Diperbaharui pada Rabu, 18 Januari 2017 | 14:42

Toyota Resmi Luncurkan Innova Termewah Venturer di Indonesia

Akhirnya, PT. Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan multi purpose vehicle (MPV) Toyota Kijang Innova New Venturer yang merupakan versi termewah dan ternyaman dari Innova.

Henry Tanoto Vice President Director TAM mengatakan Toyota Kijang Innova New Venturer hadir untuk memberikan pilihan MPV di pasar menengah dan mengakomodasi konsumen yang membutuhkan mobil MPV dengan nuansa luxury.

"Kami memperkenalkan line up baru pada awal tahun ini, yang pertama adalah dari keluarga Toyota Kijang, New Venturer. Keluarga Kijang sudah dikenal selama 40 tahun di Indonesia," kata Henry seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Dibanding versi Innova 2015, Toyota Kijang Innova New Venturer memiliki perubahan pada bagian eksterior, mulai dari bagian depan, lampu utama mengadopsi New LED Projector dengan Smoke Design Headlamp.

Toyota Kijang Innova New Venturer mengusung desain gril terbaru dengan kelir hitam dan aksen krom doff serta ornamen terbaru berbentuk boomerang. Cover lampu kabutnya berbentuk krom gelap dan bumper belakangnya mempunyai spoiler yang mengusung ornamen krom.

Desain eksteriornya mempunyai side skirt dan over fender serta pelek alloy beraksen gelap. Mobil itu mengadosi bahan kulit untuk pelapis seluruh kursinya dan tempat duduknya pada baris kedua mempunyai desain Captain Seat.

"Kalau dari styling-nya, kami ingin memperkuat kesan pada area bawah mobil untuk mengejar kesan crossover. Karena itu, kami ingin memberikan sentuhan pada aerokit over fender dan lainnya," ujar Yui Hastoro, Direktur Technical Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Roda kemudi model itu mengadopsi desain steering switch yang memberikan kemudahan sopir untuk mengatur audio telepon dan interface di MID. Dari sisi keamanan, Toyota Kijang Innova New Venturer mengusung kantong udara di dua di baris depan, knee airbag, side airbag, dan curtain shield airbag.

"Venturer menampilkan tampilan yang lebih garang, nuansa garang tidak di luar saja desain kabin juga kami buat. Dengan total 15 item baru kendaraan ini dipastikan mencuri perhatian di jalan," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto.

Model itu mempunyai empat varian yang mengusung 2 varian bensin dan 2 diesel bertransmisi manual dan otomatis. Model yang mengusung mesin bensin yaitu GAS MT senilai Rp 386,3 juta, Venturer GAS AT Rp 406,4 juta. Venturer diesel DSL MT 424,2 juta dan Venturer DSL AT Rp 445,6 juta.

"Beda dengan yang lama kalau versi bensin Rp 12,7 juta sedangkan yang diesel lebih mahal Rp 12,4 juta," sambung Henry.

Fitur keamanannya antara lain Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, dan emergency brake signal. Toyota Kijang Innova New Venturer mempunyai beberapa pilihan warna yaitu Super White, Silver Metallic, Dark Grey Mica Metallic, Attitude Black, Avant Garde Bronze, Alumina Jade, dan Red Mica Metallic.

SPK 50 Unit

Hebatnya, Toyota Kijang Innova New Venturer sudah terpesan sebanyak 50 unit. "Kita baru launching hari ini dan unit terbatas di seluruh indonesia, hingga saat ini SPK 50 unit dari impulsive buyer yaitu pembeli yang belum lihat unitnya," katanya.

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memproduksi Toyota Kijang Innova New Venturer di pabrik Karawang I, Jawa Barat dengan dana investasi Rp 95 miliar untuk memproduksinya.

Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan dana itu untuk pembuatan tooling parts dan beberapa perlengkapan produksi lainnya.

Pada lini produksi, TMMIN akan memproduksi sekitar 750-800 unit Innova Venturer perbulan. Selain untuk memasok pasar domestik, Toyota Kijang Innova New Venturer juga bakal diekspor ke Filipina.

Tingkat kandungan lokal buat Venturer sama seperti klaim TMMIN sebelumnya, yaitu 85 persen. Bukan hanya untuk domestik, Warih mengatakan Venturer juga bakal diekspor pada akhir tahun ini.

Harga Toyota Innova Venturer Terbaru

Nama Harga di Pasaran
Toyota Venturer MT Gasoline Rp 430.050.000
Toyota Venturer AT Gasoline Rp 430.050.000
Toyota Venturer MT Diesel Rp 468.500.000
Toyota Venturer AT Diesel Rp 468.500.000

Baca juga artikel:
All New Toyota Corolla Altis Sapa Indonesia
All-New Toyota Camry Lebih Sporty dan Canggih
Toyota Avanza, Mobil Terlaris Toyota Tahun Lalu
Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts