Tandingi AMD Ryzen, Prosesor Intel Coffee Lake Siap Dirilis Agustus 2017

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 25 Apr 2017 | 09:48


Prosesor Intel anyar bernama Intel Coffee Lake ini diproduksi menggunakan teknologi 14 nanometer dan siap diperkenalkan bulan Agustus 2017 mendatang.

Dilansir dari MacRumors, kabar mengenai perilisan prosesor Intel Coffee Lake menyebutkan bahwa peluncuran ini sengaja dimajukan untuk menandingi prosesor AMD Ryzen 7 dan AMD Ryzen 5.

Pada perilisan tersebut, Intel juga akan meluncurkan beberapa prosesor K series diantaranya Intel Core i3, Core i5 dan Core i7 bersamaan dengan chipset Z370 pada bulan Agustus 2017. Sementara itu, chipset prosesor Intel lainnya akan meluncur pada akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018.

Rencana lain yang akan dilakukan Intel adalah peluncuran platform Basil Falls dengan prosesor Intel Kaby Lake-X dan Skylake-X pada ajang Computex 2017 yang diadakan pada tanggal 30 Mei sampai dengan 3 Juni 2017 yang dua bulan lebih awal dari jadwal sebelumnya.

Prosesor Intel Skylake-X merupakan prosesor 140W dengan arsitektur 6 core, 8 core dan 10 core, sementara Kaby Lake-X akan dilengkapi dengan prosesor Quad Core 112W. Selain itu, Intel tengah menyiapkan prosesor  Skylake-X 12 core pada bulan Agustus mendatang dan platform Intel Basil Falls yang kabarnya akan dipakai pada laptop Apple Mac Pro generasi paling anyar dan server kelas atas iMac paling baru.

Chip prosesor Intel Coffee Lake sendiri kabarnya sangat sesuai dijalankan pada perangkat Apple tersebut. Mengenai tanggal perilisan yang kini dimajukan, chipset dengan proses 14 nanometer tersebut bakal menjadi prosesor keempat dari Intel yang menggunakan arsitektur sama setelah sebelumnya sukses dengan prosesor Broadwell, Skylake dan Kaby Lake.

Sementara itu, kabar lainnya menyebutkan bahwa Apple memang tengah menggarap iMac generasi terbaru yang kemungkinannya memakai chipset Intel Kaby Lake dan akan dirilis pada tahun 2017. Well, kita tunggu saja kabar selanjutnya mengenai peluncuran chip prosesor kelas atas ini, ya!

Baca juga artikel :
Prosesor Murah Intel Apollo Lake Dirilis untuk Notebook dan Desktop Murah
Prosesor Baru Intel “Kaby Lake” Generasi Ke 7 Resmi Diumumkan
ASUS ROG Strix GL553, Laptop Gaming ASUS dengan Intel Generasi Ke-7

Artikel Lainnya

Komentar