Nggak Usah Jadi Genk Motor! Jadi Pengendara Bijak Aja, Ayo Siapa Berani?

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 30 Mei 2017 | 10:15

Image via CodingPintar

Sudahkah Anda menjadi pengendara yang bijak? Pertanyaan ini berlaku untuk semua pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. Berkat kemudahan cara berkendara termasuk membeli kendaraan, lantas tidak membuat semua pengendara berlaku bijak.

Di jalanan, saat ini masih banyak pengendara yang belum paham mengenai posisinya, berlaku sembarangan, bahkan ada segelintir pengendara kendaraan bermotor yang bersikap arogan. Nah, untuk menjadi pengedara yang bijak, Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

1. Siap Fisik dan Mental

Image via Harvard.edu 

Saat berkendara, pastikan bahwa Anda memiliki kesiapan fisik dan mental supaya benar-benar sadar untuk mengemudi kendaraan di jalanan. Kesiapan mental harus disiapkan oleh pemula agar tidak takut berkendara dan tetap fokus untuk Anda yang sudah mahir. Selain itu, kesiapan fisik meliputi kondisi badan yang fit serta penglihatan yang baik supaya nyaman saat berkendara.

2. Kendaraan Prima

Image via SeputarHargaTerkini 

Tidak hanya kesiapan fisik dan mental pengemudi, kendaraan yang Anda pakai juga harus dalam kondisi prima. Anda bisa mempersiapkan dan memeriksa kendaraan dengan seksama sebelum menggunakannya, seperti melihat kondisi bodi kendaraan yang utuh, keberadaan lampu penanda, lampu penerangan, spion, klakson dan ketersediaan bahan bakar yang cukup.

Jika Anda berencana bepergian jarak jauh seperti mudik ke luar kota, ada baiknya untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

3. Alat Keselamatan

Image via Lazada

Pengaman keselamatan juga wajib tersedia. Untuk Anda pengendara motor misalnya, karena meskipun Anda berkendara dalam jarak yang dekat, Anda tetap wajib menggunakan helm sebagai alat keselamatan. Dalam menggunakan helm, Anda pun tidak bisa asal-asalan karena wajib mengenakan helm yang sesuai dengan SNI. Selain itu, siapkan juga jas hujan yang akan melindungi Anda dan memberikan kenyamanan di tengah perjalanan saat terkena hujan.

4. Selalu Bawa Surat Kendaraan dan SIM

Image via polri.go.id

Keberadaan surat kendaraan sangatlah penting dan wajib Anda bawa saat bepergian. Dengan membawa surat kendaraan legal dan tercatat di kepolisian, Anda pasti akan merasa nyaman saat berkendara.

Selain itu, siapkan juga Surat Izin Mengemudi (SIM) di dalam dompet Anda. Sebagai pengendara yang bijak, kartu ini sebagai penanda bahwa Anda memiliki hak untuk menggunakan kendaraan dan leluasa untuk berkendara di seluruh jalanan yang ada di Indonesia.

5. Taat Lalu Lintas

Image via IDNTimes

Sebagai pengedara yang bijak, Anda pun harus selalu mentaati peraturan lalu lintas di Indonesia. Anda wajib memerhatikan semua rambu-rambu jalanan termasuk taat dengan lampu lalu lintas, tidak menerobos pembatas jalan dan jangan berkendara dengan melawan arah. Dengan taat lalu lintas, Anda akan aman terhadap kecelakaan, tidak membuat sumber kemacetan dan membuat semua pengguna jalanan merasa nyaman.

Terkait ketaatan lalu lintas, Indonesia memiliki peraturan resmi dan Undang-undang yang mengaturnya untuk dijalankan oleh semua pengguna jalanan. Untuk itu, janganlah melanggar aturan ini agar menjadi pengendara kendaraan yang bijak.

6. Hormat Pada Sesama Pengedara Jalanan

Jalanan di Indonesia adalah milik bersama. Meskipun Anda memiliki hak atas jalanan tersebut, namun Anda harus ingat bahwa pengendara lain mempunyai hak setara. Untuk itu, Anda jangan berkendara secara ugal-ugalan, menggunakan klakson sewajarnya, menerobos dan menyalib kendaraan lain diluar aturan dan menyorot mata pengendara lain menggunakan lampu penerangan.

7. Selalu Hargai Penjalan Kaki dan Pengguna Sepeda

Image via PedBikeInfo

Tak kalah penting adalah memperhatikan dan menghargai pejalan kaki dan pengguna sepeda karena mereka memiliki hak yang sama atas jalanan. Anda harus menghindari jalur pesepeda, mendahulukan orang yang ingin menyebrang dan jangan menggunakan trotoar untuk parkir dan berkendara karena trotoar milik pejalan kaki!

8. Membayar Pajak Kendaraan

Sebagai warga negara Indonesia yang baik dan pemilik kendaraan yang bijak, pajak pendaraan wajib Anda bayar dan tidak boleh dilupakan. Anda harus membayar pajak kendaraan tepat waktu agar menghindari denda, serta selalu ingat bahwa pajak kendaraan yang bayar berkontribusi untuk memajukan pembangunana di Indonesia meningat alokasi pendapatan pajak turut dipakai untuk membangun infrastruktur termasuk memperbaiki jalanan yang rusak dan bolong.

Berlaku bijak, tidak hanya Anda yang akan merasa aman dan nyaman saat berkendara, namun semua orang yang ada di jalanan termasuk pengendara lain, pengguna sepeda dan pejalan kaki. Yuk, mulai bijak dalam berkendara dengan melakukan tips-tips yang disebutkan diatas!

Baca juga artikel:
Jangan Malas! Lakukan 10 Cara Ini Agar Ban Motor Awet
Begini Cara Mudah Latih Teknik Parkir Pararel dan Sejajar Buat Pemula
13 Tips Memilih Bengkel Mobil yang Tidak Abal-abal

Artikel Lainnya

Komentar