7 Kerusakan Mobil yang Harus Dibawa ke Bengkel

Oleh Adam Rizal updated Selasa, 6 Jun 2017 | 11:32

Image via Pinterest

Mobil adalah kendaraan yang kompleks dan memerlukan perawatan khusus lantaran ada beberapa komponen di dalam mobil yang jauh lebih ribet dan membutuhkan tangan terampil untuk menyelesaikannya.

Ada beberapa jenis kerusakan mobil yang bisa Anda selesaikan sendiri seperti mengganti ban dan ada juga jenis kerusakan yang harus ditangani oleh mekanik handal di bengkel. Karena itu, Anda harus mengetahui jenis-jenis kerusakan mobil yang harus segera dibawa ke bengkel.

Berikut Pricebook berikan beberapa jenis kerusakan mobil yang harus segera Anda membawanya ke bengkel resmi terdekat:

1. Kerusakan Pada DVD Player atau Radio

Image via Wallmart

Jangan coba-coba memperbaiki DVD player atau radio mobil seorang diri. Komponen DVD player atau radio sangat berhubungan dengan sistem kelistrikan di dalam mobil dan hanya mekaniklah yang mengerti sistem kelistrikan mobil Anda. Segeralah bawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat untuk memperbaiknya.

2. Kerusakan Pada Timing Belt

Image via Opel

Jika terjadi kerusakan pada timing belt alias sabuk yang menghubungkan kruk as dan camshaft mobil, Anda harus segera membawa mobil ke bengkel resmi terdekat. Hal itu dikarenakan timing belt adalah komponen penting yang membuat mesin beroperasi setiap harinya.

Jika Anda tetap memaksa mengganti atau memperbaiki timing belt seorang diri, bisa berakibat buruk dan kerusakan jangka panjang pada mesin mobilmu.

3. Kerusakan Pada Shockbreaker

Image via Mobilku.org

Shockbreaker termasuk komponen penting di dalam mobil dan hanya mekanik bengkel resmi yang bisa memasang atau memperbaiki shockbreaker karena banyak peralatan yang dimilikinya. Jika Anda tetap memaksa untuk memperbaiki shockbreaker seorang diri bisa berpengaruh terhadap sistem keamanan dan rem mobilmu.

4. Kerusakan Pada Kaca Depan

Jangan coba memperbaiki keretakan kaca depan seorang diri karena bisa membuat keretakan kaca semakin besar. Memperbaiki kaca retak membutuhkan tangan-tangan terampil, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat.

5. Kerusakan Pada Radiator dan Fuel Pump

Radiator adalah komponen terpenting di dalam mobil yang berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin yang telah menjadi panas setelah melewati saluran water jacket. Anda pun tidak bisa memperbaiki radiator seorang diri karena minimnya pengetahuan dan alat.

Selain radiator, komponen penting lainnya yaitu fuel pump alias pompa bahan bakar. Tentu, Anda pun harus segera membawa mobil Anda ke bengkel, jika terjadi kerusakan pada fuel pump.

6. Kerusakan Pada Rem

Semua orang yang memiliki mobil atau motor mengakui rem memiliki fungsi yang sangat besar untuk menahan laju gerak mobil. Karena itu, jika terjadi kerusakan pada rem, janganlah mencoba memperbaiki seorang diri karena sistem pengeremam tidak hanya soal kanvas rem saja tetapi ada juga kaliper, rotor, bantalan roda, dan minyak rem. Segeralah, bawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat untuk perbaikan.

7. Kerusakan Pada Sistem Transmisi

Jangan sekali-sekali mencoba memperbaiki sistem transmisi alias perseneling mobil terutama mobil manual sendirian karena mengubah cairan transmisi di mobil membutuhkan prosedur dan cara khusus.

Jadi, kalau ada kerusakan di atas pada mobil Anda, usahakan untuk langsung membawanya ke bengkel profesional ya!. Daripada Anda memperbaiki seorang diri dengan tujuan menghemat pengeluaran tetapi cara Anda yang salah bisa menambah kerusakan pada mobil.

Akhirnya, Anda harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar.

Baca juga artikel:
Cegah Busi Motor Rusak! Ini 5 Cara yang Benar Saat Bersihkan Busi Motor
Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Mobil Biar Harga Jadi Tinggi
Begini Cara Mencuci Mobil Sendiri Agar Tidak Gores

Artikel Lainnya

Komentar