WhatsApp Hadirkan Sistem Verifikasi Keamanan Baru

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 10 Feb 2017 | 02:29

Baru-baru ini aplikasi perpesanan WhatsApp kembali menghadirkan update terbaru. Guna mencegah maraknya kejahatan cyber, WhatsApp merilis sistem verivikasi keamanan baru. Berbeda dengan sebelumnya, kini pengguna harus melewati dua langkah proses verifikasi untuk menggunakan aplikasi WhatsApp versi Android, iOS dan Windows.

Menariknya, WhatsApp membebaskan pengguna untuk mengaktifkan sistem keamanan baru ini secara manual. Dengan mengaktifkan sistem ini, aplikasi perpesanan ini akan didukung perlindungan tambahan untuk menjaga keamanan saat mengakses aplikasi. WhatsApp sendiri mengembangkan fitur ini selama beberapa bulan terakhir dalam WhatsApp versi beta dan mendapat respon yang baik dari pengguna.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa masuk ke settings WhatsApp > Account > Two-step verification > Enable. Setelah itu, pengguna akan diminta untuk membuat passcode berisi enam angka. Sebaiknya buat passcode yang berisi kombinasi angka dan huruf agar lebih rumit untuk dibobol. Setelah itu, pengguna juga diminta mengisi alamat email yang masih aktif.

Nantinya, WhatsApp akan memberitahukan pengguna melalui alamat email tersebut bila terjadi sesuatu hal, misal saat lupa passcode. Yang terpenting, bila menerima email untuk menonaktifkan sistem verivikasi dua langkah, padahal pengguna tidak merasa meminta, sebaiknya jangan mengklik tautan yang dikirim ke email. Pasalnya bisa jadi ada orang yang tidak bertanggung jawab, yang mencoba melakukan verivikasi ke nomor WhatsApp milikmu.

Sebelumnya WhatsApp menghadirkan fitur Baru untuk versi beta yang akan membantu pengguna yang sering salah ketik. Fitur tersebut yakni fitur menarik pesan terkirim. Tidak hanya menarik pesan yang sudah terkirim, fitur ini juga memungkinkan pengguna menghapus pesan yang telah terkirim. Dengan fitur terbaru ini, pengguna tidak hanya bisa menghapus pesan hanya sebatas di smartphone kamu saja, tetapi benar-benar menghapus pesan di smartphone lawan yang hendak kamu kirimi pesan.

Untuk saat ini kemungkinan besar fitur menarik pesan terkirim ini tidak hanya bisa digunakan untuk menarik pesan berupa teks, tetapi juga bisa digunakan untuk menarik pesan berupa gambar dan video. Saat ini fitur tersebut masih diuji coba di tahap Beta. Belum ada informasi ini akan dirilis dalam waktu dekat atau masih menunggu update terbaru WhatsApp beberapa kali.

Baca juga artikel:
WhatsApp Nantinya Bisa Lacak Lokasi Lawan Chatting Kamu
WhatsApp Bantah Adanya Bug dalam Fitur Pesan Enkripsi
Awal 2017, WhatsApp Resmi Hentikan Support Sistem Operasi Lama

Artikel Lainnya

Komentar