Google Akan Matikan Versi Lama Dari Drive, Docs dan Sheets Versi iOS dan Android

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 25 Jan 2017 | 12:01

Ada banyak alasan mengapa banyak pengguna yang menggunakan software versi lama. Salah satu alasannya mungkin karena dengan update akan membuat aplikasi berubah sehingga kurang nyaman digunakan. Tidak hanya itu, penggunaan versi lama bisa juga karena perangkat miliknya sudah tidak support aplikasi versi baru. Atau kasus lain, banyak pengguna aplikasi tidak mengetahui akan hadirnya update aplikasi.

Apapun alasan yang kamu gunakan karena masih menggunakan aplikasi bawaan Google di perangkat mobile, Google telah mengumumkan bahwa tanggal 3 April 2017 mendatang, semua aplikasi bawaan versi lama akan dimatikan. Dimatikan disini ialah penghentian beberapa fitur di dalamnya. Pengguna pun tidak akan bisa maksimal menggunakan aplikasi Google bawaan di perangkat mobile. Aplikasi yang akan dimatikan ialah Google Drive, Docs, Sheets dan Slides, kesemuanya dalam versi Android dan iOS.

Berikut daftar lengkap aplikasi yang akan dimatikan fungsinya setelah 3 April mendatang.

Android

  • Google Drive for Android (Versi 2.4.311)
  • Google Docs for Android (Versi 1.6.292)
  • Google Sheets for Android (Versi 1.6.292)
  • Google Slides for Android (Versi 1.6.292)

iOS

  • Google Drive for iOS (Versi 4.16)
  • Google Docs for iOS (Versi 1.2016.12204)
  • Google Sheets for iOS (Versi 1.2016.12204)
  • Google Slides for iOS (Versi 1.2016.12204)

Dalam keterangan resmi Google, bulan januari ini banyak pengguna aplikasi Google bawaan akan melihat sebuah pemberitahuan untuk melakukan upgrade. Yang perlu diperhatikan 1 Maret mendatang, beberapa pengguna yang menggunakan aplikasi lama akan mulai kehilangan fitur-fitur utama sebelum semua fitur baru dihentikan pada 3 April. Dimatikannya aplikasi ini tidak berpengaruh pada versi software.

Nantinya Google menjanjikan aplikasi versi terbaru Google Drive, Docs, Sheets dan Slides akan lebih baik dibanding aplikasi bawaan versi lama. Namun, sepertinya akan ada pengguna yang tetap memilih versi lama dan tidak melakukan update. Pasalnya, aplikasi-aplikasi tersebut memang bukan aplikasi utama Google dan jarang digunakan banyak pengguna perangkat mobile.

Baca juga artikel:
Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android Januari 2017
Kumpulan Aplikasi Android Asisten Pribadi Terbaik Januari 2017
Mengenal 7 Fitur Baru Aplikasi Google Gboard Yang Canggih

 

Artikel Lainnya

Komentar