Update Banyak Bug, Google Akan Downgrade Nexus 6

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 16 Mar 2017 | 12:19

Android 7.1 Nougat menjadi salah satu sistem operasi paling baru yang dinantikan banyak pengguna smartphone. Pasalnya, sistem ini mengusung fitur yang lebih lengkap dan lebih halus. Google pun telah merilis update ini pada berbagai smartphone seri Nexus, Android One dan ponsel Android premium lainnya.

Sayangnya untuk berbagai alasan, Google memutuskan untuk men-downgrade atau menurunkan sistem operasi yang diusung oleh Nexus 6. Sebelumnya, seri Nexus ini sudah mendapat update Android 7.1.1 Nougat. Sayangnya, dalam update sistem terbaru ini terdapat berbagai bug yang cukup menggangu pengoperasian Nexus 6 ini.

Dalam berbagai laporan di forum Google, Nexus 6 yang sudah mendapat update Android 7.1.1 memiliki bug yang sangat menggangu. Bug ini diduga muncul dalam update keamanan bulan Maret ini. Alhasil, beberapa fitur penting dalam Nexus 6 tidak bisa digunakan lagi. Yang cukup mengganggu, bug ini juga menyerang sistem Android Pay.

Google pun tampak menyerah untuk memperbaiki bug pada Nexus 6. Perusahaan ini pun memutuskan untuk kembali menghadirkan update untuk menurunkan sistem Android ponsel Nexus ini yang awalnya Android 7.1 ke Android 7.0.

Dalam keterangan resminya, Google menyebutkan bahwa Update OTA Android 7.0 memang sempat membingungkan banyak pengguna Nexus 6. Namun, untuk pengguna yang masih ingin merasakan update Google secara resmi melalui OTA terpaksa harus melakukan penurunan sistem.

Jika ternyata setelah melakukan downgrade ke Android 7.0 ponsel Nexus 6 masih bermasalah, kamu bisa mencoba untuk melakukan factory reset perangkat untuk memecahkan masalah tersebut.

Kabar buruknya setelah ponsel Nexus 6 kembali ke Android 7.0, akan ada beberapa aplikasi yang terinstal dalam Nexus 6 yang tidak bisa digunakan lagi. Jadi untuk mengatasi hal tersebut segera lakukan factory reset. Semoga saja Android Nougat tidak menjadi sistem terakhir untuk Nexus 6.

Motorola Nexus 6 hadir dengan desain yang mirip tablet. Ponsel ini hadir juga dengan rangka aluminium dan bodi plastik. Sayangnya, dimensi ponsel ini cukup besar dan tebal yakni 10 mm dan berat 184 gram. Menariknya ponsel layar lebar ini dibekali fitur water resistance.

Untuk urusan layar, Nexus 6 tak diragukan lagi keunggulannya. Nexus 6 hadir dengan layar 6 inci yang lebar dengan teknologi AMOLED dan resolusi QHD 2560 x 1440 pixels. Layar yang berukuran lebar membuat pengguna bisa lebih bebas dalam mengoperasikan smartphone untuk browsing dan multimedia. Sokongan panel AMOLED membuat smartphone bisa menampilkan visual yang jelas dan jernih.

Di atas kertas, Nexus 6 mengusung mesin kelas menengah yang cukup powerful di eranya. Ponsel Nexus ini menggunakan mesin quad-core 2,7 Ghz dengan chipset Qualcomm Snapdragon 805. Prosesor ini akan disokong RAM 3GB. Penggunaan RAM yang besar membuat smartphone ini bisa digunakan untuk multitasking maupun bermain game dengan lancar.

Ponsel buatan Motorola ini awalnya menggunakan OS Android Lollipop. Karena ini merupakan seri Nexus hasil kerjasama Google, Nexus 6 juga mendapat update sistem hingga ke Android 7.1. Sayangnya, banyaknya bug yang memaksa smartphone ini harus downgrade ke Android 7.0.

Bagi pecinta file video dan musik, Nexus 6 hadir dengan memori internal 32/64 GB tanpa slot microSD. Phablet Android ini tampak mengusung kamera yang sangat mumpuni. Ponsel Android 4G LTE ini hadir dengan kamera utama 13MP dengan fitur OIS dan dual LED. Kamera utama dibekali touch focus dan face detection. Kamera depan Nexus hanya 2MP saja. Terakhir, Nexus 6 menggunakan baterai 3220 mAh yang diklaim bisa digunakan lama untuk harian.

Memang Nexus 6 tidak akan disupport Google lebih lama lagi. Tidak heran bila kamu sudah jenuh dengan bug yang ada, kamu bisa memutuskan untuk melakukan root dan menginstal custom ROM. Namun, jika kamu merasa belum mendapat update Android 7.1 atau masih menggunakan Android 7.1 tanpa masalah, sebaiknya tidak melakukan downgrade dan nikmati fitur-fitur Motorola Nexus 6 dengan nyaman.

Motorola Nexus 6 32GB
Harga termurah

Rp 3,550,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 800 / 1800 / 2600 / 2100
Ukuran Layar 5.96 inch
Chipset -
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 2.7 GHz
GPU -
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 2 MP
Kapasitas Baterai 3220 mAh

Baca juga artikel:
Cara Update Android Nougat di ASUS Zenfone 3 dan Fitur yang Dibawanya
Google Assistant Resmi Hadir Untuk Android Marshmallow dan Nougat
Android 7.0 Nougat Sudah Diinstal Lebih dari 1,2% Perangkat Android

Artikel Lainnya

Komentar

Kevin Utama Putra 17 Maret 2017 - 14:33
Min,..nuruninnya itu harus ke CSnya atau bisa sendiri?
Bima Satria 17 Maret 2017 - 14:39
@kevin bisa downgrade sendiri lewat factory reset bro