Diperbaharui pada Selasa, 25 April 2017 | 18:00

Hati-hati! Bug iOS 10 Terbaru Bisa Sebabkan Perangkat iOS Hang


Bug iOS 10 terbaru akan mempengaruhi control center sehingga berpotensi membuat perangkat hang bahkan crash. Sayangnya, Apple belum mengecek isu ini lebih lanjut.

Apple terus berusaha mengembangkan sistem operasi miliknya iOS 10. Untuk itulah, Apple menghadirkan update terbaru yang diklaim membuat sistem ini kian nyaman digunakan dan tentu minim bug. Sayangnya, meski telah mendapat update cukup sering, masih saja ditemukan adanya Bug dalam sistem khas Apple ini. Bahkan baru-baru ini muncul sebuah Bug iOS 10 terbaru yang mulai menginfeksi beberapa perangkat iOS 10. Bug yang pertama kali dibahas dalam website Italia, AmiciApple, mengungkapkan bahwa bug ini akan mempengaruhi control center sehingga berpotensi membuat perangkat hang bahkan crash.

Bug ini kabarnya telah hinggap pada sistem iOS 10 dan iOS 10.3.2 beta. Tidak hanya sistem baru, beberapa pengguna produk Apple dengan iOS 9 juga mengeluhkan terkena bug ini. Bug iOS terbaru ini bahkan sangat sulit dihapus dan sering memicu kerusakan sistem lainnya. Bahkan lebih parah lagi, Bug iOS 10 ini membuat Control Center iOS mati. Awalnya banyak yang menduga ini bukan masalah Bug, namun banyaknya laporan yang masuk mengenai control center yang error, kasus ini menjadi bug.

Sebelumnya, Apple telah merilis iOS 10.3 dengan klaim peningkatan performa yang lebih baik. Dalam update iOS 10.3 ini Apple memang menghadirkan ubahan yang cukup signifikan untuk meningkatkan performa. Apple sudah mengubah berbagai animasi dalam iOS 10.3 sehingga interaksi dalam berbagai eleman di interface menjadi lebih cepat. Menariknya, ubahan ini tidak akan mempengaruhi kecepatan prosesor atau mengubah konsumsi RAM.

Menariknya, performa iOS 10.3 tidak hanya meningkat pada varian baru iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Bahkan perangkat lama seperti iPhone 6s juga mengalami peningkatan performa meski tidak terlalu besar.

Untuk mengenali Bug iOS 10 terbaru ini, pemilik bisa melakukan pengecekan awal sebagai berikut:

  • Perangkat sering crash atau hang setelah melakukan update iOS 10, mungkin perangkat kamu sudah terkena bug iOS terbaru ini.
  • Bila perangkat sering Freeze atau tidak merespon selama beberapa detik hingga kamudian reboot secara otomatis, juga bisa menjadi tanda hadirnya Bug dalam perangkat iOS ini.

Untungnya bug ini tidak membuat kerusakan serius pada hardware. Hanya saja hal ini sangat menganggu pengguna iOS yang sering mengoperasikan perangkat, pasalnya perangkat akan sering reboot.

Baca juga artikel :
Sering Hilang AirPods? Update ke iOS 10.3.1 dan Gunakan Fitur Find My AirPods
Apple Rilis Update iOS 10.3 dan WatchOS 3.2, Apa Saja Fitur Barunya?
Update Sistem iOS 10.2 Membuat Baterai iPhone Boros
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts