Diperbaharui pada Kamis, 18 Mei 2017 | 10:36

Fast Charging Samsung Galaxy S8 Hanya Bekerja Saat Layar Kondisi Mati

Beberapa smartphone terbaru saat ini sudah dilengkapi berbagai teknologi guna memudahkan penggunanya dalam beraktivitas. Salah satu fitur yang terus dikembangkan ialah fast charging. Fitur ini dihadirkan agar smartphone bisa lebih cepat mengisi daya baterai sehingga pengguna tidak lagi menunggu lama saat mencharge ponselnya.

Samsung pun sudah menerapkan fitur ini pada seri terbaru Samsung Galaxy S8. Teknologi ini berhasil dikembangkan Samsung semenjak seri Galaxy S6 dan S7. Teknologi bernama Samsung Adaptive Fast Charge yang pengembangan dari Qualcomm Quick Charge 2.0 pun cukup membantu banyak pengguna. Sayangnya dalam seri S8, fitur ini baru bisa bekerja saat kondisi layar mati.

Bagi sebagian pengguna smartphone Samsung, kurang optimalnya fitur fast charging bisa menjadi masalah yang serius. Pasalnya, teknologi ini sudah dikembangkan cukup lama dan terdapat pada sebuah smartphone premium berharga tinggi.

Image via Gopego

Seharusnya fitur ini bisa bekerja dengan kondisi apapun. Faktanya, Qualcomm Quick Charge 4.0 memang masih memiliki keterbatasan. Fitur ini sebetulnya masih bisa bekerja dalam kondisi layar menyala, namun kecepatannya tidak secepat saat kondisi mati. Tidak hanya itu, fitur ini juga hanya bekerja maksimal pada varian S8 dengan chipset Qualcomm SD835.

Munculnya bug kecil ini sangat disayangkan banyak pihak. Apalagi, produsen seakan lupa akan keterbatasan dari fitur Adaptive Fast Charging atau sengaja menutupi bug ini. Pasalnya tidak ada pemberitahuan sedikitpun dalam buku petunjuk manual maupun website resmi mengenai penggunaan fitur fast charging dalam S8. Hal ini kian ironis pasalnya beberapa pengguna Samsung Galaxy S8 melaporkan adanya notifikasi fast charging meski layar tetap menyala. Tentu ini menjadi sebuah kebohongan karena fast charging tidak bekerja saat layar menyala.

Bahkan dalam sebah tes yang dilakukan laman Phandroid, terdapat perbedaan waktu yang mencolok saat kondisi layar mati atau hidup. Dalam tes, saat kondisi layar Samsung Galaxy S8 mati, mampu mengisi daya selama 1 jam 37 menit. Sedangkan saat kondisi layar menyala mampu mengisi daya selama 2 jam 51 menit. Alhasil, untuk pengguna Samsung Galaxy S8 yang ingin mengisi daya lebih cepat, harap mematikan layar dan tidak menggunakan ponsel sama sekali.

Nama Harga di Pasaran
Samsung Galaxy S8 RAM 4GB ROM 64GB Rp 7.350.000
Samsung Galaxy S8 Plus RAM 4GB ROM 64GB belum ada harga

Baca juga artikel:
Tes Jatuh Samsung Galaxy S8 Buktikan Sudut Layar Ponsel Ringkih
Teknologi Yang Bikin Samsung Galaxy S8 dan S8+ Layak Dimiliki
Hape Samsung Galaxy S8 dan S8+ Kembali Bermasalah, Kini Restart Secara Random
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts