Diperbaharui pada Kamis, 4 Mei 2017 | 10:36

2 Laptop Berbasis Windows 10S Harga Mulai Rp3 Jutaan

Image by windows blog

Windows 10S merupakan versi ringan dari sistem operasi Windows 10 yang kini banyak digunakan pada laptop terbaru.

Microsoft telah resmi menghadirkan sistem operasi terbaru Windows 10S, yaitu versi lebih ringan dari sistem operasi Windows 10 yang selama ini terbilang menghadirkan performa baik untuk komputer atau laptop spesifikasi kelas menengah ke atas. Sistem Windows 10 sendiri memang difokuskan untuk perangkat dengan spek rendah.

Tidak heran, aplikasi ini hanya bisa menjalankan aplikasi bawaan yang ada di Windows store saja. HP dan Acer pun ikut meramaikan kehadiran sistem operasi ini dengan merilis laptop Windows 10S dengan harga terjangkau untuk segmen pendidikan. Lalu, apa saja kedua laptop terbaru dengan sistem Windows 10 S ini?

HP Probook x360

Seri HP ProBook X360 11 merupakan sebuah laptop tangguh dengan desain konvertibel. Laptop ini bahkan memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan laptop di pasaran. Hal ini berguna agar pengguna bisa menggunakan laptop dengan lebih mudah.  Produsen HP juga menghadirkan engsel yang lebih baru sehingga layar monitor bisa diputar 360 derajat tanpa takut engselnya rusak. Dengan mode ini, layar sudah dibekali layar sentuh dan sudah support active pen. 

Dari sisi desain, Laptop HP Probook x360 tampak kokoh karena telah dilapisi dengan casing tahan bantingm yang telah memenuhi standar militer MIL-STD-810G. HP sendiri mengklaim bahwa laptop ini tidak akan rusak bila tak sengaja jatuh tersenggol dari atas meja. Tak hanya itu saja, pada bagian keyboardnya  juga sudah tahan air.

Laptop yang dapat menjadi tablet ini memilliki layar seluas 11,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel yang telah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 4. Tak ketinggalan, HP menyediakan webcam yang dapat merekam video HD 720p dan kamera 1080p pada bagian belakang. Laptop ini dibekali wifi, Bluetooth, slot microSD, dua buah port USB 3.1, sebuah port USB tipe C, sebuah jack audio 3,5 port, hingga port HDMI.

Pada bagian mesin, laptop HP ProBook X360 11 ini menggunakan prosesor dual core Intel Celeron N3350 dengan sokongan RAM 4GB. Untuk penyimpanan data, HP menyediakan memori internal berupa eMMC berkapasitas 64GB. Laptop ini dibekali pula baterai yang mampu bertahan 11 jam sehingga cocok untuk penggunaan sekolah. Laptop Windows 10S ini kabarnya akan dipasarkan dengan harga 4-5 jutaan saja.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 11.6 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor Celeron
RAM 4 GB
Kapasitas HDD 500 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 -
OS Windows 10
Tipe Kartu Grafis HD Graphics 500
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Acer Travelmate Spin B1 Convertible

Acer TravelMate Spin B1 menggunakan desain portable dan ringan dengan rangka kokoh serta bagian karet yang akan melindungi notebook kala terjatuh. Memiliki tebal 22,3 mm dengan berat 1,35 kg, menghadirkan engsel layar yang semakin kuat dan dapat dibuka hingga 180 derajat. Bahkan notebook ini bisa menahan beban hingga 60 kg.

Laptop Acer Travelmate Spin B1 Converible menggunakan layar 11,6 inci beresolusi HD sehingga tampilan cukup jelas dan tajam. Notebook ini juga menggunakan keyboard yang nyaman digunakan dan dibekali teknologi spill-resistant dengan anti air sehingga keyboard akan aman bila terkena tumpahan air. Tak hanya itu, Touchpad yang dihadirkan juga cukup responsive dengan fitur sama anti tumpahan air. Touchpad ini juga sudah support dengan Windows 10 gesture.

Menengok bagian mesin, Acer TravelMate Spin B1 menggunakan prosesor Intel Pentium atau Intel Celeron yang sudah disokong RAM 4GB dan dukungan VGA intel HD. Kabarnya laptop ini akan dipasarkan dengan harga 3 – 4 juta.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 11.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Celeron
RAM 4 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS Windows 10
Tipe Kartu Grafis HD Graphics 500
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Laptop Gaming Acer Predator Triton 700, Seharga 2 Motor Yamaha Aerox
Beli Laptop Acer Gratis Layanan Streaming Film dan Serial TV
HP ZBook Studio G4 Resmi Diperkenalkan dengan Fitur Edit Video Terbaru
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts