Apple iPhone 6s Menjadi Smartphone Terbanyak Dikirim Selama Tahun 2016

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 24 Mar 2017 | 12:30

Jika kamu bertanya smartphone apa yang menjadi smartphone paling banyak dikirim secara global tahun lalu? Maka menurut HIS Markit, Apple iPhone 6s merupakan jawabannya. Smartphone iOS ini bahkan berhasil mengalahkan generasi terbaru iPhone 7 dalam hal pengiriman produk secara global tahun 2016.

Hal ini terjadi karena iPhone 7 dan iPhone 7 Plus baru dipasarkan pada akhir 2016. Walaupun dilepas diakhir semester kedua 2016, nyatanya iPhone 7 berada diposisi kedua dan disusul iPhone 7 Plus diposisi ketiga, meski baru dipasarkan tidak lebih dari 3 bulan lalu.

Selain empat buah seri iPhone yang menjadi smartphone terbanyak yang dipasarkan selama 2016, diposisi kelima smartphone terbanyak yang dikirim, ada Samsung Galaxy S7 Edge. Smartphone ini menempel ketat iPhone 6s Plus yang ada diposisi keempat. Menariknya untuk jumlah produk smartphone yang dikirim di posisi ketiga hingga ketujuh tidaklah berbeda jauh. Diposisi keenam ada Samsung Galaxy J3 2016 diikuti oleh Oppo A53 diposisi ketujuh. Tiga buah smartphone Samsung lainnya berada diposisi terakhir yakni Samsung Galaxy J5, Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy J7.

Produsen smartphone asal Korea, Samsung berhasil menjadi produsen pemimpin dalam hal mengirim produk smartphone di tahun 2016 lalu. Pasalnya, produsen ini menempatkan lima buah smartphone dalam 10 besar smartphone terbanyak yang dikirim selama setahun lalu. Apple hadir sebagai produsen kedua terbanyak dengan empat produk ponsel iOS andalannya. Yang menarik ada produsen Oppo yang berhasil menempatkan diri dengan sebuah hape Android saja dalam daftar smartphone terbanyak dikirim.

Di tahun 2017 ini, Apple dan Samsung dikabarkan akan menghadirkan smartphone premium baru. Apple akan menghadirkan iPhone 8 dengan rumor layar edge to edge dual curved screen, OLED Display dan kamera depan berteknologi pengenal wajah. Sedangkan Samsung akan menghadirkan Samsung Galaxy S8 yang hadir dengan layar 5,8 inci Super AMOLED, mesin snapdragon 835 hingga Iris Scanner. Kedua smartphone tentu akan merubah peta persaingan smartphone dunia di tahun 2017 ini.

iPhone 6s

iPhone 6s hadir dengan desain elegan khas iPhone. iPhone tidak membawa perubahan banyak dibanding seri iPhone lamanya. Bahkan, kalau diperhatikan Apple iPhone 6s hadir dengan rangka aluminium dan pilihan warna bodi yang mirip seri iPhone 6. Apple juga memasang sensor dalam tombol home di bawah layar utama. Tentu, sensor sidik jari dari Apple lebih mudah digunakan karena terletak di depan, dibanding Huawei yang ada dibagian belakang. Dari sisi dimensi iPhone 6s yang tebalnya 7,1 mm. Untuk berat, iPhone terbaru ini masih ringan dengan berat 143 gram.

iPhone 6s hadir dengan layar berukuran 4,7 inci dengan teknologi IPS dan resolusi HD 1334 x 750 pixel. Layar ini terbilang masih nyaman digunakan. Apalagi, Apple juga sudah menambahkan teknologi 3D Touch. Teknologi ini membuat setiap penekanan pada layar, menghadirkan opsi tertentu. Tentu layar ini semakin mudah dioperasikan. Layar ini juga cukup jernih kala digunakan browsing dan bermain game.

Menengok dapur pacu, Apple sudah menggunakan chipset buatan sendiri yakni Apple A9 dengan M9 Motion co-prosesor. Prosesor ini akan disokong dengan RAM 2GB dan pilihan memori internal 16, 64 dan 128GB. Sayangnya, Apple tidak menghadirkan slot microSD. Untuk performa, iPhone 6s terbilang cukup handal untuk multitasking dibanding generasi iPhone lama.

Untuk sistem operasi, tentu sangat sulit membandingkan sistem iOS 9.3 dengan Android 6.0 atau Android 7.0. Namun menariknya, iOS terbukti lebih cepat dan lebih halus saat dioperasikan.

Apple juga menghadirkan sistem kamera yang baru dalam iPhone 6s. Kamera ini cukup baik dengan sensor 12 MP dengan aperture f/2.2 dan true tone flash. Kamera ini bahkan bisa membuat foto animasi pendek dengan mudah. Sayangnya, tidak ada fitur image stabilization dalam ponsel iOS ini. untuk kamera depan, Apple hanya menggunakan kamera selfie 5 MP saja. Sementara pada sektor baterai Apple iPhone 6s hanya menggunakan baterai 1715 mAh saja.

Nama Harga di Pasaran
Apple iPhone 6s 16GB Rp 2,500,000
Apple iPhone 6s 64GB Rp 3,200,000

Baca juga artikel:
iPhone 7 Masuk Indonesia, Smartfen Buka Pre Order 24 Maret 2017
Terekam CCTV, iPhone 6 Plus Terbakar Saat Hendak Diperbaiki
iPhone SE Versi 128GB Siap Dirilis Maret ini

Artikel Lainnya

Komentar