4 Perangkat Hemat Energi LG Ini Bisa Mengurangi Tagihan Listrik

Oleh Jessica Aprillia updated Kamis, 13 Apr 2017 | 03:09

Rangkaian perangkat hemat energi untuk rumah tangga dari LG ini sudah berteknologi inverter, diantaranya ragam home appliance yang terdiri dari Air Conditioner (AC), lemari es, mesin cuci dan microwave oven.

Di kuartal kedua tahun ini, LG Electronics Indonesia telah menyiapkan serangkaian perangkat elektronik rumah tangga berteknologi inverter. Teknologi inverter merupakan basis teknologi yang mampu menghemat energi dalam penggunaannya. Menurut Jaeyoung Lee, Presiden Di-rektur PT. LG Electronics Indonesia, sebagai perusahaan yang telah menjadi bagian dari komunitas Indonesia sepanjang 26 tahun, kewajiban LG untuk lebih berperan aktif dalam perubahan ini melalui penyediaan perangkat elektronik berbasis inverter.

Hal tersebut menjadi bentuk dukungan perusahaan terhadap kampanye perangkat hemat energi yang telah diinisiasi pemerintah Indonesia bertajuk Potong 10%. Pabrikan asal Korea Selatan ini memang telah mengkampanyekan teknologi inverter di dalam koleksi rumah tangganya sejak beberapa tahun belakangan ini. Hasilnya pun cukup diterima baik oleh para konsumen di Indonesia.

Lebih jelasnya berikut beberapa perangkat hemat energi untuk rumah tangga yang bisa dipilih oleh para pengguna:

LG Dual Cool Series

LG menawarkan type Dual Cool Series yang sudah berbasis inverter dan akan menjadi pertama dengan pilihan kapasitas mulai dari ½ PK, ¾ PK, 1PK, 1 ½ PK hingga 2 PK. Perangkat elektronik hemat energi AC LG Dual Cool Series juga memiliki dua keunggulan yaitu Jet Cool dan Multi Watt Option yang menawarkan pendingin lebih cepat hingga 30% dan hemat listrik sebesar 70% dibandingkan AC konvensional.

Fitur Jet Cool membuat pengguna lebih mempersingkat proses pendinginan ruang. Cukup menekan satu tombol pada remote control, AC hemat energi LG ini menyemburkan suhu 16 derajat selama 30 menit sebelum mempertahankannya pada suhu yang diinginkan. Sedangkan Multi Watt Option, AC LG Dual Cool Series dapat dioperasikan dalam empat opsi besaran daya listrik.

Ketika temperatur lingkungan sekitar kurang sejuk dan berisi beberapa orang saja, pengguna dapat menekan tombol Multi Watt Option satu kali untuk membuat AC LG Dual Cool Series bekerja hanya dengan daya listrik 80%. Pengurangan daya listrik ini dapat diatur semakin rendah lagi dengan pertimbangan menyesuaikan perubahan hawa yang melingkupi ruang tempatnya terpasang. Untuk konsumsi listrik paling rendah, AC LG Dual Cool Series mampu menekan penggunaan daya listrik saat pengoperasian hingga mencapai 40%.

Selain fitur tersebut, ada lagi fitur untuk menjaga kesehatan yaitu Eco, Smart dan Deluxe. Filter anti bakteri terdapat di seri Eco dan Smart, sementara MicroDust filter untuk menangkap partikel kecil yang dapat merugikan kesehatan ada di seri Eco kapasitas 1 ½ PK dan 2PK.

Lemari Es LG InstaView Door in Door

Perangkat elektronik hemat energi LG yang juga berteknologi Inverter adalah lemari es. Teknologi inverter teraplikasi pada kompresor berdesain khusus yang dinamakan LG Smart Inverter Compressor. Desain unik ini merupakan inovasi LG untuk mengoptimalkan kerja hemat listrik dari teknologi inverter sebagai basis teknologi kompresor. Keuntungan ini didapat dari minimalnya gesekan antar bagian kompresor menjadi satu titik gesek dibanding kompresor konvensional dengan empat bagian yang membuatnya memiliki empat titik gesek.

Dengan titik gesek lebih sedikit membuat energi yang dibutuhkan kompresor Smart Inverter lebih kecil. Keuntungan lainnya, minimalnya gesekan antar bagian menjadi hanya satu titik gesekan mengurangi tingkat kebisingan saat pengoperasian. Keunikan lain dari lemari es LG selain menekan angka konsumsi listrik, adanya LCD 29 inch dibagian salah satu pintu memiliki kemampuan membuat pengguna dapat cepat melihat isi dalam lemari es tanpa harus membuka pintunya yang dinamakan InstaView.

Selain itu pula terdapatnya WiFi, pengguna tetap dapat memiliki kendali atas lemari es meski berbeda lokasi via aplikasi LG SmartThing di smartphonenya. Kendali ini meliputi memonitor suhu maupun melakukan perubahan suhu dalam kabin lemari es ini. Ditambah lagi mampu mendeteksi terhadap kemungkinan masalah dan solusi mengatasinya saat pengguna mendapatkan LG InstaView Door-in-Door tidak beroperasi dengan baik.

Mesin cuci LG Twin Wash

Mesin cuci LG terbaru juga menjadi perangkat elektronik hemat energi. Dimana LG memperkenalkan mesin cuci TwinWash terbaru yang diusung hemat waktu dan energi, konsumsi air dan listrik secara keseluruhan akan lebih rendah karena tak perlu berulangkali mencuci. Mesin cuci LG TwinWash dilengkapi dengan tabung cuci ganda berkapasitas 21 kg dan 3.5 kg yang dapat dioperasikan salah satu, maupun secara bersamaan.

Mesin cuci LG TwinWash juga menghadirkan teknologi True Steam yang memanfaatkan uap panas untuk tiga kebutuhan. Selain memastikan cucian terlepas dari berbagai hal yang dapat mengganggu kesehatan dan menyegarkan pakaian, sematan teknologi ini juga berguna untuk melembutkan hasil cucian seperti bahan handuk. Tidak hanya itu, mesin cuci LG TwinWash juga dapat dioperasikan dengan wifi dari jarak jauh. Cukup mengatur waktu dan mesin cuci LG akan menyelesaikan cucian saat pengguna tiba di rumah. Selain dapat menyelasikan cucian, terdapatnya SmartThinq dan menu Smart Diagnosis pengguna dapat melakukan deteksi apabila ada gangguan pada mesin cuci LG TwinWash.

Microwave LG NeoChef

Microwave hemat energi LG NeoChef hadir menggunakan panel utuh dari bahan tempered glass di bagian depan dengan sentuhan matte di bagian eksterior. Sehingga microwave hemat energi ini terkesan menyatu dengan dekorasi keseluruhan dari dapur modern. Microwave LG ini mampu memberikan panas lebih dan merata saat menghangatkan makanan.

Pengguna dapat mengubah-ubah tingkat daya saat proses pemasakan, bergantung pada opsi pemasakan yang dipilih. Microwave hemat energi LG memiliki fitur Anti Bacterial EasyClean agar tidak tercampur dengan makanan lain. Selain menekan penggunaan listrik pada LG NeoChef, penggunaan lampu LED untuk pencahayaan bagian dalam tungku juga memberikan tingkat kecerahan tiga kali lipat lebih baik di banding dengan jenis lampu sebelumnya.

Baca juga artikel:
Review Mesin Kopi Nescafé Dolce Gusto MINI ME Automatic
Daftar Harga dan Tips Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan
Xiaomi Kembangkan Mesin Cuci Pintar, Xiaomi MiniJ

Artikel Lainnya

Komentar