Mozilla Rilis Firefox 54, Browser Ringan untuk Perangkat RAM Kecil

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 19 Jun 2017 | 21:32

Image via newsinitiative.org

Saat ini ada begitu banyak browser yang dirilis ke pasar aplikasi. Browser-browser tersebut hadir dengan sejumlah keunggulan yang diklaim membuat pengguna gadget kian mudah. Beberapa browser bahkan hadir dengan fitur yang lengkap baik untuk versi desktop maupun mobile.

Sayangnya, Google Chrome sebagai salah satu browser terbaik saat ini hadir dengan kelemahan boros RAM sehingga kurang nyaman untuk perangkat komputer lama atau smartphone. Padahal untuk urusan kecepatan load dan fitur, browser ini sangat baik. Menyadari celah tersebut, Mozilla merilis browser ringan baru bernama Mozilla Firefox 54. Ini merupakan browser yang diklaim akan cocok untuk komputer dengan memori atau RAM terbatas.

Menurut Mozilla, Browser Firefox yang dirilis kali ini mengunakan empat proses bahkan lebih untuk menjalankan atau membuka sebuah web page berisi konten dalam banyak tab yang terbuka. Artinya browser bisa menjalankan multitasking berat dengan mudah. Tidak hanya itu, setiap tab akan diproses lebih responsive dan lebih cepat. Tentu tab dengan web page konten yang minimalis yang akan terbuka lebih cepat. Dengan memisahkan pemrosesan tab per tab, membuat browser nyaman digunakan pada komputer dengan hardware terbatas. Jadi Firefox 54 bisa membuka web yang kamu suka lebih cepat di smartphone atau komputer lama.

Browser terbaru ini juga diklaim tidak akan menyedot memori dan memperlambat komputer seperti yang dilakukan browser lainnya. Tidak heran, Firefox menggunakan RAM yang jauh lebih sedikit dari browser lain di sistem operasi terbaru Windows 10, Mac OS dan Linux. Sebagai catatan, Chrome menjadi salah satu browser boros RAM, diposisi kedua ada Microsoft Edge dan Safari di posisi ketiga.

Browser Firefox 54 terbaru ini juga hadir dengan sejumlah perbaikan bug dan sistem keamanan. Browser ini pun telah diluncurkan ke semua sistem operasi baik desktop dan mobile.

Mozilla Firefox hingga kini memang masih berada dalam bayang-bayang Google Chrome sejak tahun 2011. Walaupun browser lain seperti Microsoft Edge dan UC Browser masih jauh dibawahnya, jangan samapai Mozilla terlalu nyaman akan posisinya. Mozila harus terus mengembangkan browser ini agar kian bersaing dan nyaman digunakan penggunanya.

Mozilla Firefox 54 terbaru sudah bisa kamu unduh di https://www.mozilla.org/en-US/firefox/54.0/releasenotes/

Baca juga artikel:
Microsoft Edge Paling Hemat Baterai Dibanding Chrome dan Firefox
Update Chrome Hadirkan Reload Page yang Lebih Cepat
Update Terbaru Chrome untuk Android Hadirkan Fitur Download Offline

Artikel Lainnya

Komentar