Android Froyo Menghilang dari Daftar Peredaran Sistem Android Dunia

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 11 Jan 2017 | 11:12

Selama beberapa tahun terakhir ini Google selalu merilis daftar peredaran sistem Android yang ada dunia. Diantara sekian banyak sistem Android yang ada di pasaran, nama Android 2.2 Froyo selalu berada di kisaran paling bawah dengan pengguna yang kian berkurang. Kontribusi sistem Android lama ini pun terus merosot tiap bulannya. Dan puncaknya, Saat Google merilis daftar peredaran sistem operasi bulan januari 2017, sistem Android Froyo sudah tidak ada.

Tentu hal ini bukan berarti sistem Android ini tidak lagi digunakan di perangkat ponsel Android, tetapi bisa jadi pengguna sistem ini sudah menurun drastis. Jumlah pengguna yang minim tentu membuat Google menghilangkan sistem ini dari daftar. Alhasil, kini sistem Android lama yang beredar di seluruh dunia diduduki oleh OS Android 2.3 GingerBread. Setidaknya dalam daftar terbarunya, Google mendapat ada 1% pengguna sistem Android GingerBread di seluruh dunia. Dengan data tersebut, bukan tidak mungkin, bulan depan giliran OS Android 2.3 ini terhapus dari daftar.

Untuk OS Android lainnya, dalam daftar tersebut, Google menempatkan Android Nougat yang meningkat penggunanya dari 0,4% menjadi 0,7%. Peningkatan ini cukup lambat dibandingkan sistem Android lainnya. Untuk OS Lollipop masih menjadi penguasa sistem Android dengan pengguna lebih dari 33,4%. Diikuti oleh OS Marshmallow dengan pengguna dunia 29,6%. Kemudian, ada OS Android KitKat dengan jumlah persentase 22,6%. Sementara Android Jelly Bean digunakan 11,6%. Dibanding OS Nougat dan OS Marshmallow yang meningkat, sistem Android lainnya justru mengalami pengurangan pengguna.

Android Nougat sendiri telah dirilis dalam dua versi yakni 7.0 dan 7.1. Sistem ini mengusung sejumlah fitur baru yang kian membuat Android nyaman digunakan. Sayangnya, distribusi perangkat dengan sistem Android Nougat terasa lambat. Dengan selesainya pameran CES 2017, diharapkan pada Februari mendatang, sistem Android Nougat kian meningkat, setidaknya bertambah kembali 1%.

Untuk pengguna sistem Android lama, sudah sebaiknya untuk melakukan update perangkat maupun update sistem untuk bisa merasakan fitur-fitur baru yang dihadirkan Google.

Baca juga artikel:
OS Android 7.1.1 Nougat Resmi Digulirkan untuk Nexus, Pixel dan Android One
Di Akhir 2016, Android Nougat Sudah Digunakan 4% Perangkat Android Dunia
Nexus 6P dengan Android 7.0 Nougat Mudah Mati

Artikel Lainnya

Komentar