Update Opera Mini Hadirkan Akses Download yang Kian Mudah

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 29 Mar 2017 | 10:24

Opera Mini kembali menghadirkan update terbarunya untuk versi Android. Opera bahkan menjanjikan update ini akan memberikan pengalaman baru untuk menjelajah web di perangkat mobile. Tidak heran, Opera Mobile kini dibekali sejumlah fitur baru, termasuk fitur download baru yang memudahkan akses pengguna.

Menariknya, update Opera Mini terbaru ini diklaim salah satu fitur terkini yang tidak terdapat di browser mobile lainnya. Hadirnya fitur download baru ini membuat opera mini versi update terbaru ini tidak hanya akan membantu pengguna browser Indonesia untuk mengakses lebih banyak situs web, tetapi juga memfasilitasi pengguna untuk mendapatkan konten yang diinginkan lebih cepat dari sebelumnya.

Executive Vice President Mobile Business Unit Opera, Nuno Sitima dalam keterangan resminya mengatakan bahwa rangkaian fitur baru ini dirancang khusus untuk pengguna smartphone di Indonesia dan akan meningkatkan standar dengan keunikannya dalam distribusi konten, keterlibatan dan aksebilitas.

Fitur Download Otomatis

Dalam update ini, Opera Mini memang fokus membenahi fitur download. Nantinya, pengguna Opera di Indonesia bisa mendownload sebuah file dengan fitur pemindai otomatis. Fitur ini juga dapat mencegah pengguna mengklik pop up iklan yang tidak diinginkan saat hendak memulai proses pengunduhan.

Opera sendiri menghadirkan algoritma baru sehingga ketika pengguna mengakses media sosial, MP3, atau situs untuk mendownload film, Opera Mini secara otomatis memindainya dan memberikan tautan untuk mendownload langsung.

Nuno Sitima mengungkapkan dengan kondisi internet yang lamban, men-download merupakan cara yang paling banyak dipilih para pengguna smartphone di Indonesia untuk menikmati video dan musik online. Opera Mini berinisiatif mengatasi hal tersebut dengan menghadirkan ikon baru yang memungkinkan pengguna untuk mendownload video dan musik lebih cepat. Ini memudahkan pengguna mendownload dengan lancar tanpa harus repot untuk scrolling atau tersesat pada beragam pilihan yang membingungkan.

Untuk saat ini, pemindai download otomotis ini baru tersedia untuk Facebook serta beberapa situr lainnya. Namun, kedepannya Opera Mini berencana menambah daftar situs untuk ketersediaan ikon download ini.

Fitur Kecerdasan Buatan

Opera juga mengupayakan agar pengguna bisa mendapatkan berita lebih cepat dalam fitur newsfeed. Bedannya, fitur ini sudah disokong artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang terintegrasi. Fitur ini sudah hadir dalam beberapa negara termasuk Indonesia. Nantinya fitur newsreader akan bekerja mempelajari kebiasaan membaca pengguna. Alhasil semakin banyak berita yang dibaca, semakin banyak berita terkait yang didapat.

Dengan bertumbuhnya pembaca berita melalui perangkat mobile di indonesia, fitur ini akan membantu pengguna mendapatkan akses dengan sekali klik ke peristiwa terkini yang mereka sukai.

Fitur Kompresi untuk Halaman Offline

Fitur terbaru dalam update Opera Mini ini akan berguna untuk pengguna yang gemar menyimpan halaman web secara offline saat browsing. Teknologi kompresi unik dari Opera Mini telah diperluas sehingga ukuran yang disimpan akan menjadi sekecil 10% saja dari ukuran aslinya. Fitur ini akan memastikan pengguna menyimpan halaman yang berisi konten pentin yang diinginkan.

Fitur Video Boost

Video boost merupakan teknologi kompresi yang mengurangi hingga 50% dari konsumsi data saat menonton video. Kamu mendapatkan semua video yang biasanya diinginkan dengan penggunaan data yang sedikit dan memuat video lebih cepat. Menariknya, jika kamu berada dalam jaringan Wifi, kamu dapat mengaktifkan mode ekstrim untuk mempercepat koneksi yang lambat sehingga video bisa diputar lebih cepat meski koneksi wifi lambat.

Notifikasi Facebook Kian Lengkap

Membuka aplikasi facebook terkadang mengesalkan karena lemot juga boros kuota. Tidak heran banyak pengguna smartphone yang membuka Facebook di browser Opera Mini. Dalam update Opera Mini terbaru ini, Opera memberikan akses tercepat ke notifikasi Facebook tanpa harus membuka aplikasi lain. Setelah mengaktifkan bar notifkasi Facebook, pengguna cukup menarik bagian atas layar ponsel Android untuk mendapatkan menu lengkap Facebook beserta notifikasi.

Baca juga artikel:
Opera versi 43, Browser Tercepat Untuk Perangkat Desktop
Browser Terbaru Opera 41, Kini Lebih Cepat dan Lebih Lancar
Update Opera Max Teranyar Bikin HP Android Aman Seperti iPhone

 

Artikel Lainnya

Komentar