Layar 2,5D Curved Glass vs Gorilla Glass: Fungsi dan Perbedaan Keduanya

Oleh Yudhi Tri Perwira updated Rabu, 26 Jul 2017 | 15:44


Seiring perkembangan teknologi, membuat para produsen smartphone berlomba-lomba menanamkan komponen terbaik untuk produk smartphone mereka, termasuk menggunakan layar 2,5D dan Gorilla Glass.

Contohnya pada layar smartphone. Sekarang sudah jamak smartphone yang tak lagi menggunakan layar 2 dimensi. Melainkan menggunakan layar 2.5D Curved Glass, 3D bahkan Gorilla Glass. Bagi masyarakat awam, mungkin masih banyak yang tidak mengetahui apa yang dimaksud layar 2.5D Curved Glass? sebenarnya tak ada perbedaan yang cukup berarti antara layar 2.5D Curved Glass dengan layar 2D pada umumya.

Untuk itu pada artikel kali ini, kami akan membahas apa yang dimaksud dengan layar 2.5D Curved Glass serta melakukan perbandingan bagus mana layar 2.5D Curved Glass dengan layar Gorilla Glass.

Apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari masing layar tersebut? berikut ulasannya

Apa itu layar 2.5D dan Gorilla Glass?


Mungkin banyak yang bingung juga asing dengan istilah layar 2.5D. Serta apa pula perbedaannya dengan layar 2D pada umumnya? Yang dimaksud dengan layar 2.5 Curved Glass merupakan istilah yang digunakan untuk panel kaca yang memiliki sedikit lengkungan di tepian atau yang disebut juga tepi berkontur. Sekilas bentuk dari layar 2.5D dengan tepi melengkung ini memang tidak akan terlihat bedanya dari layar datar konvensional.

Namun perbedaan akan terasa ketika pengguna benar-benar langsung memegang perangkat dengan layar 2.5D. Karena pada dasarnya tampilan layar 2.5D hanya menampilkan sedikit lengkungan di tepi. Layar 2.5D tidak menampilkan tepi kaca 90 derajat, namun akan menampilkan tampilan yang elegan. Sehingga perangkat dengan layar 2.5D terlihat lebih ramping dan jauh lebih menarik. Ada banyak ponsel menampilkan layar 2.5D kaca termasuk Xiaomi Mi MaxHuawei Honor 8Apple iPhone 77 Plus.

Sedangkan Gorilla Glass sendiri merupakan lembaran-lembaran kaca yang ringan dan tipis, namun tidak mudah rusak, yang terbuat dari kaca aluminosilikat alkali. Yang biasa digunakan untuk layar pada LCD, Media Player, Laptop dan juga smartphone. Gorilla Glass merupakan hasil produksi dari Corning, vendor dari Amerika. Gorilla Glass sendiri memiliki dua fungsi utama yaitu Corning Gorilla Glass Waterproof dan juga Corning Gorilla Glass Scratch-Resistant.


Gorilla Glass Waterproof, Gorilla Glass adalah lembaran kaca yang tipis dan tahan rusak. Sedang waterproof berarti tahan air, maka Gorilla Glass Waterproof memiliki arti sebuah sebuah kaca tipis atau perlindungan layar yang tahan rusak dan juga tahan saat berada dalam air.

Sedang arti dari Gorilla Glass Scratch-Resistant, Scratch-Resistant memiliki arti tahan terhadap benturan dan juga goresan. Jadi smartphone yang menggunakan perlindungan layar Gorilla Glass Scratch-Resistant, smartphone tersebut akan terlindungi dari goresan yang menyerang layar.

Jenis Layar 2.5D Curved Glass dan Gorilla Glass


Seperti yang sudah disinggung di atas, sebenarnya tak ada perbedaan yang terlalu berarti antara layar 2D dengan 2.5D Curved Glass.  Secara singkat bisa dikatakan bahwa layar 2.5D adalah layar 2D yang diperhalus sudut-sudutnya hingga membentuk lengkungan, sementara layar 3D dibuat dengan melengkungkan layar 2.5D dengan bantuan pemanasan suhu tinggi dan kemudian didinginkan dengan cepat.

Tampak tak ada perbedaan antara smartphone yang menggunakan Gorilla Glass dengan yang tidak. Karena pada dasarnya Gorilla Glass hanya lapisan yang tertanam pada layar smartphone sehingga tak merubah bentuk smartphone tersebut.

Layar 2.5D Curved Glass vs Gorilla Glass


Keuntungan layar lengkung, baik 2.5D atau 3D yang utama adalah di sisi estetika dan juga ergonomis. Tampilan smartphone dengan layar lengkung semakin elegan dan terkesan mewah, contohnya pada iPhone 6, Samsung Galaxy S6 Edge dan Galaxy Note Edge. Selain itu juga nyaman digenggam karena sisi lengkung tersebut membantu pengguna mencengkeram perangkat dengan baik.

Namun dari segi proteksi, layar 2.5 Curved Glass tak memberikan jaminan layaknya Gorilla Glasss. Jika Gorilla Glass dapat melindungi layar anda dari goresan benda dan juga air yang mengenai layar smartphone (tergantung jenis Gorilla Glass mana yang digunakan di layar smartphone anda). Kelebihan lainnya dari Gorilla Glass bahwa ia tak akan mempengaruhi desain layar anda seperti pada layar Curved Glass. Karena hanya terdiri lapisan kaca yang berkisar antara 0,5 - 2 mm.

Kesimpulan

Sebenarnya kedua layar kedua layar yang kita bahas memiliki fungsi dan segmentasi yang berbeda. Jika layar 2.5D Curved Glass merupakan pengembangan dari layar umum 2D untuk mendapatkan hasil desain yang lebih ergonomis dan juga nyaman untuk digenggam. Dan dari sisi teknis tak memiliki pengaruh yang cukup berarti. Hanya diperuntukkan lebih untuk efisiensi desain saja.

Sedangkan Gorilla Glass justru sebaliknya. Gorilla Glass memang dirancang untuk lebih dapat difungsikan untuk memberikan proteksi kepada layar. Sedangkan dari sisi desain tak memberikan pengaruh apapun. Karena hanya terdiri dari lapisan kaca yang sangat tipis terletak pada layar smartphone anda.

Namun, untuk masa sekarang ini khususnya smartphone level high-end sudah banyak produsen yang menggabungkan kedua teknologi ini. Beberapa diantaranya adalah Apple, Samsung, Xiaomi, Lenovo, Asus, Vivo dll.

List Hape Layar 2.5D Curved Glass

Nama Harga di Pasaran
LG K10 RAM 2GB Rp 1,825,000
OPPO F1 Plus Rp 4,500,000
Apple iPhone 6s Plus 16GB Rp 5,399,000
Apple iPhone 6s Plus 64GB Rp 6,499,000
Apple iPhone 6s Plus 128GB Rp 7,399,000
AccessGo Gotune 3i Rp 930,000
LG K8 K350N Rp 1,489,000
Advan G1 Rp 1,400,000
Lava A3 Rp 2,010,000
Xiaomi Redmi 4 Rp 1,400,000
Polytron ZAP 6 Posh 4G501 Rp 1,225,000
Xiaomi Mi Max RAM 3GB ROM 32GB Rp 2,415,000
Xiaomi Mi Max RAM 3GB ROM 64GB Rp 2,900,000
Xiaomi Mi Max RAM 4GB ROM 128GB Rp 3,499,000
Xiaomi Mi Max RAM 2GB ROM 16GB Rp 2,125,000
Huawei Honor 8 32GB Rp 4,700,000
Huawei Honor 8 64GB Rp 5,000,000

Baca juga artikel :

Corning Gorilla Glass 5 Dirilis, Ini Dia Kelebihannya! 
Mengenal 2.5D Curved Glass Pada Smartphone Canggih Saat Ini 
Corning Rilis Gorilla Glass 4, Ini Uji Tes-nya! 

Artikel Lainnya

Komentar