Coolpad R116 Cool Dual, Hape Dual Kamera Murah Berkualitas

Oleh Tedi Yuni A updated Selasa, 13 Jun 2017 | 05:36

Coolpad R116 Cool Dual

Coolpad R116 Cool Dual memanfaatkan celah dimana kelas hape dual kamera murah belum banyak pemainnya. Rata-rata hape dual kamera saat ini harganya di atas 5 juta rupiah.

Dari pantauan kami, hape dual kamera di kelas menengah dengan harga Rp 3,2 juta hanya hanya Coopad R116 Cool Dual saja. Ada Xiaomi Redmi Pro, memang lebih murah di kisaran Rp2,4-Rp 2,6 juta saat ini, tapi sudah terbilang lama rilis, tahun 2016 lalu.

Jika isi kantong Anda tebal, tentu saja nama-nama hape beken pengusung dual kamera dibagian belakang seperti iPhone 7 Plus, Huawei P9, LG G5, Huawei Honor 6x, dan ASUS Zoom S bisa Anda beli.

Ada harga, ada kualitas tentunya, hasil foto hape dual kamera di atas tentu saja sangat bisa diandalkan. Lantas bagaimana dengan Coolpad R116 Cool Dual? Apakah dual kameranya bisa diandalkan untuk kebutuhan Anda?

Mari simak pengalaman kami menggunakannya.

Dual Kamera RGB & Monochrome

Dual kamera menjadi nilai jual di hape ini. Berikut spesifikasi Coolpad R116 Cool Dual untuk dual kamera belakangnya.

  • Terdapat dua jenis lensa, RGB (warna) dan Monochrome
  • Resolusi kamera belakang masing-masing 13MP dengan dual led flash
  • Bukaan aperture lensa bagian belakang masing-masing F/2.0
  • Kamera belakang menggunakan sensor Sony BSI (backside illumination)
  • Dilengkapi teknologi phase detection autofocus
  • Kamera depan 8MP dengan bukaan lensa F/2.2 tanpa flash
  • Sensor kamera depan Coolpad R116 Cool Dual buatan Purecel

Bagaimana menurut kalian guys?

seeting kamera Coolpad R116 Cool DualSetting dual camera Coolpad R116 Cool Dual

Jadi melalui dual kamera yang ada pada Coolpad R116 Cool Dual, kalian bisa mengambil foto RGB (berwarna) dan hitam putih alias monochrome. Itulah yang membedakan jenis sensor pada kamera belakang Coolpad R116 Cool Dual.

Ketika ingin memotret foto RGB (warna) ditandai dengan mode SLR. Melalui mode SLR, Anda bisa menciptakan foto bokeh. Foto bokeh adalah foto dengan latar belakang buram alias blur.

Efek bokehnya bisa Anda atur, mulai dari aperture (bukaan diafragma) f/16 hingga f/0,95. Jika Anda setting pada angka F/0.95, maka efek bokehnya makin dramatis. Jika masih bingung mengenai bukaan aperture, coba lihat gambar di bawah ini.

bukaan rana

Dari pengalaman kami, sebelum mengambil foto dalam moda SLR atau foto bokeh, ada baiknya shutter sentuh layar dinonaktifkan lebih dahulu. Jika tidak, Anda akan sedikit kesulitan mengatur efek blurnya karena ketika layar disentuh kamera langsung mengambil gambar. Sementara kita belum sempat mengatur bukaan apertureya. Butuh waktu sekitar 2 detik untuk kamera menerapkan efek blurnya.

Ternyata setelah ditelisik lebih jauh, Anda bisa mengatur fokus dan efek dramatis blurnya setelah foto diambil. Dimungkinkan pula Anda menambahkan stiker sesuai keinginan.

Bagi Anda yang suka foto hitam putih, Coolpad R116 Cool Dual bisa andalkan. Foto hitam putihnya yang dihasilkan lebih detail, kontras lebih baik dan noise berkurang, meski foto diambil pada area minim cahaya.

hasil foto Coolpad R116 Cool DualHasil foto monochrome Coolpad R116 Cool Dual

Di malam hari, Anda bisa mengaktifkan mode Malam agar hasil lebih baik dan pastikan pegang kuat kamera jangan sampai goyang, karena tidak ada Optical Image Stabilization (OIS). Jika memang niat untuk huting di malam hari, baiknya bawa tripod agar kamera lebih kokoh.

Kamera depan Coolpad R116 Cool Dual sudah dibekali resolusi 8MP buatan Purecel. Hasilnya biasa saja dan cukup baik. Kalau wajah mau lebih bagus, bisa gunakan mode Beauty dan setting sampai tingkat paling tinggi, biar makin kinclong maksimal. Oia, ada fitur deteksi umur dengan istilah macam-macam, seperti Pemuda, ABG, hingga cabe-cabean.

Untuk videonya, bisa digunakan mengambil gambar maksimal 4k dengan 30fps, sensor monochrome-nya bisa digunaan untuk mengambil video hitam putih dan Anda juga bisa buat video slow motion.

hasil foto Coolpad R116 Cool DualHasil foto Coolpad R116 Cool Dual menggunakan Moda SLR-foto bokeh

hasil foto Coolpad R116 Cool Dual

Peforma Coolpad R116 Cool Dual

Antutu Coolpad R116 Cool Dual

Hape dual kamera Rp3 jutaan ini membawa prosesor kelas menengah octa core Snapdragon 652 dengan clock speed 1,8GHz. Coolpad R116 dibekali kartu grafis Adreno 510.

Coolpad R116 dibekali RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sayangnya tidak ada memori eksternal di hape dual kamera ini. Skor AnTuTu-nya mencapai 64 ribuan. Tapi, untuk skor 3D-nya tidak terlalu bagus, malah penguna disarankan untuk memainkan game 3D dalam mode low quality saja.

Dengan segala fitur yang dibawanya, hape ini dibekali baterai 4000mAh dan tidak dibekali dengan fitur Quick charge. Bagi yang aktif di media sosial dan biasa menggunakan hape untuk aktivitas kerja, Coolpad R116 sudah bisa diandalkan. Daya tahannya bisa sampai 5-6 jam, bagi penguna yang tidak terlalu aktif dalam menggunakan hape, tentu bisa lebih tahan lama.

Dengan RAM 3GB-nya, hape Coolpad R116 lumayan tangguh diajak main game-game kelas menengah. Kami menjajalanya dengan main Aspalt Xtreme: Rally Racing dan Mobile Legends: Bang bang. Permainan mengalir seru, tapi sayang, bodi agak memanas, tapi dalam tahap wajar.

Layar Coolpad R116 Cool Dual

layar Coolpad R116 Cool DualLayar 5,5 inci Coolpad R116 Cool Dual

Bagi pengguna yang suka pakai layar lebar, apalagi 5,5 inci, Coolpad R116 tentu bisa memberi kenyamanan buat Anda. Terutama pada saat nonton  video atau film karena tampilannya tajam dengan resolusi full HD. Dengan panel IPS miliknya, sudut pandang layar Coolpad makin luas dan tajam dari berbagai sisi.

Menariknya, layarnya tidak meninggalkan jejak sidik jari yang buat layar kotor dan kusam. Tidak diketahui apakah layarnya sudah menggunakan pelindung anti gores atau tidak. Sayang ada border hitam di bagian layanya jadi tidak begitu menarik. Mau tidak keliatan ya pakai backround berwarna hitam.

Desain Coolpad R116 Cool Dual

desain Coolpad R116 Cool Dual
Desain Coolpad R116 Cool Dual

Kalau melihat body-nya tidak ada yang tampak spesial, kotak dengan sudut membulat layaknya hape Tiongkok kebanyakan. Dengan balutan metal, Coolpad R116 mengusung desain unibody.

Tombol power beserta volume diletakan pada sisi kiri,sedangkan sisi kanannya ada “rumah” untuk dua slot SIM card dengan ukuran nano. Otomatis tidak ada slot buat microSD sehingga Anda hanya mengandalkan memori internal 32GB saja.

Coolpad R116 bisa dijadikan remote TV karena pada sisi atasnya ada sensor infra red yang ditemani lubang jack audio 3,5 mm. Dua buah speaker pada sisi bawah mengapit port charger USB type C.

Pada bagian belakang, selain dual kamera beserta dua Led Flash,ada sensor fingerprint scanner. Tepat di bawah logo Coolpad ada teks LeEco Insede. Ya, hape dual kamera ini merupakan hasil kolaborasi Coolpad dan LeEco. Tahun lalu, LeEco meluncurkan ponsel ini dengan nama LeEco Cool1 Dual.

Harga Coolpad R116 Cool Dual

Coolpad Cool Dual
Harga termurah

Rp 2,400,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 6.0
Chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.2 GHz
GPU Adreno 510
RAM 3 GB
Memori Internal 32 MB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 4060 mAh

Dari data toko yang ada di Pricebook, meski harga resmi ponsel ini ada dikisaran Rp3,2 juta,namun harga Coolpad R116 Cool Dual termurah ada diangka Rp2,8 juta di Blibli.com. Anda bisa langsung, atau jika Anda ingin membelinya di toko offline bisa lmelihat-lihatnya di Pricebook, mungkin harganya ada yang cocok untuk Anda

Kesimpulan

Kelebihan

  • Dual kamera RGB & Monochrome
  • Baterai 4000mAh
  • Layar lebar Full HD
  • Port USB Type C
  • Bisa buat remote TV
  • Harga terjangkau

Kekurangan

  • Tidak ada microSD
  • Ada border hitam di layar
  • Body cepat panas skala wajar

Dengan harga relatif terjangkau, Coolpad R116 Cool Dual bisa menjadi alternatif pilihan bagi penguna yang menginginkan hape dual camera berkualitas. Hasil foto pun sangat bisa diandalkan walau ada beberapa hal minor yang perlu diperbaiki. Begitupun dengan border di layar yang sebagian orang menganggap hal itu menjadi minus yang perlu diperbaiki. Sejauh kami menggunakannya tak ada kendala berarti. Sangat memuaskan untuk hape dual kamera kelas menengah.

Baca juga artikel:
Coolpad Siap Rilis Ponsel Android Nougat Murah, Coolpad Defiant
Cara Mengaktifkan 4G Coolpad R116 Cool Dual
Cara Aktifkan Jaringan 4G LTE di Coolpad SKY 3 Kurang Dari 1 Menit

Artikel Lainnya

Komentar

Joke Jogiro Selasa, 27 Jun 2017 | 08:23
Review: Coolpad R116 hape tampanand cool kayak Michael Jackson. harga pengemis kayak hp Nokia 3100.
Bima Satria Rabu, 5 Jul 2017 | 17:35
Anjas keren juga si Joke