Diperbaharui pada Selasa, 18 April 2017 | 11:56

Dukungan Windows Vista Resmi Berakhir Bulan Ini

R.I.P Windows Vista

Diantara sekian banyak sistem operasi yang dihadirkan Windows, hanya Windows Vista yang memiliki reputasi buruk dipasaran. Bahkan, setelah dipasarkan, Microsoft langsung menghadirkan sistem operasi baru tanpa menghadirkan update terlebih dahulu untuk Vista. Walaupun demikian, sistem operasi ini ternyata tetap digunakan oleh banyak pengguna hingga waktu yang lama. Kini setelah satu dekade semenjak diluncurkan, Microsoft resmi mengumumkan akan menghentikan support untuk Windows Vista.

Artinya setelah 11 April 2017, pengguna Windows Vista tidak akan lagi mendapat berbagai update, termasuk update keamanan hingga update perbaikan sistem lainnya. Microsoft juga tidak akan menghadirkan update konten maupun update technical lagi pada sistem operasi lama ini.

Dalam keterangan resmi Microsoft di website, tidak terasa Microsoft sudah mendukung sistem Windows Vista lebih dari 10 tahun. Namun, sudah saatnya sistem operasi ini ditinggalkan. Pasalnya, perkembangan teknologi dan hardware saat ini sudah sangat maju dan tidak lagi cocok untuk sistem Windows Vista.

Walaupun sudah dihentikan supportnya oleh Microsoft, komputer dengan sistem Windows Vista masih bisa digunakan namun akan sangat beresiko. Pasalnya, sistem ini sudah tidak mendapat update sistem keamanan. Tidak hanya itu, akan ada berbagai program dan aplikasi yang tidak bisa dibuka lagi dalam sistem Windows Vista ini.

Sebelumnya, Google juga sudah menghentikan support untuk sistem Windows lama, mengikuti langkah dari Microsoft. Sistem Windows XP dan Windows Vista memang sudah tidak lagi mendapatkan update untuk browser Chrome. Bahkan, kedua sistem Windows lama ini terakhir mendapatkan update Chrome pada versi 49. Hal ini tentu membuat sistem keamanan dalam browser lemah dan rentan diserang malware maupun virus.

Langkah google menghentikan support Gmail pada browser Chrome versi 53 dibawahnya tampaknya mempertimbangkan aspek keamanan dari browser. Pasalnya menggunakan Gmail di browser dengan sistem keamanan yang ketinggalan zaman bisa menyebabkan hal berbahaya dalam layanan komputasi. Oleh sebab itu, Google memutuskan untuk tidak lagi mendukung penggunaan Gmail di Chrome versi Windows XP dan Windows Vista. Maka dari itu, Google mendorong pengguna untuk segera melakukan update baik para browser dan sistem operasi, agar Gmail dan aplikasi buatan Google lainnya bisa berjalan maksimal.

Yang perlu diperhatikan Google hanya menghentikan support untuk Chrome 53 ke bawah dari Gmail. Alhasil pengguna tetap bisa menggunakan Gmail menggunakan browser lain di Windows lama. Kalau pengguna tetap menggunakan Gmail di Chrome lama, pengguna tidak akan bisa mendapatkan fitur yang maksimal dan rentan terkena serangan malware. Semua kembali ke kebutuhan pengguna dalam mengakses Gmail.

Microsoft sendiri telah merekomendasikan pengguna komputer dengan Windows Vista untuk beralih ke sistem Windows 10. Namun, tentu peralihan sistem ini juga harus diimbangi dengan perubahan hardware.

Baca juga artikel:
Demi Keamanan, Google Stop Gmail Pada Windows XP dan Vista
Microsoft Ungkap Windows 7 Sudah Tidak Aman Digunakan
Power Saver di Update Windows 10 Terbaru Buat Baterai Laptop Makin Irit
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts