Diperbaharui pada Selasa, 5 Mei 2020 | 16:10

Cara Blokir Komen Spam di Youtube, Auto Hilang

Kolom komentar dalam sebuah website sangat penting. Pasalnya dalam kolom komentar bisa tampak interaksi antara pengunjung website dengan pemilik website.

Tidak hanya itu, kolom komentar terkadang juga membantu pemilik website mengetahui masukan maupun saran yang berguna untuk pengembangan website. Sayangnya untuk kolom komentar di media sosial lebih banyak diisi oleh komen-komen sampah yang berisi ejekan, hinaan hingga spam.

Komen spam inilah yang terkadang mengganggu. Pasalnya, dalam komen spam biasanya terdapat link-link berbahaya yang mengarahkan pada malware atau hal buruk lainnya. Untungnya beberapa media sosial saat ini mulai menerapkan sistem saringan untuk membantu mengurangi komen-komen sampah tersebut.

Salah satunya, Youtube yang akhirnya mulai menerapkan langkah untuk melakukan block terhadap komentar spam. Perusahaan ini resmi memperkenalkan fitur terbaru ini sebagai langkah banyaknya spam yang muncul di komen-komen video.

Dengan sistem filter ini, semua komentar yang mengandung link tidak jelas, maka komentar tersebut akan masuk untuk direview terlebih dahulu sebelum ditampilkan bersama komentar-komentar lainnya. Dengan demikian, para Youtuber dapat memilah komentar-komentar secara manual sebelum muncul ke publik.


Filter block komentar spam ini memang sangat berguna untuk Youtuber yang memiliki video atau channel populer maupun yang biasa saja. Pasalnya, komentar spam menyebar di semua komentar video yang ada di Youtube, bukan hanya ada di video yang populer saja.

Sebelumnya, Youtube akan menghentikan support layanan video editor dan photo slideshow. Pasalnya, layanan ini sudah jarang sekali digunakan oleh Youtuber. Nantinya, layanan Youtube Video editor ini akan dimatikan pada 20 September 2017 mendatang.

Rentang waktu ini diharapkan menjadi waktu yang berharga bagi para Youtuber yang masih memiliki video untuk diedit sebelum layanan ini benar-benar dimatikan. Bila sudah dimatikan, Youtuber tidak akan bisa mengakses lagi video yang masih ada di dalam proyek editing.

Namun, untuk video-video yang sudah diedit dengan Video Editor dan sudah dipublish tidak akan terhimbas efek penutupan layanan Youtube Video Editor. Dengan pensiunnya layanan ini, Youtube akan fokus pada fitur-fitur baru dan meningkatkan layanan yang sudah ada.

Hingga 20 September mendatang, Youtuber masih bisa menggunakan fitur enhancements pada video manager untuk mempercantik video yang hendak di upload.

Cara Memblokir Komen dengan Link di Youtube


Berikut langkah mudah untuk mengaktifkan fitur terbaru dari Youtube untuk memblokir komen berisi link spam yang mengganggu di video Anda.

  1. Masuk ke Creator Studio.
  2. Lalu masuk ke Community settings channel dengan memilih Community > Community settings yang ada di menu kiri.
  3. Setelah itu masuk ke Block Links dan ceklis opsi ‘automatically hold new all comments with URLs and hashtag for review’.

Yang perlu dicatat adalah, fitur ini akan berlaku pada komen yang dibuat setelah Anda melakukan setingan di atas. Artinya komen berisi link yang sudah ada sebelum Anda melakukan setingan diatas masih harus di atur secara manual.

Jika sudah aktif, maka setiap komen yang berisi link spam secara otomatis akan terkirim ke bagian 'Held for Review'. Setelah itu Anda bisa memilih meng-approve komen tersebut, menandai sebagai spam atau bisa menyembunyikannya dari kolom komentar.

Semoga bermanfaat!

 
Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.