Diperbaharui pada Senin, 15 Mei 2017 | 16:10

Samsung Rilis Samsung Z4 OS Tizen Di India Dengan Kamera Selfie Baru

Samsung kembali menghadirkan perangkat baru minggu ini. Namun, bukan seri Galaxy melainkan sebuah smartphone dengan OS Tizen bernama Samsung Z4. Smartphone Tizen sendiri dikembangkan Samsung untuk negara-negara tertentu saja.

Dalam smartphone terbaru ini, Samsung hadir dengan spesifikasi kelas entry-level dan berharap bisa meneruskan sukses dari Samsung Z2. Apalagi, dalam seri ini Samsung menghadirkan desain yang lebih segar serta spesifikasi yang cukup menggoda. Samsung bahkan menghadirkan kamera depan baru yang diklaim tangguh untuk berselfie. Tidak hanya itu, sistem operasi pun dikemas lebih responsive dan halus sehingga cocok untuk penggunaan mobile.

Bicara desain, Samsung Z3 hadir dengan desain yang seakan terinspirasi dari Note series, apalagi kala menengok bagian belakang. Dibagian bodi belakang ini, Samsung Z4 tampak menggunakan bodi metal yang solid. Pada sisi depan, Samsung masih mengandalkan desain lama dengan tombol home dan dua tombol capacitive. Samsung akan menghadirkan pilihan warna bodi emas, hitam dan silver.

Sesuai info dilaman gsmarena.com, untuk layar, Z4 akan menggunakan layar compact berukuran 4,5 inci dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi layar 480 x 800 pixels. Dengan layar ini pengguna masih bisa browsing dan bermain game. Layar ini juga sudah disokong teknologi 2.5D Curved Glass sehingga terlindungi.

Beralih ke bagian dalam, Samsung menggunakan mesin quad-core berkecepatan 1,5 Ghz chipset Spreadtrum dengan sokongan RAM 1GB. Terdapat juga memori penyimpanan 8GB dengan slot micro sd.

Kamu juga bisa mengambil gambar dengan lebih baik berkat terpasangnya kamera utama 5 MP dan kamera depan 5 MP. Kamera depannya bahkan dibekali lensa 120 derajat wide angle dan dedicated flash untuk selfie. Kamera ini juga sudah dibekali dengan fitur gesture dan voice control sehingga memudahkan pengguna mengambil gambar dengan cepat. Pada bagian baterai, Samsung Z4 menggunakan baterai 2600 mAh.

Seperti yang sudah diungkapkan diatas, smartphone ini akan menggunakan OS Tizen. OS ini dikembangkan sendiri oleh Samsung. Pada Z4 terpasang OS Tizen versi 3.0. Sistem ini bahkan dibekali fitur Ultra Data Saving mode untuk menghemat kuota internet penggunanya.

Kabarnya, Samsung Z4 baru akan tersedia di India saja dengan harga terjangkau. Sayangnya dengan spesifikasi yang lebih rendah, banyak pengamat yang menyimpulkan bahwa Samsung Z4 merupakan versi downgrade dari Samsung Z3. Semoga saja Samsung menghadirkan versi global smartphone ini juga.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 4.5 inch
OS Version 3
Detail Prosesor -
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.5 GHz
GPU -
RAM 1 GB
Memori Internal 8 GB
Resolusi Kamera Belakang 5 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 2050 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Rumor Samsung Galaxy J7 Max Siap Rilis Andalkan Kamera Selfie 13 MP dan RAM 4GB
Samsung Galaxy J3 (2017) Dirilis di Amerika Andalkan Spek Entry Level
Samsung Z2 Dirilis Membawa OS Tizen dan 4G LTE

 

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts