Fitur Keamanan Iris Scanner Dalam Galaxy S8 Berhasil Dibobol

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 24 Mei 2017 | 14:52

Image via FirstPost

Samsung terus mengembangkan varian smartphone miliknya dengan berbagai teknologi yang paling update. Untuk sistem keamanan misalnya, Samsung bahkan sudah menghadirkan sistem keamanan iris scanner yang diklaim sangat kuat dalam varian Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+.

Awalnya, sistem keamanan ini dianggap sempurna. Namun, baru-baru ini sebuah penelitian dilakukan dan membuktikan bahwa iris scanner Samsung Galaxy S8 mudah dibobol. Kabar ini diperoleh dari sebuah peneliti sistem keamanan dari Berlin, Chaos Computer Club. Menggunakan berbagai metode terbaru, sistem keamanan pada ponsel premium Samsung ini ternyata berhasil dibuka kuncinya.

Perwakilan Chaos Computer Club, Jan Krissler mengungkapkan bahwa iris scanner pada Samsung Galaxy S8 berhasil dikelabui menggunakan kamera, lensa kontak dan sebuah printer. Awalnya, ia menggunakan kamera digital mode dengan setting mode malam untuk mengambil foto mata dari seorang temannya. Kemudian ia mencetak hasil tersebut. Ia pun mencetak bagian mata semirip mungkin dengan kondisi mata manusia pada umumnya. Untuk semakin mengelabui, pada foto ditempel pula kontak lensa yang biasa digunakan.

Dengan hasil foto dan tambahan lensa kontak tersebut, iris scanner pada Samsung Galaxy S8 berhasil dibuka. Iris scanner membaca hasil manipulasi ini mirip mata manusia asli untuk membuka kunci ponsel. Tidak hanya itu, hasil manipulasi ini juga bisa digunakan untuk mengakses Samsung Pay.

Sayangnya, metode pembobolan iris scanner ini tidak semudah seperti yang dibayangkan. Pasalnya metode ini membutuhkan orang yang memiliki bola mata yang jelas. Menariknya, Jan Krissler menambahkan bahwa metode ini tetap bekerja pada gambar meski dengan jarak beberapa meter.

Samsung sendiri menanggapi serius hasil percobaan ini. Samsung segera melakukan perbaikan agar sistem keamanan ini lebih akurat. Samsung bahkan memberikan apresiasi kepada para peneliti yang berhasil membobol iris scanner dan akan merespon semua masukan.

Samsung Galaxy S8 sendiri menggunakan layar berukuran 5,8 inci. Layar ini sudah disokong panel Super AMOLED dengan resolusi 1440 x 2960 pixels. Pada bagian mesin, Samsung memasang prosesor Exynos 8895 dengan dukungan RAM 4GB dan GPU Mali G71. Untuk memori penyimpanan terpasang memori 64GB dengan slot microSD. Bagi pecinta fotografi. Samsung menghadirkan dual kamera 12 MP dengan teknologi PDAF, OIS dan LED Flash. Untuk kamera depan terpasang kamera 8 MP. Terakhir, Samsung menggunakan baterai 3000 mAh.

Baca juga artikel:
Fast Charging Samsung Galaxy S8 Hanya Bekerja Saat Layar Kondisi Mati
Tes Jatuh Samsung Galaxy S8 Buktikan Sudut Layar Ponsel Ringkih
Teknologi yang Bikin Samsung Galaxy S8 dan S8+ Layak Dimiliki

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 29 Mei 2017 - 02:33
ckckck ternyata sehebat apapun security pasti ada celahnya ya
Bima Satria 31 Mei 2017 - 17:02
ngeri banget padahal harganya ga nahan