Diperbaharui pada Selasa, 19 Mei 2020 | 22:25

Microsoft Edge Hemat! Firefox dan Chrome?

Microsoft sukses menghadirkan sistem operasi Windows 10 dengan sejumlah fitur dan aplikasi baru. Salah satu yang diperbaharui oleh Microsoft ialah sektor browser. Mencoba menggantikan Internet Explorer yang terkenal lambat, Microsoft menghadirkan browser yang lebih cepat dan lebih hemat daya dalam Microsoft Edge.

Browser terbaru ini bahkan kian optimal dalam penggunaannya berkat hadirnya update Windows 10 Creators. Microsoft menyadari pentingnya browsing yang cepat dan tidak boros baterai. Maka dalam update ini, browser Microsoft ini dibekali fitur yang membuat browser kian cepat dalam me-load halaman web dan tentu saja lebih hemat baterai.

Untuk membuktikan bahwa browser Microsoft Edge lebih hemat baterai, Microsot pun merilis video tes browser terbaru. Dirilis melalui akun YouTube resmi Windows, ada tiga browser yang siap diadu ketangguhan baterainya yakni Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan Google Chrome.

Kali ini, ketiga browser terbaik ini akan dites menggunakan perangkat laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dengan update Creators. Uji coba pun dilakukan pada perangkat yang sama yakni Microsoft Surface Book.

Dalam tes tersebut, ketiga browser dipaksa untuk memutar video streaming sampai baterai laptop habis. Hasilnya, browser Microsoft Edge berhasil menembus angka 12 hari setelah dalam tes sebelumnya yang menggunakan Windows 10 biasa hanya bertahan 8 hari saja.

Tentu hasil ini sangat meningkat jauh. Firefox dan Chrome pun mengalami peningkatan setelah update Windows 10 terbaru ini. Sayangnya, Firefox dan Chrome hanya mengalami peningkatan tidak lebih dari satu hari.

Semenjak diluncurkan browser Microsoft Edge mempunyai tren positif dengan pengguna yang selalu naik setiap bulannya. Walaupun sedikit dan kurang dari satu persen dalam satu tahun, tetapi pengingkatan pengguna ini merupakan awal yang baik bagi Microsoft Windows.

Diharapkan dengan kian sempurnanya browser Edge ini, browser terbaru ini benar-benar menyalip Firefox dan Chrome dari sisi pengguna perangkat tablet, PC hingga laptop beberapa tahun lagi.

Sebelumnya dalam update Windows 10 terbaru, Microsoft sudah menghadirkan update Windows 10 Creators. Update yang sudah diuji coba sejak seminggu yang lalu ini menghadirkan sejumlah pembaharuan untuk berkreasi.

Salah satu aplikasi baru ialah Paint 3D yang merupakan evolusi dari aplikasi Paint. Aplikasi ini hadir dengan fitur yang lebih lengkap untuk menggambar 3D.

Selain itu, update Windows 10 ini menghadirkan game mode yang telah diperbaiki. Dalam mode ini, Windows 10 secara otomatis dapat mengoptimalkan sumber daya seperti CPU dan GPU pada game yang sedang dimainkan.

Tidak hanya itu, update ini juga membenahi browser Edge yang lebih baik. Pengaturan tab pada browser Microsoft ini kian lebih mudah dan efisien sehingga pengguna kian nyaman browsing.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1633 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.