Diperbaharui pada Senin, 29 Mei 2017 | 09:48

Hape Xiaomi Mi 6 Bakal Punya Kembaran, Namanya Xiaomi Jason Alias Xiaomi Mi 6c

Xiaomi Mi 6

Setelah merilis hape Xiaomi Mi 6 pada April 2017 lalu, kabarnya vendor asal Tiongkok ini siap meluncurkan versi Xiaomi Mi 6c dengan harga yang lebih terjangkau.

Seperti yang diketahui, Xiaomi menjadi salah satu produsen smartphone yang memiliki banyak varian. Sebut saja varian Mi C series yang pertama kali muncul dalam seri Xiaomi Mi 4c pada tahun 2015 silam. Seri ini merupakan seri terjangkau dari varian hape Xiaomi Mi 4. Lalu berlanjut dengan munculnya Xiaomi Mi 5c, varian murah dari Xiaomi Mi 5 pada tahun 2016 lalu.

Yang terbaru, muncul bocoran spesifikasi smartphone bernama Xiaomi Jason yang di duga sebagai hape Xiaomi Mi 6c. Mengusung nama Xiaomi Jason, banyak yang menduga bahwa ponsel ini akan dirilis dalam waktu dekat. Dalam bocoran GFXBench terbaru, tampak perangkat yang diduga Xiaomi Mi 6c ini akan menggunakan layar berukuran 5,1 inci dengan dukungan panel IPS dan resolui layar Full HD. Layar ini dianggap cukup kompak ditengah era ponsel layar lebar 5,5 inci. Tidak heran, smartphone ini diduga kuat sebagai versi murah dari ponsel premium Xiaomi.

Menengok ke bagian mesin, Xiaomi Jason atau Xiaomi Mi 6c menggunakan chipset kelas menengah. Xiaomi membekali smartphone kelas menengah ini dengan chipet Qualcomm Snapdragon 660. Prosesor octa-core ini akan disokong pengolah grafi Adreno 512 dan RAM 6 GB. Bila spek ini benar diusung, performa hape Xiaomi Mi 6c terbaru ini akan cukup menggoda untuk multitasking dan bermain game. Untuk memori penyimpanan, Xiaomi akan memasang memori internal 64 GB. Untuk sistem operasi, diduga ponsel Android terbaru ini akan menggunakan OS Android Nougat 7.1.

Bocoran spesifikasi Xiaomi Mi 6c di Geekbench

Beralih ke bagian kamera, hape Xiaomi Mi 6c mengusung kamera belakang 12MP dengan sensor baru. Kamera belakang ini diklaim cukup unggul meski mengusung resolusi lebih rendah daripada seri Xiaomi lain yang menggunakan kamera 13MP atau 16MP. Untuk kamera depan, terpasang pula kamera depan 5MP.

Jika melihat spesifikasi yang diusung, perbedaan mencolok dalam seri Mi 6c dengan Mi 6 terletak pada bagian chipset. Sebelumnya Xiaomi memang memasang Qualcomm Snapdragon 835 dalam seri Mi 6. Namun, penggunaan chipset Snapdragon 635 pada Mi 6c tidaklah menurunkan performa. Justru chipset ini diklaim lebih hemat daya.

Perbedaan lain dalam seri Mi 6 dan Mi 6c juga hadir pada sektor kamera. Sebut saja kamera depan, Xiaomi Mi 6 menggunakan kamera depan 8 MP dan Xiaomi Mi 6c menggunakan kamera selfie 5 MP. Walaupun demikian hal ini tidak mempengaruhi banyak kualitas hasil foto.

Baca juga artikel :
Lebih Garang, Hape Xiaomi Mi Max 2 Dibekali Baterai 5300 mAh
Xiaomi Mi6 Ceramic Edition Mulai Dipasarkan
Xiaomi Redmi Pro 2 Muncul di Situs Resmi Xiaomi
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts