7 Fakta Unik Kegunaan Hape, Kamu Suka yang Mana?

Oleh Aristia Fatmawati updated Rabu, 12 Apr 2017 | 03:29

Image via HuffPost

Dulu fungsi hape buat telepon dan SMS saja. Kian kemari, kegunaan hape semakin beragam. Mudahnya koneksi internet serta maraknya media sosial membuat orang yang jauh bisa begitu terasa dekat, sialnya, orang dekat kita, kadang serasa begitu jauh.

Punya ponsel pintar saat ini serasa dunia dalam genggaman karena fungsinya tak terbatas ruang dan waktu. Ternyata banyak fungsi unik dari ponsel yang belum terpikirkan penggunanya. Simaklah fakta unik seputar fungsi hape dalam kehidupan sehari-hari yang jarang bahkan tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Hape Jadi Alat Menakuti Tikus

Fakta unik fungsi hape yang pertama adalah sebagai alat menakuti tikus. Bagaimana bisa tikus takut dengan ponsel Anda? Nah, pasti Anda merasa bingung, aneh, dan penasaran. Caranya bagaimana? Sangat mudah, hanya perlu mencari aplikasi anti-rat untuk mengusir tikus di Google Play Store, jika ponsel kamu ber-OS Android.

Awas, jangan kaget kalau tiba-tiba rumah Anda dijauhi tikus. Aplikasi pengusir tikus akan dengan mudahnya membuat tikus pergi menjauh. Cara kerjanya cukup mudah, aplikasi tersebut menghasilkan suara atau bunyi ultrasonik yang tidak disukai tikus dan merusak pendengaran tikus. Alhasil, binatang pengerat itu pun akan hengkang dari rumah Anda. So, tunggu apa lagi, silakan mencoba!

Jepret Materi Pelajaran

Image via BostonGlobe

Penggunaan ponsel cerdas sebagian besar adalah siswa. Banyak diantara mereka yang menggunakan kamera ponsel untuk “mencatat” materi pelajaran di papan tulis. Ada juga yang menggunakannya untuk mencotek saat ujian, tapi jangan ditiru, ya!

Kamera ponsel biasanya juga dilakukan untuk memotret halaman buka di perpustakaan ketika buku tidak bisa dibawa pulang. Dengan foto tersebut, Anda bisa belajar kapan dan dimanapun karena kemanapun Anda pergi, ponsel selalu menemani Anda.

Hape Jadi Remot Komputer Jarak Jauh

Image via YouTube

Fakta unik lainnya mengenai fungsi ponsel untuk menunjang keseharian adalah dengan menjadikan ponsel sebagai remot untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh. Syaratnya, keduanya harus terhubung dalam jaringan internet yang sama.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi bernama “Chrome Remote Desktop” yang bisa Anda gunakan sebagai pengendali komputer jarak jauh. Aplikasi ini dikembangkan oleh Google.Inc. Karena kegunaan yang sangat unik dan menarik Anda haruslah mencobanya. Jangan lupa menginstall “Chrome Remote Desktop” di ponsel cerdas Anda, lalu install juga Chrome pada komputer Anda. Selanjutnya rasakan kecanggihan dari ponsel Anda. Keren kan!

Hape Buat Ngoding

Image via UpToDown.com

Bagi mereka yang suka ngoding , Anda bisa membuat program lewat hape ketika komputer kamu sedang bermasalah. Fakta unik fungsi ponsel ini sudah banyak dijalankan oleh anak-anak IT ketika dalam keadaan darurat. Memang sih, layar jadi kecil dan makin imut, jadi sulit memperhatikan titik koma. Tapi namanya darurat, mau bagaimana lagi, apalagi nggak ada laptop yang bisa dipinjam.

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi bernama Dcoder. Anda harus menginstall aplikasi tersebut untuk membuat koding suatu program atau aplikasi. Ngoding lewat hape Anda tidak perlu repot dan lebih praktis karena tidak perlu membawa laptop kemana-mana. Tertarik mencoba aplikasi ini, bisa mengunduh secara gratis di Google Play Store.

Hape Jadi Pengeras Suara di Laptop

Image via GadgetHacks.com

Banyak yang belum menyadari bahwa ponsel khususnya Android bisa digunakan sebagai mikrofon atau pengeras suara untuk laptop. Tidak perlu khawatir ketika Anda tidak memiliki mikrofon di rumah. Dengan ponsel, hal ini dapat dilakukan, yaitu menjadikan ponsel sebagai mikrofon laptop. Masalah kualitas suara bergantung dengan kualitas Android Anda.

Syaratnya, Anda harus mengunduh aplikasi Wo Mic yang bisa didapatkan secara gratis di Google PlayStore. Wo Mic adalah salah satu aplikasi yang menjadikan Android Anda lebih multifungsi. Mikrofon laptop dengan aplikasi ini penggunaannya sangat mudah. Tidak perlu menggunakan remot, fitur USB Debugging, Anda dapat menjadikan Android Anda sebagai mikrofon.

Hape Sebagai Mouse

Image via GadgetHacks.com

Selain untuk mikrofon di laptop, ponsel Anda juga bisa jadi mouse. Banyak aplikasi mouse PC di google Play strore yang dapat dijadikan pilihan untuk mengubah ponsel Anda menjadi mouse. Cara yang harus dilakukan untuk menjadikan ponsel sebagai mouse cukup mudah, selain harus memiliki aplikasi tersebut, ada tiga pilihan cara yang dapat digunakan, yaitu: melalui USB, Bluetooth, dan Wi-fi. Ketiga fitur tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menjadikan Android keren Anda menjadi mouse laptop atau PC. Sangat bermanfaat bukan?

Hape Jadi Senter Saat Mati Listrik

Image via GadgetHacks.com

Saat keadaan gelap karena pemadaman bergilir tentu Anda memerlukan pencahayaan yang terjangkau. Hal inilah yang membuat pengguna ponsel memanfaatkan ponsel mereka menjadi senter. Caranya cukup mudah kok, hanya tinggal menyalakan flash kamera saja, bahkan beberapa produsen ponsel memang sengaja menambah fitur ini dalam ponselnya.

Mencari senter saat mati listrik tentu akan sulit, karena waktu pemadamannya a tidak dapat diprediksi. Alat yang saat ini selalu mendampingi Anda dalam beraktifitas adalah ponsel Anda. Dengan cepat Anda akan menyalakan flash kamera untuk menerangi sekitar. Agar lebih unik, flash kamera dapat diberi tempat lampu berbagai bentuk. Selamat mencoba.

Baca juga artikel:
Trik Nonton YouTube dengan Google Chrome
Kumpulan Tips & Trik Fitur Samsung Galaxy S6 Edge+ yang Jarang Diketahui
Trik Mengubah Smartphone Android Jadi CCTV

 

Artikel Lainnya

Komentar