Diperbaharui pada Rabu, 12 April 2017 | 10:45

OS Android Nougat Hanya Digunakan 5 Persen di Awal April 2017

Image via GadgetHacks.com

Setelah 6 bulan dirilis, penggunaan OS Android Nougat masih berada di kisaran 5%, dimana OS Android Lollipop masih menjadi penguasa yang digunakan oleh 32% perangkat Android di seluruh dunia.

Hingga awal April 2017 ini, OS Android Nougat ternyata masih belum bisa menjadi sistem operasi yang mendominasi perangkat mobile. Karena banyak hape Android yang masih menggunakan OS Android lama, dimana OS Android Lollipop masih menjadi penguasa dan digunakan cukup banyak perangkat dibanding sistem Android lainnya yang ada di pasaran. Padahal, beberapa produsen sudah mulai memasarkan produk menggunakan OS Android Marshmallow bahkan OS Android Nougat. Tidak hanya itu, beberapa produsen juga sudah menghadirkan update sistem pada perangkat hape milik mereka. Bukankah hal ini seharusnya mendongkrak penyebaran OS Android Nougat di pasaran?

Menurut data terbaru selama 7 hari dan berakhir pada 3 April, OS Android Nougat hanya memperoleh pangsa pasar 4,9 %. Sedangkan untuk pangsa pasar terendah dalam daftar sistem operasi buatan Google ini, masih ditempati oleh OS Android Ginggerbread dan OS Android Ice Cream Sandwich. Kedua sistem jadul ini hanya memiliki masing-masing pangsa pasar 0,9%.

Menariknya, OS Android Jelly Bean yang merupakan OS Android lama yang dirilis lima tahun lalu justru masih lebih tinggi penggunanya dibanding OS Android Nougat. OS Android 4.1 dan 4.2 ini memiliki pangsa pasar sebesar 10,1 %. Untuk OS Android Kitkat dan OS Android Marshmallow memiliki pangsa pasar 20% dan 31,2%.

Sementara untuk OS Android yang masih paling banyak digunakan adalah OS Android 5.0 dan OS Android 5.1 Lollipop. OS Android ini masih digunakan 32% perangkat di dunia. Walaupun masih dikuasai sistem lama, Google masih tetap optimis OS Android Nougat akan diterima pasar. Apalagi, setiap bulannya OS Android Nougat terbaru ini terus mengalami peningkatan pengguna. Seperti bulan lalu, perangkat dengan OS Android Nougat meraih 2,1 % saja.

Apalagi beberapa hari sebelumnya, Google telah merilis update sistem OS Android Nougat 7.1.2. Update sistem ini diduga sebagai update terakhir untuk OS Android Nougat yang dihadirkan Google. Google membenamkan sejumlah fitur baru yang menarik hingga perbaikan berbagai bug yang selama ini menghinggapi OS Android Nougat. Salah satu fitur tersebut ialah fingerprint gesture hape Nexus 6P dan hape Nexus 5x. Gesture ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol notifikasi dengan menswipe bagian fingerprint Scanner.

Dalam Update OS Android Nougat 7.1.2, Google juga memudahkan pengguna untuk melihat daftar aplikasi apa saja yang mengonsumsi energi terlalu banyak sehingga baterai hape boros. Update OS Android Nougat memungkinkan pengguna mengatur live wallpaper ke Home Screen hingga ke Lock Screen. Launcer Pixel terbaru juga digunakan pada tablet Pixel C. Tidak hanya itu, user interface multitasking baru memudahkan pengguna melihat banyak aplikasi terbuka dengan mudah.

Diharapkan dengan hadirnya update terbaru OS Android Nougat, sistem ini kian diminati berbagai pengguna.

Baca juga artikel:
Benarkah Update Terakhir Android Nougat 7.1.2 Sudah Disebar Ke Tablet Pixel C?
Google Assistant Resmi Hadir Untuk Android Marshmallow dan Nougat
Android 7.0 Nougat Sudah Diinstal Lebih dari 1,2% Perangkat Android
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts