Kekuatan Baterai Samsung Galaxy S8+ Kalah dari iPhone 7 Plus

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 5 Apr 2017 | 05:23

Mampukah kapasitas baterai 3500mAh milik Samsung Galaxy s8+ tahan dalam sehari? Pasalnya spesifikasi dan aktifitas yang tinggi di hape sering kali membuat smartphone kewalahan dan akhirnya mati total akibat konsumsi baterai yang berlebih.

Samsung Galaxy S8+ memiliki desain futuristik, layar lebar modern, dan kamera selfie berkualitas premium. Meski Samsung sudah menggunakan teknologi power saving baru. Namun tetap saja banyak pihak yang meragukan keawetan dan kekuatan baterainya.

Lalu, seberapa kuat dan tahan lama baterai hape Samsung Galaxy S8+ terbaru ini?

Samsung Galaxy S8+ memang dirancang untuk penggunaan multitasking. Samsung bahkan sudah menggunakan layar yang lebar yakni 6,2 inci dengan resolusi tinggi. Tidak hanya itu, smartphone ini juga sudah menggunakan sistem chipset yang powerful yakni Exynos 8895 atau Qualcomm Snapdragon 835.

Untuk tes baterai kali ini, phonerena menggunakan Samsung Galaxy S8+ dengan chipset Exynos 8895. Kedua chipset ini sebetulnya memiliki potensi untuk menguras baterai lebih besar dibanding chipset generasi lama.

Dalam tes baterai ini, Samsung Galaxy S8+ digunakan untuk penggunaan harian, seperti main game, media sosial, browsing, serta penggunaan layar resolusi Full HD+ 1080 x 2220 pixels, yang merupakan pengaturan standar dari Samsung.

Hasil tes pun cukup menarik. Baterai Samsung Galaxy S8+ mampu bertahan selama 8 jam. Bila dibandingkan baterai Samsung Galaxy S7 Edge yang hanya bertahan 7 jam 18 menit. Samsung pun terbukti berhasil mengembangkan baterai perangkatnya dibanding seri Galaxy sebelumnya. Daya tahan baterai Samsung Galaxy S8+ juga berhasil mengalahkan Google Pixel XL, OnePlus 3T, namun tetap belum bisa mengalahkan kekuatan baterai iPhone 7 Plus.

Peningkatan ini bisa terjadi karena Samsung Galaxy S8+ hadir dengan baterai yang cukup tangguh 3500 mAh. Memang baterai 3500 mAh tidak bisa menjamin smartphone bisa bertahan seharian. Namun, Samsung cukup sukses dengan perombakan sistem konsumsi daya. Apalagi, Samsung juga memperbaharui bagian user interface. UI Samsung Galaxy S8+ kini nampak lebih minimalis dan terkesan segar. Samsung bahkan mendesain ulang setiap ikon agar kian menarik. Tweaks baru juga ditampilkan agar user interface kian responsif, halus dan hemat daya.

Untuk pengisian daya, pada Samsung Galaxy S8+ juga sudah membenamkan fitur quick charge. Samsung juga sudah melakukan berbagai tes dalam baterai baru ini untuk mencegah terjadinya hal – hal yang tidak dinginkan. Bahkan terdapat sistem keamanan berlapis untuk mengamankan baterai Samsung Galaxy S8+.

Baca juga artikel:
Update Sistem ASUS Zenfone 3 Max, Buat Baterai Lebih Awet
Hasil Tes Baterai HTC U Ultra Buruk, Benarkah?
Hape LG X Power2 Dirilis dengan Baterai 4.500 mAh

Artikel Lainnya

Komentar