Wow, Android Graphics Drivers Akan Bisa Diupdate Via Play Store

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 22 Mei 2017 | 10:59

Tidak dipungkiri smartphone perlahan tapi pasti mulai digunakan untuk berbagai kebutuhan, menggantikan perangkat komputer. Beberapa smartphone bahkan hadir dengan spesifikasi tinggi yang membuat smartphone bisa digunakan untuk bermain game hingga menonton video.

Menariknya baru-baru ini Google mengumumkan bahwa kedepannya Google Android Graphics Drivers bisa diupdate via Play Store. Seperti yang diketahui, beberapa fitur atau sistem dalam smartphone Android hanya bisa diupdate saat mendapat sistem operasi baru. Sebut saja emoji hingga beberapa drivers tertentu. Namun, Google merasa perlu mengubah cara tersebut agar memudahkan pengguna sistem Android.

Dalam konferensi Google I/O, Romain Guy selaku Google Android Graphics Team Manager mengungkapkan bahwa dalam sistem Android terbaru, Android O, akan ada berbagai kemampuan baru. Salah satu kemampuan baru tersebut ialah update Android Graphics drivers langsung via Play Store. Ini membuat Google Play Store sebagai pasar semua aplikasi termasuk update GPU Driver. Update langsung via Play Store ini perlu dilakukan karena smartphone berbeda dengan komputer yang drivernya bisa diupdate dengan mudah saat browsing.

Sayangnya hingga kini belum jelas mengenai aturan dan kerjasama dari Google dan produsen smartphone atau produsen chipset, mengenai update Android Graphics Drivers via Play Store. Tidak hanya itu, masih belum jelas juga bagaimana update ini akan dilakukan dan bekerja pada smartphone Android O. Walaupun demikian, Google menjamin bahwa update-update setelah Android O akan lebih cepat.

Dengan update Android Graphic Drivers ini, pengguna ponsel Android akan tetap nyaman dalam bermain game terbaru dan menonton video resolusi tinggi meski spesifikasi ponsel lama. Karena graphic driver selalu update mengikuti perkembangan teknologi.

Memang update GPU via Play Store ini terkesan menarik. Namun, sepertinya akan banyak pengguna yang tidak mempedulikan hal ini. Pasalnya, dalam update sistem operasi sendiri, masih ada pengguna smartphone yang tidak melakukan update sama sekali. Ingat fitur baru Android ini baru akan bekerja pada sistem Android O.

Dalam sistem operasi Android O, Google juga menghadirkan power saving baru, user interface baru dan beberapa mode baru. Salah satunya mode Picture in Picture yang digunakan untuk video. Nantinya video bisa tetap dinikmati sembari melakukan aktivitas pada aplikasi lain.

Selain mode PiP, ada juga notifikasi baru yang berbentuk sistem pop-up, sehingga pengguna bisa langsung bereaksi terhadap notifikasi tanpa beralih ke aplikasi. Mekanisme ini sudah diterapkan pada aplikasi seperti WhatsApp. Namun, dalam Android O akan ada banyak aplikasi yang bisa menggunakan notifikasi pop up.

Selain itu, Google juga menghadirkan fitur multi display. Fitur ini awalnya hadir pada Google Pixel saja. Fungsi mode ini untuk mempermudah pengguna beralih dari aktivitas di aplikasi A ke aplikasi B dengan lebih mudah.

Baca juga artikel:
Ini Dia Fitur dan Perubahan di Android O
OS Android 7.1.1 Nougat Resmi Digulirkan untuk Nexus, Pixel dan Android One
Android One Segera Cicipi Sistem Android Nougat

Artikel Lainnya

Komentar