MediaTek Luncurkan Chipset Helio P25 untuk HP Murah

Oleh Ardiansyah Hana updated Kamis, 09 Peb 2017 | 18:04

Pabrikan prosesor asal Tiongkok, MediaTek, baru saja merilis peluncuran chipset generasi terbarunya. Chipset ini adalah MediaTek Helio P25 yang merupakan generasi terbaru dari Helio P series.

Beberapa tahun belakangan, MediaTek menggarap chipset Helio P series untuk perangkat mobile. Beberapa pabrikan seperti Meizu dan Xiaomi menggunakan chipset seri tersebut untuk sejumlah koleksi smarphone yang dijual untuk kalangan menengah.

Chipset MediaTek Helio P25 diproduksi dengan menggabungkan prosesor Octa Core 16 nm beserta MediaTek Imagiq yang merupakan teknologi inovatif dari MediaTek sendiri yang dinamakan Image Signal Processor – ISP. Selain itu, chipset MediaTek HelioP25 juga memiliki dukungan fitur dual kamera sehingga memungkinkan smartphone murah bisa memiliki fitur fotografi modern tersebut.

Dilansir Digitimes, chipset MediaTek Helio P25 dikembangan pada node proses FinFET 16 nm dengan keunggulan pada tingkat efisiensi daya yang kini 25% jauh lebih baik ketimbang chipset Helio seri terdahulu. Kemudian, Helio P25 juga disokong dengan ARM Cortex-A53 yang memiliki kemampuan clock hingga 2.5GHz, serta dukungan grafis yang memanfaatkan ARM GPU Mali-T880 dual clock speed mencapai 900MHz.

Mendukung konfigurasi kamera hingga 24 MP untuk kamera tunggal dan 13 MP + 13 MP untuk dual kamera, fitur-fitur fotografi canggih turut didukung oleh MediaTek Helio P25, diantaranya adalah shallow depth-of-field, fitur eksposur otomatis, modus video HDR dengan preview penuh, pemakaian kamera HDR dan teknologi turbo 3A yang memungkinkan proses konvergensi gambar mendapatkan kecepatan lebih baik hingga 30 - 55%.

Disamping kinerja efisiensi daya dan dukungan kamera canggih, chipset MediaTek Helio P25 juga memberikan upgrade di sektor kecepatan melalui dukungan double data rate random access memory atau RAM berbasis LPDDR4x hingga 6GB dan performa konektivitas LTE yang kini mencapai 64QAM uplink untuk mode LTE-TDD namun memanfaatkan daya rendah.

MediaTek mengumumkan bahwa produk smartphone yang akan didukung oleh chipset terbaru Helio P25 akan rilis di pasaran pada kuartal pertama tahun 2017. Saat ini, MediaTek pun memiliki target terkait pertumbuhan pengiriman prosesor mencapai angka lebih dari 11% di tahun 2017 yang mungkin saja tercapai berkat jalinan kerjasama dengan Samsung.

Baca juga artikel:
MediaTek Luncurkan Chipset Helio X23 dan X27 untuk Smartphone Murah
MediaTek Luncurkan Generasi Terbaru Chipset Helio P15
MediaTek Resmi Kenalkan Prosesor Terbaru, Mediatek Helio X30

Artikel Lainnya

Komentar