Mobil Murah Buat Keluarga Daihatsu Sigra, Berapa Harganya?

Oleh Adam Rizal updated Selasa, 7 Mar 2017 | 10:22


Tahun lalu, mobil Daihatsu Sigra terjual sebanyak 31.939 unit. Daihatsu Sigra bisa menjadi alternatif pemilik mobil yang mengincar mobil dengan harga murah.

Daihatsu Indonesia sendiri meluncurkan mobil Daihatsu Sigra dalam ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus di Tangerang, Banten pada tahun lalu. Daihatsu Sigra mampu mengangkut tujuh penumpang mirip Toyota Avanza tetapi memiliki harga yang serupa Toyota Agya. Tak heran banyak orang yang menyebutkan Daihatsu Sigra adalah MPV paling murah meriah dari Daihatsu dan sebagai adik dari Daihatsu Xenia.

Daihatsu Sigra 2017 berbasis platform yang sama dengan Toyota Calya 2017 termasuk mesin, desain dan fiturnya. Kedua mobil itu merupakan saudara kembar, mirip dengan Toyota Avanza - Daihatsu Xenia dan Toyota Rush - Daihatsu Terios.

Berikut, spesifikasi Daihatsu Sigra 2017:

Desain Eksterior Mobil Daihatsu Sigra 2017

Mobil Daihatsu Sigra 2017 mengusung desain yang minimalis dan kompak. Dari tampilan depan, Daihatsu Sigra 2017 mengusung headlamps dengan projector headlampnya yang dapat memikat konsumen. Selain itu, bumper depan Daihatsu Sigra 2017 terlihat lebih sporty berkat kehadiran grille trapezoidal. Grille depannya mengusung gaya modern dengan aksen garnish krom pada bagian lampu kabut horizontal. Dari sisi samping, Daihatsu Sigra 2017 memiliki tarikan garis yang tegas dengan lekukan halus sehingga membuat Daihatsu Sigra 2017 terlihat lebih keren.

Pada sektor buritannya, mobil Daihatsu Sigra 2017 mengusung lampu dengan model huruf "L" terbalik yang dikombinasikan dengan reflector horizontal yang terpasang rapi di pintu bagasinya.

Untuk memperkuat brand, Daihatsu Indonesia memasang logo perusahaan di sudut kiri bawah pintu bagasi. Pada sudut kiri atasnya, ada logo Dual VVT-I sebagai petunjuk teknologi mesin yang diusung oleh mobil Daihatsu Sigra 2017. Daihatsu Indonesia juga memasang logo Daihatsu Sigra 2017 di sudut kanan bawah pintu bagasinya.

Desain Interior Mobil Daihatsu Sigra 2017

Mobil Daihatsu Sigra 2017 menawarkan ruang kabin yang lapang dan luas hingga baris ketiga serta mampu menampung tujuh penumpang. Kemudian, jarak headroom (jarak kepala dengan langit-langit) pun cukup lapang dan volume bagasinya bisa mencapai 263 liter.

Pindah ke dashboard, mobil Daihatsu Sigra 2017 menawarkan desain yang sederhana, modern dan futuristik. Desain lingkar kemudi Daihatsu Sigra 2017 mirip dengan New Xenia dan posisi tuas transmisinya menempel pada dashboard.

Masih pada sektor dashboard, ada beberapa tombol pengatur AC dan layar Multi Infromation Display yang berada pada panel instrumennya. Dashboard Daihatsu Sigra 2017 mengusung gaya akses two-one yang dilengkapi piranti hiburan 2DIN terapit oleh kisi-kisi dari AC.

Desain jok baris pertama mobil Daihatsu Sigra 2017 mengusung konsep bangku yang menyatu dengan headrest yang merupakan ciri khas mobil LCGC. Uniknya, tidak ada konsol di antara kedua bangku depan sehingga penumpang depan bisa bergeser dengan mudah.

Baru pada baris ke 2, jok kursi Daihatsu Sigra 2017 mempunyai headrest yang bisa diatur sedemikian rupa. Anda pun bisa menemukan fitur one touch tumble yang bisa melipat kursi dengan satu gerakan saja untuk memberi akses mudah memasuki ruang baris ketiga.

Hebatnya, baris ketiga Daihatsu Sigra 2017 menawarkan ruang kaki (legroom) yang luas dan bangkunya tampak menyatu serta dapat dilipat untuk memperluas ruang bagasi.

Dimensi Mobil Daihatsu Sigra 2017

Daihatsu Sigra 2017 memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Sebagai perbandingan, Daihatsu Sigra 2017 memiliki dimensi yang lebih pendek 70 mm, lebih ramping 5 mm dan lebih rendah 95 mm bila dibanding Daihatsu Xenia 2017. Di sisi lain, jarak terendah ke tanah (ground clearence) mencapai 180 mm atau lebih pendek 20 mm dibanding Daihatsu Xenia generasi terbaru.

Untuk kenyamanan, mobil Daihatsu Sigra 2017 memasang suspensi MacPherson Strut untuk bagian depannya. Untuk suspensi belakang, Daihatsu Sigra 2017 menggunakan suspensi tipe Torssion Beam dimana keduanya terpasang kokoh dengan perulir untuk menghasilkan peredaman yang lebih lembut.

Mobil Daihatsu Sigra 2017 juga mengandalkan fitur pengereman yang cukup handal di bagian depannya dengan menggunakan rem cakram dan untuk sistem pengereman belakangnya masih menggunakan rem tromol.

Mesin Mobil Daihatsu Sigra 2017

Daihatsu Sigra 2017 mengusung dua tipe mesin yaitu varian 1.0 liter untuk tipe Sigra D dan Sigra M. Satu lagi, mesin 1.2 liter untuk tipe Sigra X dan Sigra R. Pertama, mesin 1.0 liternya menggunakan tipe mesin DOHC VVT-I 3 silinder 12 katup dengan kapasitas 1000 cc atau lebih tepatnya 998 cc. Mesin 1.0 liternya mampu menghasilkan tenaga hingga 67 Ps pada putaran ke 6.000 rpm dan maksimum torsi hingga 8.7 Nm setiap putaran 3.600 rpm atau 89 Kgm pada putaran ke 4.400 rpm. Khusus tipe mesin 1.0 liter, tenaga mesin akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5-percepatan.

Sementara itu, mesin 1.2 liter akan mengusung tipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-i 4 silinder 16 katup dengan kapasitas hingga 1.197 cc. Mesin 1.2 liter itu mampu menyemburkan tenaga hingga 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimal hingga 108 Kgm pada putaran ke 4.200 rpm. Tenaga mesin 1.2 liter akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Daihatsu Indonesia memilih tipe mesin VVT-I karena dapat membuat konsumsi bahan bakar irit dan kompresi akan meningkat yaitu 10.5:1.

Fitur Mobil Daihatsu Sigra 2017

Mobil Daihatsu Sigra 2017 mengusung fitur keselamatan seperti rem ABS, Air Bags, Brake Assist, pelindung benturan samping dan crash sensor serta sabuk pengaman. Belum lagi, ada fitur Alarm Anti Maling dan Centra Lock.

Untuk kenyamanan, mobil Daihatsu Sigra 2017 juga menawarkan fitur hiburan yaitu Audio-Visual, AC (Air Conditioner), Power Steering, Audio 2 DIN, dan port soket USB serta Bluetooth.

Harga Mobil Daihatsu Sigra 2017

Mobil Daihatsu Sigra 2017 hadir dengan beberapa varian yaitu Sigra D, Sigra M, Sigra X, dan Sigra R serta setiap varian memiliki harga yang berbeda antara satu tipe dengan tipe yang lain.

Harga Daihatsu Sigra 2017 memiliki banyak variasi seperti tipe 1.0 D MT, 1.0 M MT, 1.2 X MT, 1.2 R MT, 1.2 X AT, dan 1.2 R AT. Berbagai tipe tersebut terbagi atas kategori mesin yang diusung yaitu 1.0 liter dan 1.2 liter dimana untuk mesin 1.0 liter hanya akan mengandalkan sistem transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan, untuk varian Daihatsu Sigra pada mesin 1.2 liter akan mengusung transmisi manual ataupun otomatis.

Mengutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia, harga Daihatsu Sigra 2017 varian 1.0 M MT adalah Rp 108 juta, model 1.0 D MT berbanderol Rp 117 juta. Model 1.2 X MT berbanderol Rp 127 juta, model 1.2 R MT berbanderol Rp 113 juta, model 1.2 X AT Rp 139 juta, dan model termahal 1.2 R AT dengan banderol Rp 145 juta.

Nama Harga di Pasaran
Daihatsu Sigra 1.0 D MT Tidak ada harga
Daihatsu Sigra 1.0 M MT Tidak ada harga
Daihatsu Sigra 1.2 R AT Tidak ada harga
Daihatsu Sigra 1.2 R MT Tidak ada harga
Daihatsu Sigra 1.2 X AT Tidak ada harga
Daihatsu Sigra 1.2 X MT Tidak ada harga

Perbedaan Mobil Daihatsu Sigra 2017

Mobil Daihatsu Sigra 2017 Varian D menawarkan desain eksterior yaitu gril dan bemper sewarna bodi, pelek baja 13 inci, body color outside handle with grip type, spion luar warna hitam, antena di atap, garnish belakang sewarna bodi, front air diffuser, dan front stabilizer.

Sedangkan, interior mobil Daihatsu Sigra 2017 Varian D mengusung dasbor warna 2-tone, transmisi pada dasbor, material color inside door handle, split front seat with unified head rest, molded door trim, molded head lining, pelipatan jok baris kedua 60:40, sun visor, standard parking brake, upper air ventilator, garnish pada pilar, door pocket, front shopping hook, rear quarter trim pocket, assist grip, front room lamp, serta jok material fabric.

Kemudian ada headunit 1 DIN (USB, AUX, radio), dua speaker di depan, single AC, electronic power steering (EPS), jok baris pertama dan kedua reclining dan sliding, 1 touch tumble pada jok baris kedua, front power socket, power window untuk pengemudi auto down, lampu peringatan rem parkir, auto light off, intermitten wiper, pengingat pintu terbuka khusus pintu pengemudi. Untuk keamanan, model itu menawarkan side impact beam, sabuk pengaman untuk ketujuh penumpang, child proof door lock, head rest pada jok baris kedua.

Mobil Daihatsu Sigra 2017 Varian M menawarkan semua fitur pada varian D dengan penambahan eksterior berupa spion sewarna bodi, wiper di kaca belakang, sonar belakang, pelek baja 14 ini plus dop.

Penambahan interior untuk varian M yaitu front bench – like seat, kantung penyimpanan pada jok penumpang, desain baru rem parkir, speedometer dengan ornamen perak, lampu ruang belakang, headunit 1DIN (CD, MP3, AUX, USB, radio), dua speaker belakang, indikator ECO, multi information display (MID), tachometer, arm rest di antara jok baris pertama, jam digital di speedometer, power socket di ruang baris kedua, rear air circulator, central door lock, pengingat pintu terbuka pada semua pintu, door courtesy switch, wiper belakang otomatis immobilizer, dan alarm plus keyless entry.

Mobil Daihatsu Sigra 2017 Varian X menawarkan semua fitur pada varian M dengan penambahan eksterior yaitu side visor, rear combi lamp with smoked lamp. Sedangkan penambahan interiornya yaitu headunit 2DIN (CD, MP3, AUX, USB, Bluetooth, radio), Dual SRS Airbag dan sabuk pengaman depan dengan pretensioner dan force limiter. Khusus transmisi otomatis tersedia, antilock braking system (ABS) dan shift lock.

Daihatsu Sigra 2017 Varian X Deluxe memiliki semua fitur pada varian X dengan penambahan eksterior yaitu bingkai gril, list krom jendela, bingkai krom lampu kabut, garnish krom di pintu belakang, dan pelek alloy.

Daihatsu Sigra 2017 Varian R menawarkan semua fitur pada varian X dengan penambahan pada eksterior yaitu gril krom, spion luar terintegrasi sein, pengaturan arah otomatis spion luar, lampu kabut dengan bingkai krom, pilar berwarna hitam, pelek 14 inci alloy, garnish lens pintu belakang, dan stabilizer belakang.

Untuk interiornya ada cluster tengah warna perak, AC register ring ornament, AC register center knob Chrome, tombol power window dengan bingkai krom, tuas pembuka pintu di kabin krom, tuas rem parkir krom, tuas transmsi ornamen krom, kemudi dengan bingkai krom, varity mirror di bagian jok depan dan jok baris kedua dengan head rest.

Daihatsu Sigra 2017 Varian R Deluxe menawarkan semua semua fitur varian R dengan penambahan pada eksterior berupa list kaca krom, list krom bodi samping, garnish krom pintu belakang, muffler cutter, dan front sensor corner.

Baca juga artikel:
Harga Daihatsu Terios 2017 dengan Wajah Baru
Cari Harga Mobil Daihatsu? Ini Daftar Harga Terbarunya
Harga Toyota Calya 2017, Mobil MPV Murah Meriah Toyota

Artikel Lainnya

Komentar