Diperbaharui pada Rabu, 1 Maret 2017 | 14:24

Samsung Hadirkan Galaxy Tab S3 dan Galaxy Book Didukung Teknologi Galaxy Premium


Ramaikan ajang Mobile World Congress, pabrikan Samsung melahirkan dua tablet premium yang diklaim memiliki kelebihan di sektor entertainment dan produktivitas.

Hadir dengan desain stylish, kedua tablet ini dinamakan Samsung Galaxy Tab S3 dan Samsung Galaxy Book. Ditujukan untuk kelas premium, Galaxy Tab S3 didukung dengan OS Android, sementara Galaxy Book didukung sistem operasi Windows.

"Di Samsung, kami berkomitmen untuk memperluas batas-batas mobile dan pengalaman komputasi dengan menyediakan produk yang terbaik di kelasnya, yang memenuhi beragam kebutuhan dan tuntutan pengguna ponsel," ucap DJ Koh, Presiden Mobile Communications Bisnis, Samsung Electronics, melalui press realease yang diterima Pricebook. "Portofolio tablet baru kami dibangun dengan teknologi premium yang memberikan pengalaman produktif dan serbaguna kepada konsumen, dirancang untuk pengguna di rumah, tempat kerja atau di mana saja," tambah DJ Koh. 

Samsung Galaxy Tab S3 with S-Pen

Kriteria Spesifikasi
3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Screen Size 9.7 inch
OS Version -
Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
RAM 4 GB
Internal 32 GB
Processor Speed -
Screen Resolution 2048 x 1536 Pixel
Resolusi Kamera 13 MP
Battery 6000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Hadir dalam satu varian, Galaxy Tab S3 mengusung panel Super AMOLED seluas 9,7 inch. Sementara itu, Galaxy Book memiliki dua varian berbeda diantaranya menawarkan dukungan panel TFT LCD seluas 10,6 inch dan panel Super AMOLED seluas 12 inch.

Melalui segmen pasar yang diperuntukan bagi kelas atas, kedua tablet Samsung ini dilengkapi dengan teknologi Galaxy Premium. Fitur dari teknologi ini diantaranya adalah dukungan video HDR (High Dynamic Range) dengan pewarnaan 10 bit sehingga tampilan konten digital menjadi lebih hidup dan jernih.

Fitur selanjutnya adalah Samsung Flow yang mampu memberikan kinerja onthego lebih mulus, dimana pengguna bisa login secara aman memakai otentikasi biometrik, kemampuan transfer data dari perangkat mobile secara wireless dan sinkronisasi pesan.

Fitur unggulan lain dari teknologi Galaxy premium adalah Refined S Pen yang memungkinkan pengguna bisa menulis secara alami dengan tip berukuran kecil 0,7 mm, memiliki sensivitas tekanan yang sudah ditingkatkan dan cakupan fitur lain seperti Screen Off Memo untuk mempercepat aktivitas saat menuliskan catatan, Anotasi PDF dan Advanced Drawing Tools.

Untuk tablet Samsung Galaxy Tab S3 maupun Galaxy Book versi layar 12 inch, keduanya sudah dibekali dengan dukungan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Untuk varian Galaxy Book ukuran 10,2 inch, ia hanya memiliki kamera belakang 5 MP saja. Di sektor ini, kemampuan yang paling menarik dihadirkan oleh tablet Samsung Galaxy Tab S3  yang memiliki kemampuan merekam video 4K, sementara seri Galaxy Book hanya sekedar mampu merekam video beresolusi Full HD 1080p saja.

Samsung Galaxy Tab S3 sendiri dioptimalkan untuk kebutuhan entertaiment, namun diklaim tetap memiliki penggunaan serbaguna. Selain pemutaran video 4K dan dukungan kamera canggih, tablet ini juga dilengkapi fitur quad-stereo speaker disetel dengan AKG oleh HARMAN untuk premium visual dan listening experiences.

Samsung Galaxy Book

Kriteria Spesifikasi
3G Network -
Screen Size 12 inch
OS Version 10
Chipset Intel Core i7
RAM 4 GB
Internal 64 GB
Processor Speed 3.1 GHz
Screen Resolution 2048 x 1536 Pixel
Resolusi Kamera 13 MP
Battery -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Sementara di sektor performa, tablet Samsung Galaxy Tab S3 dilengkapi dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 820 dengan prosesor Quad Core 2.15GHz + 1.6GHz. dipadukan dengan RAM 4GB, memori internal 32GB yang bisa diperluas melalui slot microSD, serta API Vulkan untuk grafis superior, Game Launcher untuk peningkatan user interface dan mode seperti Do Not Disturb agar tidak terganggu saat bermain game.

Mengusung konektivitas LTE Cat.6, Galaxy Tab S3 yang dijalankan pada OS Android 7.0 Nougat ini pun dilengkapi dengan port USB 3.1(Type-C) dan baterai berkapasitas 6,000 mAh yang juga disertai fitur fast charge dan bisa bertahan hingga 12 jam untuk dipakai menonton video.

Lain halnya dengan Samsung Galaxy Book yang diperuntukan bagi kalangan profesional, laptop yang berjalan pada OS Windows 10 ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 Dual Core 3.1GHz untuk varian 12 inch dan prosesor Intel Core m3 dengan prosesor dual core 2.6GHz.

Untuk varian layar 10,2 inch, tablet ini menawarkan dukungan RAM 4GB dengan dua varian memori internal yakni 64GB dan 128GB, sedangkan seri tablet Galaxy Book dengan layar 12 inch membawa dukungan RAM4GB dengan dukungan memori 128GB dan varian RAM 6GB dengan dukungan memori berkapasitas 256GB.
Dijalankan pada OS Windows 10, Galaxy Book juga membawa dukungan fitur desktop Microsoft Office dengan keyboard lebih besar dan taktil sehingga nyaman saat dipakai mengetik.

Kedua seri tablet Samsung diatas tentu saja akan dijual ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk mengetahui harga jual yang dipatok, kita tunggu saja sampai Samsung benar-benar menjualnya ke pasaran.

Baca juga artikel:
Review: Samsung Gear Fit 2, Lebih Dari Sebuah Pelacak Kebugaran
Chipset Samsung Exynos 9 Dirilis Bakal Jadi Pesaing Snapdragon 835
5 Alasan Mengapa Samsung Galaxy A3 2017 Layak Kamu Miliki
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts