Kamera Mirrorless Sony A9, Sensor Full Frame dengan Continuous Shooting 20 Fps

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 21 Apr 2017 | 10:55


Kamera mirrorless Sony A9 menjadi senjata Sony menghadang laju Canon dan Nikon yang menguasai pasar kamera digital dunia. Kamera anyar ini membawa banyak fitur baru dan teknologi mengagumkan, termasuk fitur continuous Shooting berkecepatan tinggi.

Meski tidak terlalu signifikan, namun kamera mirrorless mulai mendapat tempat di pasar dunia. Kamera mirrorless dengan bentuk lebih kecil dan fitur profesional membuatnya menjadi alternative pilihan pecinta fotografi setelah kamera DSLR. Termasuk Sony yang memiliki jajaran produk kamera mirrorless berkualitas cukup baik.

Baru-baru ini vendor asal Jepang tersebut kembali menghadirkan kamera mirrorless Sony A9 dengan sensor full frame. Bicara spesifikasi dan detailnya, kamera mirrorless Sony A9 hadir dengan desain compact dan solid. Sekilas dimensinya mirip kamera DSLR professional, seperti bodi kokoh berbahan magnesium alloy di semua sisi. Apalagi kebanyakan kamera mirrorless lain hanya menggunakan bodi magnesium pada bagian depan. Tak heran kamera mirrorless Sony ini hadir lebih solid dan sedikit berat. Sony juga sudah menata ulang tombol dan knob agar pengoperasian kamera menjadi lebih nyaman dan mudah.

Kamera mirrorless Sony A9 menggunakan elektronik viewfinder yang lebih baik dari seri sebelumnya. Pengguna bisa mengatur refresh rate pada EVF antara 60 atau 120 Hz. Sony juga menghadirkan monitor LCD tilting. Meski bukan layar sentuh dan tidak bisa diputar 180 derajat, layar ini cukup baik menampilkan hasil bidikan berbekal teknologi Quad VGA Oleh True finder.

Untuk lensa, kamera Mirrorless terbaru ini bisa digunakan bersama lensa Sony E dan A mount. Namun, untuk lensa A mount harus menggunakan adaptor.

Pada bagian mesin, kamera mirrorless Sony A9 menggunakan sensor CMOS EXMOR APS-C berkekuatan 24,2 megapiksel untuk menangkap gambar lebih tajam dan jelas. Tidak hanya itu, kamera ini juga dibekali 35 mm full frame Exmor RS CMOS Sensor yang membuat proses gambar dan foto dua kali lebih cepat dibanding kamera mirrorless premium lainnya.

Tersemat pula rentang ISO tinggi dari 100 hingga 51.200 lengkap dengan teknologi baru sehingga kamera mampu mengefisiensi pengumpulan cahaya yang masuk ke lensa. Sehingga  semakin handal kala digunakan di kondisi minim cahaya. Kamera mirrorless Sony A9 juga dilengkapi dengan kemampuan continuous Shooting tercepat yakni 20 frame per detik, sangat cocok untuk pengguna yang ingin memotret objek bergerak.

Kemampuan lain adalah merekam video 4K hingga kecepatan 60 fps serta video Full HD pada kecepatan 120 fps dengan teknologi 5 axis in body stabilization. Terpasang juga teknologi 4D Focus yang membuat kamera mirrorless Sony A9 bisa menangkap gambar dengan sangat cepat hanya 0,05 detik saja. Sony bahkan menghadirkan 693 titik fokus agar lebih maksimal.

Kamera mirrorless Sony A9 akan dipasarkan pada semester kedua 2017 mendatang dengan harga berkisar Rp 50 jutaan.

Sony Alpha A9 Body
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 20, 10, 5 fps
Lens Mount Sony E-Mount

Baca juga artikel :
Kamera Mirrorless Sony α6500 Terbaru dengan Performa Menawan
Sony Cyber-shot RX100 V, Compact Camera dengan Performa Premium
Sony Rilis Kamera DSLR Premium, Sony A99II

Artikel Lainnya

Komentar