Ada Bug KeyLoggers Di Laptop HP Yang Akan Merekam Semua Ketikan Anda

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 12 Mei 2017 | 13:08


Bug yang diduga sebagai program KeyLoggers ini nantinya akan merekam semua ketikan yang dilakukan pada laptop.

Sektor keamanan dalam sebuah perangkat gadget memang sangat penting. Pasalnya ditengah era teknologi yang berkembang, kian banyak tangan jahil yang memanfaatkan celah keamanan yang ada pada gadget untuk mencuri berbagai informasi dan data pribadi pengguna. Tak heran, mulai dari smartphone hingga laptop terbaru sudah dibekali sistem keamanan berlapis agar pengguna bisa mengoperasikan perangkat dengan nyaman.

Sayangnya baru-baru ini peneliti keamanan dunia maya MadZero menemukan adanya bug kecil pada beberapa perangkat laptop HP yang diduga sebagai program KeyLoggers. Hal ini tentu mengkhawatirkan banyak pengguna laptop HP. Untungnya, keylogger yang terdapat pada software audio ini memang tidak dirancang untuk memata-matai pengguna atau mencuri data pengguna, namun untuk merekam kombinasi pada tombol media.

Sekadar informasi, beberapa laptop HP memiliki aplikasi bernama MicTray yang akan memonitor setiap ketikan pada laptop khususnya yang berhubungan dengan tombol fungsi (f1-f12). Yang jadi masalah, aplikasi ini tidak hanya memonitor tombol media pada keyboard, tetapi menyimpan juga semua yang diketik pengguna pada keyboard, termasuk username, passwords, rekening bank dan data – data penting lainnya.

Semua data ketikan akan tersimpan pada file bernama MicTray Log. Untungnya, file ini secara otomatis akan terhapus saat pengguna mematikan laptop, keluar dan masuk menggunakan username berbeda hingga me-reboot laptop. Namun, jika kamu tipe pengguna laptop yang jarang mematikan laptop atau hanya menggunakan mode sleep, bisa jadi data – data pribadimu masih tersimpan dalam keylogger ini. Tidak hanya itu, bila kamu melakukan backup secara online, ada kemungkinan file tersebut ikut tersebar ke dunia maya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa masuk ke windows explore dan mencari file keylogger yang dimaksud. Masuk ke C:\Users|Public\MicTray.log. Anda juga bisa menghapus aplikasi C:\Windows\System32\MicTray64.exe atau  C:\Windows\System32\MicTray32.exe. Pilih sesuai yang terinstal pada laptop HP milik Anda. Yang pasti jika sudah menghapus aplikasi ini, maka tombol media tidak akan berfungsi.

Hingga saat ini HP memang belum memberikan keterangan resmi. Namun, jika bug ini dibiarkan begitu saja tentu akan membahayakan data-data penting pengguna. Untuk lebih jelasnya, Madzero merilis beberapa model Laptop HP yang terdapat bug Keylogger Audio ini, berikut beberapa diantaranya.

Baca juga artikel :
Hati-hati! Bug iOS 10 Terbaru Bisa Sebabkan Perangkat iOS Hang
Muncul Suara Aneh, Bug Baru Laptop Macbook Pro 2016?
Update Banyak Bug, Google Akan Downgrade Nexus 6

Artikel Lainnya

Komentar