Microsoft Ungkap Windows 7 Sudah Tidak Aman Digunakan

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 23 Jan 2017 | 17:29

Microsoft berencana menghentikan seluruh support untuk system operasi Windows 7 karena dinilai sudah tidak aman lagi. Update yang tidak maksimal membuat Windows 7 rentan kena serangan virus.

Microsoft terus menggenjot penyebaran sistem operasi terbaru, Windows 10 di tahun 2017 ini. Pasalnya, masih banyak pengguna komputer dan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows lama.

Hal ini memang tidak bisa dipungkiri, pasalnya masih banyak pengguna yang kurang nyaman menggunakan sistem Windows 10. Sementara itu, sistem lama Windows 7 menjadi salah satu sistem lama yang banyak digunakan. Windows 7 masih populer karena memiliki user interface yang minimalis dan fitur yang cukup memadai.

Menyadari hal tersebut, Microsoft mengungkapkan bahwa sistem Windows 7 sudah terlalu lama. Pasalnya di bawah Windows 10, sudah ada Windows 8.1 dan Windows 8. Hal ini membuat sistem Windows 7 tidak mendapatkan update maksimal dan membuat rentan terkena serangan virus maupun malware.  Microsoft juga mengatakan bahwa sistem lama ini juga memiliki banyak kelemahan dan keterbatasan khususnya sektor keamanan maupun sektor hardware. Tidak heran, Microsoft berencana menghentikan seluruh support untuk sistem operasi lawas ini.

Markus Nitschke selaku Head of Windows Microsoft Jerman mengatakan bahwa saat ini sistem Windows 7 sudah tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan teknologi moderan termasuk untuk kebutuhan perangkat yang membutuhkan keamanan tinggi. Tidak hanya itu, arsitektur keamanan sistem Windows ini juga sudah kuno. Tak heran kemungkinan serangan cyber terhadap sistem ini sangat besar. Apalagi, sistem Windows lama ini sudah tidak kompatibel dengan berbagai program, seperti dikutip dari extremetech.

Beberapa waktu silam, Microsoft memang telah berencana menghentikan pembaharuan support driver pada sistem Windows 7 pada Januari 2020 mendatang. Namun, sepertinya Microsoft merasa perlu mempercepat penghentian sistem lama ini setelah sistem Windows 10 dirasa cukup sukses di pasaran.

Namun, sayangnya, cara perusahaan untuk mendorong pertumbuhan sistem paling baru ini terasa agresif. Banyak pengguna windows 10 melakukan protes karena seakan dipaksa melakukan update yang terlalu sering. Padahal ukuran file tersebut cukup besar yang tentu memakan kuota internet. Menyadari hal tersebut, pada tahun 2017 ini Microsoft akan mengubah strategi dan menghadirkan update yang membuat Windows 10 kian unggul dibanding Windows 7.

Baca juga artikel:
Tips Menghemat Baterai Pada Laptop Windows 10
Windows 10 Salip Windows 7 dengan Terinstal di 400 Juta Perangkat
7 Fitur Baru Dalam Update Windows 10 yang Perlu Diketahui

 

Artikel Lainnya

Komentar