Duh, Nokia 6 Digores dan Dibengkokkan, Hasilnya?

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 16 Mar 2017 | 14:27

Nokia 6 memang bukanlah sebuah ponsel premium tetapi spesifikasi tangguh yang diusung membuatnya populer di berbagai negara. Selain itu, Nokia 6 juga menarik dari segi harga. Hal ini membuat seorang YouTuber bernama JerryRigEverything tertarik untuk mengetes seberapa kuat smartphone ini dalam beberapa tes gores dan bengkok.

Nokia 6 menjadi salah satu ponsel Android terbaru dengan lapisan kaca antigores Gorilla Glass 3 yang sangat kuat. Seperti tampak dalam video, hape Nokia ini digores layarnya menggunakan alat khusus. Hasilnya, layar 5,5 inci pada smartphone baru tergores saat menggunakan alat gores level 6.

Saat dilakukan tes gores pada fingerprint sensor dan lensa kamera, kedua bagian ini juga tidak mudah tergores. Tentu hal ini sangat baik dan mengingatkan kita pada smartphone premium saat ini.

Selanjutnya, layar LCD Nokia 6 pun coba dibakar. Hasilnya, layar ini memang tampak menghitam, namun bisa kembali normal dalam waktu sekejap. Sayangnya, untuk area bodi samping smartphone sangat mudah digores. Seperti diketahui, area belakang dan area samping Nokia 6 terbuat dari bahan aluminium.

Dalam tes berikutnya, Nokia 6 coba dibengkokkan dan ternyata sulit dibengkokkan. Banyak pengamat yang menyebut bahwa Nokia 6 layak menjadi salah satu smartphone tersolid dan terkuat tahun ini.

HMD Global atau Nokia Mobile memang membuat ponsel Nokia 6 (termasuk seri Nokia 5 dan Nokia 3) dari material aluminium yang solid. Bahan solid ini pun dibentuk menggunakan mesin CNC khusus serta dipolish hingga 5 kali dan anodized dua kali. Setelah itu, HMD juga melakukan tes internal lebih dari 600 kali sebelum di pasarkan. Tidak heran, smartphone Nokia 6 ini sangat sulit dibengkokkan.

Sebagai ponsel kelas menengah, smartphone Android nokia terbaru, Nokia 6 menggunakan desain yang cukup mewah. Nokia menggunakan unibody berlapis material aluminium. Bodi aluminium ini kabarnya merupakan aluminium seri 6000 yang terkenal ringan dan kuat. Dimensinya juga tampak compact meski mengusung konsep phablet. Ponsel ini juga sudah menggunakan sebuah tombol Home dan dua buah tombol kapasitif.

Nokia 6 menggunakan layar IPS berukuran 5,5 inci, resolusi layar full HD 1080p dan pelindung anti gores Gorilla Glass 2.5D. Spesifikasi layar ini cukup mumpuni untuk harian baik saat browsing, bermain game hingga menonton video.

Android Nokia terbaru ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 430 yang dipadukan dipadukan RAM 4GB dan GPU Adreno 505. Prosesor yang besar membuat smartphone bisa melibas game-game terbaru dengan lancar. Untuk multitasking, ponsel Android Nougat ini pun diklaim akan lancar jaya.

Nokia cukup memperhatikan tren smartphone saat ini. Untuk itu dalam ponsel Android terbaru ini terpasang RAM 4GB. RAM ini akan memberikan kinerja yang mumpuni dan cepat untuk sebuah ponsel kelas menengah. Sebagai perbandingan. RAM dalam ponsel Android ini cukup sebanding dengan Samsung Galaxy S7, Google Pixel XL dan LG V20.

Ponsel Android 4G LTE ini akan menggunakan memori penyimpanan internal 64GB. Pada bagian kamera, terpasang kamera utama 16MP dengan teknologi PDAF. Untuk kamera depan, terpasang kamera selfie 8MP. Sayangnya, kamera utama ini cukup terbatas kemampuannya. Berbekal chipset kelas menengah, pengguna hanya bisa merekam video Full HD pada 30fps saja.

Hampir kebanyakan smartphone premium saat ini tidak dibekali speaker stereo. Hal ini disebabkan desain smartphone yang kian tipis. Namun, dalam Nokia 6, Produsen memasang paket speaker stereo dengan dukungan DOLBY Atmos. Tidak hanya itu, ponsel kelas menengah ini juga dibekali headphone jack 3,5 mm.

Nokia 6 RAM 4GB ROM 32GB
Harga termurah

Rp 2,875,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 505
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 16 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh

Baca juga artikel:
Drop Test, iPhone 7 dan iPhone 6s, Seberapa Kuat iPhone Terbaru ini?
Drop Test Note 7 vs Note 5 vs iPhone 6S, Manakah yang Masih Berfungsi?
Bagaimana Nasib Huawei Honor 6x Ketika Digores dan Dibengkokkan?

Artikel Lainnya

Komentar