Diperbaharui pada Kamis, 18 Mei 2017 | 12:01

Samsung Rilis Video Tutorial untuk Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Gear VR

Seperti yang diketahui, Samsung cukup sukses menggebrak pasar smartphone dunia dengan menghadirkan duo Samsung Galaxy S8 series dan Gear VR terbaru. Ketiga perangkat ini hadir dengan sejumlah teknologi baru yang siap memuaskan pengguna setianya.

Namun, terkadang masih banyak pengguna yang enggan membaca buku user manual sehingga tak jarang perangkat kurang maksimal digunakan. Menyadari hal tersebut, Samsung merilis beberapa video tutorial yang ditujukan khusus untuk pengguna Samsung Galaxy S8/S8+ dan pemiliki Samsung Gear VR.

Dalam video tutorial ini, Samsung akan menyajikan secara detail dasar penggunaan hingga bagaimana cara menghubungkan perangkat ke perangkat VR hingga bagaimana cara menggunakan fitur-fitur penting yang ada dalam smartphone premium Samsung ini. Tidak hanya itu, Samsung juga menghadirkan video yang membahas detail mengenai penggunaan harian Galaxy S8 dan Galaxy S8+.

Setidaknya ada 11 video tutorial yang disiapkan oleh Samsung untuk menghemat waktu pengguna setianya yang enggan membaca buku manual. Intinya, Samsung ingin semua pemilik hape Android terbarunya ini memahami fungsi dan cara penggunaan fitur yang sudah diterapkan khususnya sistem keamanan termasuk iris scanner hingga penggunaan gesture dan Bixby yang maksimal.

Samsung Galaxy S8 series memang mengusung sejumlah fitur baru. Lalu, apa saja fitur terbaru yang dihadirkan dalam Samsung Galaxy S8 dan S8+? Berikut ulasannya.

Layar resolusi tinggi berteknologi Infinity Display

Mencoba mengikuti tren baru yang dihadirkan LG, Samsung menggunakan fitur Infinity Display. Bila sebelumnya layar smartphone biasa menggunakan aspek ratio 16:9, kini Samsung menghadirkan aspek ratio 18,5:9. Perubahan ini terjadi akibat layar 5,8 inci yang tampak lebih tinggi dibanding seri sebelumnya. Layar ini akan disokong panel AMOLED dengan resolusi tinggi WQHD+ 1440 x 2960 pixels. Layar ini sangat impressive dengan 83% screen to body ratio dan lebih tinggi pixelsnya dibanding varian Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge.

Bixby

Image via AndroidCommunity

Dengan suksesnya Amazon Echo di pasaran, makin banyak produsen yang mencoba menerapkan virtual assistant di berbagai perangkat mulai speaker, perangkat elektronik rumah tangga dan tentu saja smartphone. Samsung pun tidak ingin tertinggal dalam tren ini dengan mengembangkan sendiri virtual assistant bernama Bixby. Fitur ini akan dilekatkan pada tombol home setiap smartphone Galaxy baru, dimulai dari seri Samsung Galaxy S8 dan S8+.

On screen navigation

Image via AndroidCentral

Selain hadir dengan teknologi Infinity Display, dalam Samsung Galaxy S8 dan S8+ juga dibekali teknologi navigasi yang cukup modern. Berbeda dengan seri S7 yang dibekali tombol home, dalam ponsel premium terbaru ini Samsung menggunakan tombol on screen. Hal ini membuat fingerprint scanner dipindahkan ke bagian bodi belakang.

Untuk bentuk tombol on screen sendiri memang tidak berbeda jauh dengan tombol on screen pada umumnya. Samsung menghadirkan tiga tombol standar. Menariknya, Samsung menggunakan teknologi yang mirip pada iPhone 7 yakni haptic feedback engine. Hal ini membuat tombol home pada layar bisa merespon setiap tekanan yang berbeda-beda.

UI baru

Perubahan desain yang dihadirkan oleh Samsung dalam seri Galaxy S8 dan S8+ memang cukup menarik. Tidak sekadar desain luar, samsung juga memperharui bagian user interface. UI Samsung kini nampak lebih minimalis dan terkesan segar. Samsung bahkan mendesain ulang setiap ikon agar kian menarik. Samsung juga menghadirkan tweaks baru agar user interface kian responsive dan halus.

Iris scanner dan facial recognition

Mencoba memperbaiki kesalahan dalam seri Galaxy Note 7, Samsung kembali menempatkan fitur keamanan iris scanner dalam seri Galaxy S8 dan S8+. Kedua ponsel Android terbaru ini juga sudah support untuk facial recognition yang cepat. Tentu menarik, bisa merasakan sistem keamanan bercitarasa mahal dalam seri Galaxy terbaru.

Kamera depan dengan fitur face detection autofocus

Seperti yang diketahui, berselfie masih menjadi tren yang terus mewabah. Smartphone buatan samsung ini pun hadir dengan kamera depan berteknologi baru yang siap memanjakan pecinta selfie. Samsung membenahi kamera depan dengan memasang resolusi 8 MP. Berbeda dengan kamera depan kebanyakan, Samsung sudah menghadirkan face detection autofocus yang akan secara cepat mencari wajah dan menguncinya. Hal ini membuat foto selfie kian jelas dan detail.

Baca juga artikel:
Fast Charging Samsung Galaxy S8 Hanya Bekerja Saat Layar Kondisi Mati
Tes Jatuh Samsung Galaxy S8 Buktikan Sudut Layar Ponsel Ringkih
Hape Samsung Galaxy S8 dan S8+ Mulai Dijual Toko 5 Mei 2017, Harga Tetap Sama
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts