Konsol Game Nintendo 2DS XL Dirilis Cuma Seharga Rp1,9 Juta

Oleh Ardiansyah Hana updated Jumat, 28 Apr 2017 | 15:55


Konsol game Nintendo 2DS XL lebih menyasar segmen entry level yang dijual dengan harga murah.

Nintendo merupakan perusahaan video game asal Jepang yang masih konsisten mengeluarkan konsol game portabel di era gencarnya produksi smartphone. Saat ini, Nintendo terus melakukan inovasi agar bisa beradaptasi dengan ranah smartphone agar tetap eksis di pasar dan menjangkau banyak pengguna.

Resmi menjadi pemain di lini game mobile, Nintendo juga tak lupa mengeluarkan handheld terbarunya. Mereka baru saja mengeluarkan konsol game Nintendo 2DS XL ke pasaran yang dijual dengan harga murah.

Menyasar segmen entry-level, Nintendo 2DS XL merupakan penerus dari Nintendo 2DS yang punya kemampuan dan desain yang cukup mirip dengan Nintendo 3DS namun tidak disertai dengan fitur 3D stereoscopic.


Sedikit flash back, konsel game Nintento 2DS mendapatkan banyak kritikan dari para fans karena desainnya yang dibawah standar, boros baterai dan kualitas suara yang di bawah rata-rata. Melalui perilisan konsol game Nintendo 2DS XL, perusahaan seperti ingin menebus dosa dan mengembalikan para fans di kelas bawah.

Rilis perdana pada tanggal 27 April 2017, konsol game Nintendo 2DS XL merupakan varian ketiga dari handheld Nintendo setelah Nintendo 2DS dan 3DS XL. Gelaran ini dilakukan dengan peluncuran dua buah game terbarunya bertajuk Miitopia dan Hey! Pikmin.

Soal desain, konsol game Nintendo 2DS XL hadir dengan konsep clamshell yang cukup menawan dan kemampuan baik sehingga seimbang dengan harga. Memiliki bentuk yang mirip dengan 3DS, kesan negatif dari kritikan yang diperoleh Nintendo terhadap desain dari 2DS pun kini hilang.

Punya dua buah layar di tiap komponen, keduanya tersambung melalui engsel dengan ukuran lebih besar pada bagian atas, sementara bagian bawahnya sedikit lebih kecil. Jika dibandingkan dengan seri 2DS, panel pada konsol game Nintendo 2DS XL diklaim lebih luas hingga 82 persen namun dengan bobot yang jauh lebih ringan.

Pada bagian layout, tampilan yang disajikan cukup mirip dengan seri 3DS seperti D-pad, tombol home yang bisa dijangkau oleh tangan kiri, action button, tombol start dan select di jangkauan tangan kanan, serta thumb stick. Tak lupa, Nintendo juga menambahkan dua tombol di sisi belakang untuk mengendalikan kamera dan input tambahan.

Tidak hanya hadir dengan desain yang lebih segar, konsol game Nintendo 2DS XL juga memiliki komponen yang lebih tinggi. Perangkat ini bisa terhubung dengan Amiibo dan dilengkapi backward compatibility sehingga pengguna masih bisa memainkan game lawas.

Rencananya, konsol game Nintendo 2DS XL mulai tersedia di Amerika Serikat pada tanggal 28 Juli mendatang. Handheld ini dibandrol sangat terjangkau berkisar US$ 150 atau setara Rp1,9 jutaan.

Baca juga artikel :
Benarkah Desain Revolusioner Nintendo Switch, Hasil Jiplakan?
Nintendo Switch, Konsol Gaming dengan Desain Revolusioner
Nintendo Rilis Ebay Store Resmi Untuk Menjual Produk Bekas

Artikel Lainnya

Komentar