Diperbaharui pada Rabu, 25 Januari 2017 | 12:23

Yamaha Resmi Luncurkan Motor Sport All New Yamaha R15 Terbaru

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan motor sport Yamaha All New R15 terbaru yang memiliki fairing bermesin 150 cc dan desain yang benar-benar baru. 

Hebatnya, Pembalap Yamaha di MotoGP Maverick Vinales yang langsung hadir dan membuka selubung All New Yamaha R15.

"Kami bangga meluncurkan sepeda motor premium All New 15 terbaru yang menawarkan performa yang terbaik di kelasnya. Motor sport ini adalah bagian dari Yamaha Racing DNA," kata Presiden Direktur YIMM, Minoru Morimoto di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (23/1).

Dikutip dari berbagai sumber, motor sport All New R15 mengusung DNA Yamaha R-Series, terlihat dari desain bodinya yang meruncing dan ramping. Motor itu sudah mengadopsi teknologi lampu LED untuk lampu depan dan belakang serta lampu hazard yang menjadi lampu untuk keadaan darurat.

Image via Republika.co.id

Desain motor All New R15 mengadopsi DNA Yamaha R-Series dan mengedepankan unsur super sport. Motor itu menggunakan rangka deltabox dan desain baru lengan ayun aluminium yang ringan. Kombinasi itu memberikan pengendalian motor yang stabil, dengan weight distribution 50:50.

All New Yamaha R15 menggunakan suspensi depan upside down (suspensi terbalik) dan fitur Assist & Slipper Clucth sehingga handling motornya lebih sempurna. "Fitur assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan, sedangkan slipper clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat," ucap Morimoto.

Dari segi performa, All New Yamaha R15 menggunakan mesin Single Over Head Camshaft (SOHC) dan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang menyemburkan tenaga mesin sebesar 14,2 kW/10.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm.

"Sangat menyenangkan dapat meluncurkan All New R15 bersama dengan rider hebat MotoGP, Maverick Vinales. Kami percaya All New Yamaha R15 akan membuat dia terkesan lebih dari ekspektasinya," kata Morimoto.

All New Yamaha R15 memiliki speedometer full digital lengkap dengan shift timing light yang memberi tanda kepada pengendara untuk berpindah percepatan dan bisa di- setting sesuai keinginan pengendara.

Anda juga bisa memasukkan identitas nama enam digit pada tampilan speedometer. Ada juga beberapa fungsi lain yang membuat multi-information display-nya semakin informatif. Yamaha memberikan tiga pilihan warna, yaitu Racing Blue, Matte Black, dan Matte Red.

Kata Vinales

Usai membuka selubung R15, Vinales langsung menggunakan pakaian balapnya. Ditemani bos Yamaha Indonesia dan pebalap Yamaha Indonesia, Vinales langsung melibas Sirkuit Sentul selama 4 putaran menggunakan All New Yamaha R15."Saya sangat bahagia hari ini dan saya sangat menikmati motor ini," kata Vinales.

Vinales mengakui akselerasi All New Yamaha R15 mirip motor super sport. "Akselerasi ini sangat bagus. Saya harus katakan ini hari yang bagus," kata Vinales.

Senada dengan Vinales, Imanuel Pratna dari tim balap Yamaha juga mengungkapkan hal serupa. Ia lebih menekankan soal handling, yang menurutnya cukup baik, terutama saat melewati tikungan.

"Di tikungan juga enak sekali karena bannya lebar. Jadi saya bisa belok dengan nyaman. Power-nya dari rpm bawah sampai atas semua rata," ujar Imanuel.

Target dan Harga

Yamaha pun menargetkan penjualan All New Yamaha R15 sebanyak 7.500 unit perbulan dan Yamaha baru akan menjual motor sport All New Yamaha R15 pada semester pertama tahun ini.

Executive Vice Presiden Director Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti mengatakan Saat ini Yamaha masih dalam tahap persiapan untuk produksi massal.

"Tentu Yamaha akan memberikan harga terbaik kepada konsumen. Yang pasti konsumen akan mendapatkan harga terbaik dengan desain, fitur dan value for money. Untuk targetnya sekarang minimal 7.500 unit perbulan," kata Dion.

Untuk diketahui, harga Yamaha R15 saat ini (sebelum diperbarui) dibanderol dengan harga Rp 31,3 juta. Pesaing R15 dari Honda yaitu Honda CBR150R dibanderol mulai Rp 32,9 juta. Sedangkan Suzuki yang baru meluncurkan motor sport 150 cc membanderol Suzuki GSX-R150 mulai Rp 27,9 juta (harga pengenalan sampai 3 bulan ke depan).

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 11 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive -
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration SOHC (Camshaft Tunggal)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Harga Yamaha Aerox 155 Mulai Rp21-26 Jutaan di Indonesia
Harga Suzuki GSX R150 Lebih Murah dari V-Ixion dan CB150
All New Honda CB150R StreetFire, Raja Motor Sport di Indonesia Tahun 2016
Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts