Upgrade Windows 10 Gratis Bisa Pakai Lisensi Windows 7 dan 8?

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 26 Apr 2017 | 10:00


Upgrade ke Windows 10 masih bisa dinikmati gratis asal menggunakan lisensei resmi Windows 7 dan Windows 8.

Saat ini Windows 10 menjadi salah satu sistem operasi PC paling anyar. Apalagi Microsoft sukses merombak dan memasarkan Windows 10 kepada para pengguna sistem Windows lama secara gratis. Hanya saja, durasi upgrade gratis Windows 10 sudah berakhir pada pertengahan tahun 2016 lalu. Hal ini membuat pengguna yang ingin melakukan upgrade harus membayar terlebih dahulu untuk bisa merasakan performa terbaik sistem baru ini.

Namun dalam beberapa hari ini beredar kabar bahwa beberapa pengguna masih bisa mengaktifkan update Windows 10 secara gratis berbekal lisensi Windows 7 dan 8. Kabar ini tentu menarik perhatian pengguna PC yang masih belum melakukan upgrade ke Windows 10. Upgrade Windows 10 gratis ini bahkan sudah berlangsung cukup lama sejak Microsoft memperkenalkannya Juli 2015 silam. Ada pula yang menyebutkan celah ini muncul setelah adanya Anniversary Update Windows 10.

Microsoft sendiri menyebut kasus tersebut sebagai bug. Namun, hingga kini Microsoft belum melakukan perbaikan bahkan hingga update Windows 10 Creators dirilis awal April 2017. Padahal menurut peraturan resmi Microsoft, mengaktifkan Windows 10 menggunakan kode lisensi Windows 7 maupun Windows 8 setelah masa upgrade Windows 10 gratis selesai adalah tindakan ilegal. Hanya saja, sepertinya Microsoft seakan membiarkan kasus ini.

Beberapa pengamat memperkirakan bahwa Microsoft sejak awal sudah mengetahui kasus ini, namun sengaja membiarkannya. Dimaksudkan agar pengguna Windows 10 terus meningkat, seiring semakin banyaknya aplikasi yang mulai mendukung sistem operasi terbaru ini.

Sebelumnya dalam update Windows 10, Microsoft menghadirkan nama update Windows 10 Creators. Update yang sudah diujicoba sejak akhir Maret tersebut menghadirkan sejumlah pembaharuan untuk berkreasi. Salah satu aplikasi baru ialah Paint 3D yang merupakan evolusi dari aplikasi Paint. Aplikasi ini hadir dengan fitur yang lebih lengkap untuk menggambar 3D.

Selain itu, Update Windows 10 juga menghadirkan game mode yang telah diperbaiki. Dimana Windows 10 secara otomatis dapat mengoptimalkan sumber daya seperti CPU dan GPU pada game yang sedang dimainkan. Tidak hanya itu, update ini juga membenahi browser Edge yang lebih baik. Pengaturan Tab pada browser Microsoft ini kian lebih mudah dan efisien sehingga pengguna kian nyaman browsing.

Baca juga artikel :
Power Saver di Update Windows 10 Terbaru Buat Baterai Laptop Makin Irit
Tips Menghemat Baterai Pada Laptop Windows 10
Windows 10 Salip Windows 7 dengan Terinstal di 400 Juta Perangkat

Artikel Lainnya

Komentar