Diperbaharui pada Senin, 20 Februari 2017 | 10:30

Hape Advan G1 Resmi Dirilis dengan OS Android Rasa Indonesia


Keunikan dari hape Advan G1 adalah penggunaan sistem operasi sendiri berbasis OS Android Marshmallow 6.0 yang diberi nama IDOS 6.1.2 (Indonesia Operating System).

Advan secara resmi memperkenalkan hape terbarunya yaitu Advan G1 yang akan menjadi inovasi baru dalam industri hape lokal. Dengan user interface IDOS 6.1.2 (berbasis OS Android Marshmallow 6.0),  hape Advan G1 siap memberikan kesempurnaan di saat  menjalankan beragam aktivitas.

Apalagi seperti yang kita ketahui bersama bahwa tren belanja online meningkat dan IDOS mampu memproteksi data pembayaran masyarakat sehingga masyarakat dapat bertransaksi dengan aman. Sesuai dengan namanya, IDOS adalah kebanggaan masyarakat Indonesia sebagai sistem operasi pertama dan satu-satunya yang dikembangkan brand nasional.

Tak hanya sampai disitu saja, dengan harga Advan G1 yang terjangkau Rp2,299 juta, masyarakat mendapatkan fitur dalam smartphone harga Rp8 juta-an. Ada juga kemampuan konektivitas yang super lengkap dan bahkan menjadi salah satu konektivitas terbaik yang berhasil diberikan Advan pada beberapa perangkat smartphone yang dibuat.

“Ini merupakan pekerjaan panjang dalam sejarah pembuatan hape. Karena kami melibatkan konsumen dalam merancang Advan G1. Mulai dari survei keinginan konsumen bersama lembaga survei MARS sampai mengimplementasikannya menjadi smartphone canggih, berkualitas setara brand internasional, namun tetap terjangkau,” ungkap Hasnul Suhaimi, Advan Business Management Advisor .

Senada dengan Hasnul Suhaimi, Brand Director Advan, Andy Gusena mengatakan, Advan G1 merupakan salah satu proyek mercusuar, karena pembuatannya tidak sama dengan smartphone Advan lainnya. Hal tersebut dilakukan, lanjut Andy untuk mengapresiasi dan mengakomodir keinginan konsumen Tanah Air.

“Ini sebagai bukti bahwa Advan lahir dari Indonesia dan untuk konsumen Indonesia. Kami merasa bangga bisa berkontribusi dan menghasilkan produk berkualitas. Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk bangga pada brand nasional melalui #BanggakuIndonesiaku,” ungkap Andy Gusena.

Dengan fitur yang komplit, harga terjangkau, serta dihasilkan dari mekanisme survei yang melibatkan konsumen Tanah Air, kehadiran hape Advan G1 disiapkan untuk menjadi petarung tangguh untuk menghadang agresivitas brand internasional lainnya.

“Didukung pengembangan service center hingga ke tingkat kabupaten, Advan meningkatkan kecepatan pelayanan melalui 56 Vuncare. Hadirnya Advan G1 membuat kami lebih percaya diri untuk bertarung di 2017. Karena kami yakin, produk kami berkualitas dan berdaya saing. Disamping itu, masyarakat Indonesia semakin percaya kepada Advan bahwa Advan adalah brand nasional, karya anak bangsa dan  satu-satunya yang mampu menandingi gempuran brand global,” ujar Tjandra Lianto selaku Direktur Marketing Advan.

Kamera Lensa Largan

Bicara spesifikasi, hape Advan G1 dilengkapi kamera belakang beresolusi 13 megapiksel dan kamera depan yang beresolusi 8 megapiksel. Tidak hanya itu, untuk mendukung kualitas kamera yang baik hape Advan G1 sudah menggunakan lensa Largan.

Lensa tersebut masuk dalam kategori lensa premium dari produsen kelas dunia, Largan Precision, yaitu produsen lensa kamera yang dipercaya berbagai brand terbaik dunia. Dipadukan dengan sensor premium untuk mendapatkan hasil foto yang lebih tajam dan warna yang lebih cerah. Lensa tersebut memiliki aperture f/2.0 untuk kamera utama dan f/2.2 untuk kamera depan sehingga mampu meningkatkan sensitivitas cahaya rendah. Dengan begitu, hasil  penangkapan gambar tetap  berkualitas dan tajam kendati dalam keadaan low light.

Fitur Andal

Tidak hanya mengandalkan lensa, sensor serta resolusi besar saja, namun kamera Advan G1 juga dirancang menggunakan fitur canggih,  “Quick Way To Shoot”, yaitu cara tercepat untuk selfie. Pengguna tinggal melakukan “Shake” mengocok smartphone (Shake to Selfie), untuk langsung menuju aplikasi kamera, kemudian sentuh sensor fingerprint untuk langsung mengambil foto (Fingerprint to Shoot). Hanya perlu 0,2 detik Cepat, simple dan menyenangkan. 

Persoalan speaker pun menjadi perhatian Advan dengan mengadopsi titanium accoustic dan smart amplifier. Speaker premium didalam ruang akustik titanium memberikan resonansi audio yang lebih sempurna, menghasilkan suara bass yang solid dan spektrum audio yang lebar, demi memanjakan  telinga para penggunanya. Pengguna juga dimanjakan dengan earphone premium yang didesain khusus untuk memberikan output suara berkarakter bass yang solid, demi pengalaman audio yang memuaskan.

Untuk sistem keamanan, Advan G1 disokong dengan fingerprint. Pengguna bisa menyimpan data dengan sangat aman. Proteksi sidik jari ini merupakan proteksi yang paling aman di dunia, karena hanya pemilik smartphone tersebut yang bisa mengaksesnya. Teknologi yang tidak kalah menariknya adalah VR Ready dan Eye Protection. Fitur eyePRO mampu memfilter radiasi sinar biru dari layar yang bisa merusak mata, tanpa mengurangi kecerahan warna.

Berpadu dengan hardware Gyroscope sensor, memberikan pengalaman bermain game VR 360 derajat interaktif yang aman dan nyaman bagi mata. Sedangkan untuk memory, Advan G1 disokong RAM 3GB dan ROM 16GB yang diharapkan bisa mendukung performa ketika menjalankan berbagai aplikasi.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5 inch
Detail Prosesor MT8735P
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1 GHz
GPU Mali-T720MP2
RAM 3 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 8 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 2650 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Advan i5e Glassy Gold 2 Raih 5 Penghargaan di 2016
Advan Rilis Tablet 4G Bagi Pecinta Serial Satria Garuda Bima X
Rekomendasi Tablet Advan RAM 1GB Harga di Bawah Rp 1 Juta
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.