Diperbaharui pada Selasa, 6 Juni 2017 | 13:42

Dari 15 Kebanggaan Ini, Mana yang Kamu Rasakan Ketika Jadi Anak Vespa?

Jika diperhatikan, saat ini semakin banyak anak muda yang mengendarai Vespa di jalanan. Padahal, hal ini sangat kontras di 10 tahun belakangan karena Vespa biasanya lebih banyak dipakai oleh orang tua.

Menurut penggunanya, mengendarai motor Vespa mendatangkan kebanggan tersendiri saat dijalanan. Lantas, apa saja kebangganan yang sering dirasakan oleh anak Vespa?

1. Motor Legendaris

Image via ItaliaTech

Dibuat oleh pabrikan asal Italia, pada awalnya Vespa dirancang khusus sebagai salah satu kendaraan perang. Jaman dulu, Vespa dilengkapi dengan serangkaian aksesoris untuk membantu prajurit berperang, pertama kali dibuat oleh Piaggio & Co. S.p.A pada tahun 1946.

Kehadiran Vespa juga identik dengan sejarah perang dunia kedua karena menjadi icon bagi kelas pekerja di jaman tersebut. Atas eksistensinya sampai sekarang, tentu saja Vespa menjadi salah satu motor legendaris yang akan membuat penggunannya bangga saat berkendara di jalanan.

2. Harga Jual Semakin Tinggi

Banyak orang menjadikan Vespa sebagai koleksi. Alasannya, harga jual Vespa semakin tinggi, terlebih jika seri tersebut sudah langka di pasaran. Jika Anda menggunakan Vespa keluaran vintage dengan body yang masih keren, tentunya hal ini akan menambah rasa percaya diri saat mengendarainya.

3. Motor Pertama di Indonesia

Apakah Anda tahu bahwa Vespa menjadi salah satu kendaraan pertama yang masuk Indonesia? Jika Anda mendapatkan Vespa keluaran lama yang diwariskan dari ayah atau kakek, tentu saja Vespa tersebut menyimpan banyak cerita menarik. Tentunya, hal ini akan menambah kebanggan Anda saat memakainya di jalanan.

4. Banyak Komunitas

Image via autofreaks

Begitu populernya motor ini membuat banyaknya komunitas Vespa yang bisa dengan mudah Anda temukan. Anda bisa menemukan dan bergabung dengan komunitas Vespa skala lokal bahkan nasional, bahkan mengikuti Jambore Nasional Vespa yang rutin diadakan secara tahunan.

5. Solidaritas Tinggi

Image via vespaadventures.com

Pengendara Vespa juga terkenal memiliki solidaritas tinggi pada sesama pengedara motor, terlebih bagi pengguna Vespa. Dengan begitu, Anda tak perlu takut atau sungkan meminta bantuan saat memerlukan pertolongan di jalanan misalnya tersasar. 

6. Kebersamaan

Image via ScooterINA

 

Selain solidaritas tinggi antar pengguna, pemakai Vespa pun menjunjung kebersamaan. Tentunya, Anda sering melihat rombongan Vespa melakukan konvoi, bukan? Inilah salah satu agenda tetap yang seringkali dilakukan komunitas Vespa di Indonesia. 

7. Desain Tak Lekang Waktu

Image via VectorFree

Desain vintage yang dipergunakan Vespa sampai sekarang membuatnya tak lekang oleh waktu. Meskipun Anda pengguna Vespa keluaran lama, Anda dapat dengan bangga mengendarainya karena desain motor kesayangan Anda tersebut tetap relevan dengan era sekarang, berbeda dengan desain motor bebek atau matic yang dituntut harus mengikuti jaman.

8. Motor Segala Kalangan

Image via Wallpaper Safari

Di awal kemunculannya, Vespa memang identik dengan kelas pekerja. Namun, saat ini Vespa digunakan oleh semua kalangan, mulai dari artis ataupun pejabat. Maka dari itu, Anda tidak akan merasakan kesenggangan sewaktu menaiki Vespa, terlepas dari jenis ataupun tahun pembuatan Vespa yang digunakan.

9. Ideal Dipakai Jarak Jauh

Image via MotorExpertz

Vespa dirancang khusus sebagai motor untuk menempuh perjalanan jauh. Terlebih, bagasi yang lapang memungkinkan Anda membawa banyak barang. Hasilnya, Vespa sangat ideal untuk Anda pakai saat mudik dan siap-siap menjadi pusat perhatian mengingat di jalanan saat ini lebih banyak dihias oleh motor matic.

10. Mesin Unggul

Alasan Vespa sangat ideal dipakai berkendara jarak jauh adalah mesinnya yang unggul. Secara umum, Vespa memiliki mesin yang sederhana dan tahan banting. Mesin 2-tak yang terdapat pada Vespa sangat simpel sehingga hanya memerlukan waktu sebentar untuk pengguna baru mempelajari mekanismenya.

11. Tarikan Kuat

Mesin Vespa juga terkenal karena tarikan yang spontan dan kuat. Hal ini karena sistem transmisi roda gigi tanpa perantara rantai sehingga tenaga yang dihasilkan kuat dan bisa diajak menanjak dengan nyaman. Tak hanya itu, Vespa juga memiliki mesin pendingin yang stabil.

12. Bebas Kotor

Desain unik Vespa yang disertai dengan dek atau lantai membuat kaki penggunannya akan terlindungi. Saat melewati kondisi medan berair atau berlumput, kaki pun akan tetap bersih dari percikan air atau percikan lumpur.

13. Roda Cadangan

Image via ModernVespa

 

Vespa disertai dengan roda cadangan sehingga saat salah satu ban Anda kempes atau bocor, Anda bisa langsung menggantinya. Tak kalah unik, ban belakang dan ban depan Vespa pun bisa saling tukar termasuk velg-nya.

14. Sparepart Mudah Ditemui

Besarnya pasar Vespa di Indonesia mendatangkan keuntungan bagi pengguna, salah satunya ketersediaan suku cadang. Ya, Anda tak perlu susah mencari sparepart Vespa, baik yang berkualitas tinggi bahkan yang standar.

15. Pelengkap Gaya Hidup

Image via YouTube

Sudah dipastikan, Vespa menjadi icon lifestyle anak muda di Indonesia. Jika Anda ingin menjadi pusat perhatian ataupun dipandang keren, Anda bisa memilih motor Vespa untuk digunakan sehari-hari.

Baca juga artikel:
Motor Matic Boros Bensin, Ini Alasannya!
5 Penyakit Motor Matic Ini Jadi Langganan Bengkel Motor Matic
Nggak Usah Jadi Genk Motor! Jadi Pengendara Bijak Aja, Ayo Siapa Berani?
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts