lebih tipis setelah 5,9 mm dan lebih ringan dengan berat 145 gram. Dimensi yang lebih ringan ini diharapkan membuat pengguna kian nyaman dalam mengoperasikan smartphone ini.

Ponsel Android premium ini juga masih menggunakan layar berukuran 5,5 inci. Lenovo masih menggunakan panel AMOLED dan resolusi layar Quad HD 1440p. Layar ini memang lebih baik dari seri Force sebelumnhya sehingga kian mumpuni untuk penggunan harian. Apalagi, panel AMOLED yang digunakan membuat baterai lebih hemat daya. Tidak hanya itu, fitur ShatterShield juga membuat layar tidak mudah retak.

Pada bagian mesin, ponsel Android Motorola Moto Z2 Force ini akan menggunakan mesin kelas premium yang unggul performanya. Lenovo memasang chipset Qualcomm Snapdragon 835 meningkat dari versi sebelumnya SD820. Prosesor ini akan disokong RAM 4 atau 6GB dan GPU Adreno 506. Performa smartphone ini tidak usah diragukan lagi. Menariknya, smartphone Moto Z2 terbaru yang diedarkan akan dilengkapi memori internal 64 atau 128GB. Untuk sistem operasi, Phablet ini menggunakan sistem Android 7.1 Nougat.

Untuk kamera, ponsel Android modular ini menggunakan dual kamera utama 12 + 12 MP. Kamera ini memang lebih rendah dibanding versi sebelumnya. Walaupun demikian, kamera ini sudah menggunakan sensor baru Sony IMX386. Kamera utamanya menggunakan teknologi phase detection dan laser autofocus. Untuk kamera depan terpasang kamera selfie 5 MP dengan dual LED Flash.

Pada bagian baterai, Motorola memasang baterai yang lebih kecil dibanding seri Z Force yakni 2730 mAh dengan teknologi Turbo Charge. Entah apa yang membuat Motorola memutuskan mengecilkan kapasitas baterai ditengah tren smartphone saat ini yang menggunakan baterai besar.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 7.1.1
Detail Prosesor MSM8998 Snapdragon 835
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.9 GHz
GPU Adreno 540
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:

Moto Z2 Force Resmi Dirilis dengan Layar ShatterShield dan Dual Kamera

Moto Z2 Play Masuk Indonesia Akhir Juli dengan Harga Rp6 Jutaan

Hape Android Nougat Sejutaan, Motorola Moto C Masuk Pasar Indonesia

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts