Diperbaharui pada Senin, 16 Januari 2017 | 09:10

Buat Persaingan Makin Ketat, HTC Rilis Dua Hape Jagoan di 2017

HTC akhirnya merilis produk terbarunya pada 12 Januari kemarin. Tidak seperti biasanya, HTC merilis dua buah ponsel Android terbaru bernama HTC U Ultra dan HTC U Play. Keduanya merupakan masuk dalam jajaran produk ponsel premium HTC di tahun 2017.

Dirilis di Taiwan, HTC menghadirkan desain baru yang dirancang sesuai keinginan pasar serta kenyamanan pengguna. HTC juga menghadirkan fitur baru personal AI Assistant Nantinya, fitur ini akan terintegrasi dengan berbagai software dan mengumpulkan berbagai data. Data inilah yang dipakai untuk memberikan petunjuk, peringatan hingga memberikan saran. Lalu, seperti apa detail dari kedua ponsel Android premium terbaru ini? mari simak ulasan dibawah ini.

HTC U Ultra

Meski tidak disebutkan sebagai ponsel premium dalam presentasi peluncurannya, HTC U Ultra menghadirkan sejumlah fitur yang berkelas serta fungsional disokong desain nyaman. Tidak tanggung -tanggung, HTC mengusung bodi mewah berbahan metal berlapis kaca Sapphire. Hal ini menjadikan ponsel tampak eksotis dibandingkan ponsel premium yang ada di pasaran saat ini. Lapisan ini tidak lupa terlindungi oleh anti gores Gorilla Glass 5.

Pada bagian layar, HTC menggunakan layar yang lebar yakni 5,7 inci. Layar ini akan menggunakan panel Super LCD 5 dengan resolusi 1440 x 2560 pixels. Layar ini tentu menampilkan gambar yang jelas dan detail. Tidak hanya itu, HTC menggunakan teknologi bernama Liguid Surface.

Dengan teknologi ini, pengguna bisa menikmati layar di bawah cahaya matahari dengan lebih jelas. Tidak hanya itu, HTC juga menghadirkan layar kecil di atas layar utama. Layar ini akan menampilkan shortcut untuk aplikasi favorite dan kontak. Layar ini akan berukuran 2 inci dengan resolusi 160 x 1040 pixels.

HTC U Ultra dibekali teknologi USonic untuk memperjenih audio yang dihasilkan ponsel. Sayangnya, HTC menghilangkan jack 3,5 mm dan menggantinya dengan USB type C. Menurut website resmi HTC, adaptor USB untuk jack 3,5 mm akan dijual terpisah. Tidak hanya itu, HTC juha menghilangkan speaker stereo pada sisi depan.

Pada bagian mesin, ponsel premium HTC ini akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821. Prosesor ini akan disokong RAM 4GB. untuk memori penyimpanan, HTC menghadirkan memori internal 64GB yang bisa ditambah lagi dengan slot microSD. Ponsel Android terbaru ini akan menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Untuk bagian kamera, HTC U Ultra akan menggunakan kamera utama 12 MP dengan sensor 1,55 pixels. Tidak hanya itu, HTC juga sudah menempatkan teknologi PDAF dan laser autofocus, OIS hingga lensa sapphire yang anti gores. Untuk kamera depan, HTC memasang kamera 16 MP dengan teknologi HTC UltraPixel. Terakhir ponsel terbaru HTC ini menggunakan baterai 3000 mAh dengan Quick Charge.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.7 inch
Detail Prosesor MSM8996 Snapdragon 821
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.6 GHz
GPU Adreno 530
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

HTC U Play

HTC tidak hanya mengandalkan HTC U Ultra untuk bersaing di pasar smartphone tahun 2017. HTC juga menghadirkan varian yang lebih ringkas yakni HTC U Play. Secara desain, ponsel Android premium ini mengusung desain yang mirip dengan HTC U Play dengan bodi metal berlapis kaca. Dimensinya yang kompak membuat ponsel ini nyaman digunakan.

Pada bagian layar, HTC menggunakan layar berukuran 5,2 inci. Layar ini akan disokong panel Super LCD dan resolusi layar full HD 1920 x 1080 pixel. Layar ini dirasa masih mumpuni untuk bermain game, browsing hingga menonton video. HTC juga masih menggunakan anti gores Corning Gorilla Glass 5.

Menyasar kelas yang lebih menengah, ponsel Android HTC U Play menggunakan chipset Mediatek Helio P10. Prosesor octa-core ini akan disokong RAM 3GB. Hal ini memberikan performa yang mumpuni untuk multitasking dan bermain game.

Untuk memori penyimpanan, HTC menyediakan memori internal 32GB dan slot micro SD. Dengan spesifikasi ini, ponsel Android premium ini nyaman digunakan bersamaan dengan sistem Android 7.0. HTC juga menghadirkan fitur Smart Assistant yang mirip dengan Google Assistant dan Siri.

Pada bagian kamera, HTC U Play menggunakan kamera 12 MP dengan teknologi UltraPixel mirip U Ultra. Bedanya, HTC hanya menggunakan sensor kecil. Hal ini membuat kamera kurang mumpuni dalam pencahayaan yang sedikit. Untuk kamera depan, HTC menyediakan kamera depan 16 MP dengan mode wide panorama yang mumpuni. Untuk baterai, HTC mengandalkan baterai 2500 mAh dengan tambahan fitur fast Charging.

HTC juga menghadirkan 3,5 mm headphone jack. Ponsel ini sudah dibekali USB Type C. HTC juga memberikan HTC Usonic untuk earphone yang mumpuni.

Sayangnya hingga kini belum ada kejelasan mengenai harga dan kapan ponsel ini dipasarkan global. Namun dari informasi singkat saat persentase dipastikan ponsel Android premium HTC ini akan dipasarkan pada bulan Maret mendatang.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.2 inch
Detail Prosesor MT6755 Helio P10
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.1 GHz
GPU Mali-T860MP2
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
Kapasitas Baterai 2500 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
8 Fitur HTC U Ultra Yang Membuatnya Jadi Mewah
Ini Dia Bocoran Lengkap Spesifikasi Smartphone HTC One X10
Official! HTC Desire 650 Membawa Desain Unik
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts