Ricoh Pentax KP, Kamera DSLR Jagoan Low Light

Oleh Ardiansyah Hana updated Senin, 30 Jan 2017 | 11:59

Setelah cukup lama tidak merilis produk baru, kali ini Ricoh kembali memperkenalkan kamera DSLR bertajuk Pentax KP.

Ricoh Pentax KP merupakan kamera DSLR penerus seri Pentax K-3 yang hadir dengan desain lebih modern dan memiliki ukuran jauh lebih ringkas. Selain itu, keunggulan lain pada desain Ricoh Pentax KP adalah bodi berbahan magnesium alloy yang tahan dari segala cuaca ekstrim, dapat dioperasikan secara normal sekalipun dipakai dalam kondisi -10 derajat Celsius.

Tak hanya itu, desain yang diusung kamera DSLR Ricoh Pentax KP adalah grip yang hadir dalam tiga ukuran berbeda dan bisa dilepas-pasang. Soal kemampuan, kamera ini mengusung sensor dari APS-C 24 berkekuatan 24 MP yang diklaim sangat sensitif terhadap cahaya.

Keunggulan dari penggunaan sensor kamera Ricoh tersebut adalah dukungan tingkat ISO maksimum yang mencapai angka 819200. Artinya, kamu bisa menggunakannya untuk memotret di kondisi sangat gelap namun hasil yang diperoleh tetap detail.

Kemampuan lain yang ditawarkan dari kamera DSLR Ricoh Pentax KP adalah dukungan sistem image stabilization 5-axis yang mendukung 5 stop lebih tinggi, sama halnya dengan kemampuan yang dimilili oleh kamera DSLR jenis full-frame Pentak K-1.

Mempunyai fitur autofocus yang terdiri dari 27 titik, 25 titik diantaranya berjenis cross type. Sementara soal performa, kamera DSLR Ricoh Pentax KP didukung dengan electronic shutter dengan kecepatan maksimum hingga 1/24.000 detik dan shutter mekanik dengan kecepatan maksimum mencapai 1/6.000 detik.

Hadir dengan burst shooting dengan performa yang berada di angka 7 fps, sayangnya kamera DSLR Pentax terbaru ini hanya mampu merekam video beresolusi maksimum 1080p 30 fps. Hal ini tentu saja menjadi kekurangan mengingat kamera yang berada di kelas sama sudah dilengkapi kemampuan merekam video 4K.

Memiliki bobot seberat 703 gram, bagian belakang kamera ini dilengkapi dengan viewfinder dengan kemampuan field of view yang mencapai 100 persen dengan tingkat magnifikasi 0,95x. Selain itu, terdapat pula tambahan jendela bidik berupa LCD seluas 3 inch yang bisa diputar ke sisi bawah dan atas.

Kekurangan lain dari kamera DSLR Pentax ini adalah kapasitas baterai yang hanya bisa dipakai untuk 390 pengambilan gambar saja. Sementara untuk penjualan, kamera DSLR Ricoh Pentax KP sudah tersedia di pasaran sejak 25 Februari lalu, tersedia dalam dua varian warna silver dan hitam dengan bandrol $1.100 atau setara Rp 14 jutaan untuk bodinya saja.

Ricoh Pentax KP
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 6000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 819200
Frame Rate 7 fps
Lens Mount PENTAX KAF2 bayonet mount (AF coupler, lens information contacts, K-mount with power contacts)

Baca juga artikel:
3 Kamera Digital Fujifilm yang Akan Dipasarkan Februari 2017
Inilah Kamera Digital Leica M10 Terbaru Yang Paling Tipis
Hape Kodak Ektra, Memadukan Konsep Kamera dan Mobile

Artikel Lainnya

Komentar