Kamera Mirrorless Panasonic Lumix GF9 Mirip Kamera Saku

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 17 Jan 2017 | 11:43

Di ajang CES 2017, pabrikan Panasonic tampaknya cukup sibuk. Disamping memperkenalkan kamera mirrorless Panasonic Lumix GH5, pabrikan ini pun merilis koleksi kamera mirrorless lain yang hadir dengan desain ringkas.

Produk ini adalah kamera mirrorless Panasonic Lumix GF9, disebut sebagai suksesor dari seri Lumix GM1 dan GM5 yang selain menawarkan desain berbentuk mungil juga menawarkan kemampuan optimal untuk menunjang kebutuhan selfie.

Keunggulan pertama pada kamera mirrorless besutan Panasonic ini adalah penggunaan sensor Micro Four Thirds 16 megapixel tanpa low-pass filter, yang juga dilengkapi dengan sensitivitas ISO maksimum 25.600. Mengandalkan prosesor Venus Engine agar bisa bekerja cepat saat memproses pengambilan gambar, tak lupa disematkan sistem AF Depth from Defocus pada kamera bergaya stylish ini.

Kemampuan lainnya, Panasonic Lumix GF9 sanggup melakukan perekaman video beresolusi 4K pada kecepatan 30 fps, serta dilengkapi dengan fitur 4K Photo untuk mengekstrak gambar dari video yang ditangkap. Kemudian, fitur lain yang ditawarkan kamera ini adalah Post Focus dan Focus Stacking.

Mengingat kamera ini hanya berdimensi 107 x 65 x 33 mm saja, sejumlah fitur dihilangkan pada kamera ini. Hal ini bisa dilihat dari tidak adanya fitur NFC, electronic viewfinder dan hot shoe, juga penggunaan media penyimpanan microSD, bukan SD card standar.

Untungnya, Panasonic telah membenamkan dukungan Pop-up flash, serta memiliki LCD sentuh seluas 3 inch untuk memudahkan pengambilan gambar. Tak kalah menarik, layar tersebut bisa diputar hingga 180 derajat sehingga membantu untuk pengguna yang hobi berfoto selfie.

Untuk melakukan transfer data atau menjadikan smartphone sebagai remote control, pengguna bisa memanfaatkan fitur konektivitas Wi-Fi 802.11b/g/n. Sementara soal ketahanan, baterai pada kamera mirrorless Panasonic Lumix GF9 sanggup dipakai untuk memotret sebanyak 210 jepretan.

Secara keselurahan, Panasonic Lumix GF9 menawarkan opsi menarik untuk pengguna yang memerlukan kamera dengan ukuran ringkas seperti kamera saku namun memiliki kualitas jepretan prima layaknya kamera mirrorless.

Rencanannya, kamera mirrorless Panasonic ini akan mulai dijual pada bulan Februari 2017 mendatang. Dibandrol seharga US$ 549 atau setara Rp 7,3 jutaan, pengguna juga akan mendapatkan tambahan lensa 12-32mm f/3.5-5.6 berbentuk ringkas dalam paket penjualan.

Panasonic Lumix DC-GF9K
Harga termurah

Rp 6,499,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 25 fps
Lens Mount Micro Four Thirds mount

Baca juga artikel:
CES 2017 Panasonic Lumix DMC GH5 Dirilis Andalkan Fitur Video 4K HDR
Panasonic Lumix LX10 dan Lumix FZ2500 Cocok Buat Videografi
Menjajal Dual Kamera Huawei P9 di Siang dan Malam Hari

 

Artikel Lainnya

Komentar