Awas! Ini Dia Daftar Hape dengan Kasus Terbakar

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 25 Jul 2017 | 11:02

Beberapa tahun ini, cukup banyak berita mengenai kasus hape yang terbakar dan meledak. Tentunya, kasus ini akan menimbulkan kekhawatiran bagi semua pengguna gadget.  

Faktanya, ada banyak kasus serupa yang ditemukan, beberapa terjadi pada hape kelas flagship keluaran merek global. Apa saja hape yang pernah mengalami kasus terbakar atau meledak? Ini dia daftarnya!

1. iPhone 6

Terkenal dengan vendor yang selalu mengeluarkan hape berbandrol mahal, nyatanya Apple pernah mengalami kasus hape terbakar pada tahun 2014. Tercatat, seorang pengguna iPhone 6 bernama Philip Lechter merasakan panas pada bagian paha yang diakibatkan oleh penggunaan iPhone 6 yang mengeluarkan kepulan asal dan membuat kaki kanannya terkena luka bakar.

2. Samsung Galaxy Note 7

Rilis pada tahun 2016 dan menjadi produk andalan Samsung saat itu, nyatanya Galaxy Note 7 ditemukan meledak oleh banyak pengguna. Salah satunya, penggunaan Galaxy Note 7 di Tiongkok yang meledak saat dilakukan pengisian daya.

Sejauh ini, laporan mengenai kasus meledaknya Samsung Galaxy Note 7 diakibatkan oleh elektroda negatif di bagian sudut kanan atas baterai yang bocor. Perusahaan ini menemukan bahwa ujung elektroda diletakkan pada kurva yang tidak sesuai sehingga mengakibatkan korsleting pada komponen baterai.

3. Samsung Galaxy S4

Jauh sebelum Galaxy Note 7 rilis, Samsung pun pernah mengalami kasus serupa dari seri Galaxy S4 yang dilaporkan meledak dan menghanguskan satu ruangan di Hong Kong. Dilansir dari Xianguo, seorang pria asal Hong Kong bernama Du mengaku bahwa Samsung Galaxy S4 yang dipakainya meledak dan menimbulkan api yang membuat sebuah ruangan di rumahnya hangus terbakar.

4. LG G3

Pesaing kuat dari Samsung, LG, juga mengalami kasus serupa. Saat itu, terdapat pengguna LG G3 yang tiba-tiba menemukan hape-nya meledak diatas kasur. Kabarnya, kasus ini terjadi secara tiba-tiba, dimana hape tidak mengalami tingkat panas berlebih. Untuk menghindari pembakaran lebih meluas, pengguna tersebut akhirnya melempar kasur ke luar jendela.

5. OnePlus One

Selanjutnya, terdapat hape OnePlus One yang dilaporkan hangus terbakar saat mengisi daya. Kasus ini dilaporkan oleh pengguna Twitter bernama Deepak Gosain yang mengunggah hape OnePlus One saat terbakar dan rupanya tengah diisi daya selama dua jam sebelum mengeluarkan asap.

6. Xiaomi Mi 4i

Xiaomi Mi 4i juga pernah dilaporkan meledak dan terbakar tiba-tiba di sebuah kantor di India. Disebutkan, hape Xiaomi ini terbakar dan meledak saat dalam kondisi normal. Beruntung, orang-orang yang berada dekat ponsel tersebut segeda menyadari percikan bunga api yang keluar dan segera menjauh.

7. Xiaomi Redmi Note 4

Peristiwa terakhir merupakan yang paling hangat karena baru beberapa haru terjadi. Xiaomi Redmi Note 4 diketahui meledak di sebuah pertokoan di India setelah penjaga toko tersebut memasukkan sebuah SIM card ke dalam smartphone yang berujung mengeluarkan api secara tiba-tiba.

Tips Hindari Hape dari Terbakar dan Meledak

Selain karena cacat pabrikan, kasus terjadinya hape yang terbakar bisa diakibatkan oleh cara pemakaian yang tidak tepat. Supaya aman dan terhindar dari kebakaran saat menggunakan hape, ini dia tips-tips yang bisa Anda lakukan:

Jangan Gunakan Hape Saat Dicas

Anda disarankan untuk tidak memakai hape saat diisi daya. Pengisian daya sendiri bisa menghasilkan panas dan kombinasi panas dari pemakaian bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran ataupun membuat hape meledak.

Selalu Gunakan Charger Original

Produsen hape selalu mengingatkan untuk memakai charger bawaan dan original. Tentunya, alasan ini bertujuan untuk keselamatan pengguna, karena menggunakan charger palsu ataupun tidak sesuai standar bisa menyebabkan kerusakan komponen hape. Selain menggunakan charger orisinil, solusi lain adalah memakai charger dengan lisensi keamanan, misalnya charger untuk iPhone dan iPad yang memiliki label "Made for iPhone/iPad".

Jangan Memakai Baterai KW

Kelebihan dari hape dengan baterai removable adalah kemudahan untuk mengganti baterai yang sudah rusak. Namun, masih banyak pengguna yang asal memilih produk dan melakukan penggantian baterai dengan produk KW. Meskipun harganya murah, namun baterai berkualitas rendah tersebut bisa menjadi pemicu dari kasus kebakaran dan ledakan.

Perhatikan Suhu di Sekitar Hape

Suhu ruangan yang tinggi bisa menjadi penyebab meledaknya hape. Untuk itu, selalu perhatikan suhu di sekitar hape, hanya simpan hape dalam ruangan sejuk dan hindari paparan langsung sinar matahari agar tidak terkena hape.

Hindari Overcharge

Pengisian baterai yang terlalu lama juga menjadi penyebab hape meledak dan terbakar. Meskipun saat ini sejumlah hape sudah dilengkapi sistem keamanan untuk menghentikan arus saat baterai terisi penuh, faktanya baterai akan mengalami kerusakan saat diisi terus menerus dan menyebabkan reaksi atau ledakan.

Baca juga artikel:
Baterai iPhone 7 Matte Black 32GB Meledak Saat Dicharge di Cina
Sebuah Apple iPhone 6s Meledak setelah Diisi Daya Baterai
Tangan Seorang Wanita Hamil Terluka Bakar Saat iPhone 7 Meledak

Artikel Lainnya

Komentar