CES 2017 ASUS Zenfone 3 Zoom Dirilis Andalkan Dual Kamera 2,3x Zoom

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 05 Jan 2017 | 09:46

Saat ini tren smartphone dual kamera tengah mewabah sehingga membuat berbagai produsen keranjingan membuat produk smartphone kamera terbaru. Beberapa produsen bahkan menghadirkan sektor kamera yang memenuhi kebutuhan fotografi professional, seperti lensa wide yang mumpuni sehingga mampu menghasilkan efek blur yang baik, hingga fitur zoom yang lebih jelas dan detail.

Seperti yang dirumorkan sebelumnya, ASUS pun merilis ASUS Zenfone 3 Zoom dalam ajang CES 2017. Smartphone ini hadir dengan sejumlah teknologi baru yang diklaim mengungguli kamera iPhone 7.

Seperti yang dirumorkan sebelumnya, ASUS Zenfone 3 Zoom hadir dengan sektor kamera  yang revolusioner. Pada bagian kamera utama, ASUS menghadirkan dual kamera 12 MP. Kamera utama 12 MP akan dipasangkan dengan kamera 12 MP dengan lensa zoom 2.3x. Sekilas ini mirip dengan iPhone 7 Plus. Dan memang ASUS menghadirkan Mode Portrait yang diklaim lebih natural dan lebih mendalam. Namun, Fitur ini baru akan hadir pada software berikutnya. Sementara itu, untuk pecinta selfie, ASUS menghadirkan kamera depan 13 MP dengan sensor Sony IMX214 dan sudah support screen flash.

Dual Kamera Teknologi Tinggi

Sekilas kamera utama ASUS mirip dengan kamera iPhone 7 plus dengan kamera utama 28mm dan kamera kedua 56 mm. Kamera kedua inilah yang disokong lensa telephoto dengan 2x zoom. Hal ini berbeda dengan kamera ASUS yang menggunakan kamera utama 25 mm. ASUS juga menggunakan lensa yang lebih luas sehingga menghadirkan prespektive yang baik. Kamera kedua 59mm yang membawa lensa zoom 2.3x diklaim lebih jelas menangkap objek jarak jauh.

Salah satu hal yang meningkat dalam ponsel Android kamera ini ialah sistem autofocus. ASUS menggunakan teknologi TriTech+ yang diklaim fokus cepat. Selain itu, ASUS menggunakan teknologi dual pixel. Teknologi ini pertama kali digunakan pada Samsung Galaxy S7. Dengan teknologi ini, kamera ASUS bisa mengunci fokus hanya dalam waktu 0,03 detik. Apalagi, ASUS menghadirkan laser autofocus yang membantu pengguna membidik objek. Semua itu dikombinasikan dengan fitur subject tracking autofocus buatan Sony. Tak heran, ASUS Zenfone 3 Zoom diklaim sebagai ponsel Android dengan fokus tercepat.

Dengan Teknologi tersebut, tak heran ASUS Zenfone 3 Zoom bisa digunakan untuk merekam video 4K dengan lebih cepat dan stabil. Hal ini juga nampak dengan hadirnya fitur 4-axis, 4-stops OIS, dan EIS with 3-axis stabilization.

ASUS juga menghadirkan fitur bernama SuperPixel Engine. Dengan fitur ini, kamera akan secara pintar mengatur level ISO saat memotret sehingga mengurangi noise pada gambar. Dengan fitur ini, hasil gambar ASUS lebih terang 2,5 kali dibanding iPhone 7 Plus dalam kondisi yang sama. Terdapat juga RGB sensor untuk mengoreksi warna sehingga hasil foto lebih sempurna.

Spesifikasi Kelas Menengah

Dibalik Camera premiumnya, ASUS hanya menggunakan spesifikasi kelas menengah pada sektor sisanya. ASUS sendiri menghadirkan desain yang cukup mewah dan stylish. Bodi ponsel Android terbaru ini bahkan sudah menggunakan bodi metal. Dimensinya cukup ramping hanya 7,99 mm dengan berat 170 gram. Dengan dimensi ini pengguna bisa memegang perangkat dengan nyaman. Dibagian bodi belakang, tidak lupa ASUS menghadirkan sensor sidik jari untuk sistem keamanan.

Yang menarik, meski mengusung bodi ramping, ASUS menggunakan baterai yang cukup besar yakni 5000 mAh. Tentu baterai ini sangat impressive untuk penggunaan harian. Bahkan ASUS mengklaim dengan baterai ini, ASUS Zenfone 3 Zoom bisa digunakan untuk merekam video 4K selama 6,4 jam dan dalam mode standby selama 42 hari. Bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy S7, baterai ASUS memiliki kapasitas 40% lebih banyak sehingga kian cocok untuk pengguna mobilitas tinggi.

Pada bagian layar, ASUS menggunakan layar  berukuran 5,5 inci. Layar ini menggunakan panel AMOLED dan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels. Layarnya mampu menampilkan gambar  dan video yang cukup jelas bahkan detail. Layar ini mampu menampilkan warna yang natural. Untuk pelindung anti gores, ASUS menggunakan lapisan anti gores Gorilla Glass 5.

Pada bagian mesin, ASUS Zenfone 3 Zoom menggunakan mesin kelas menengah. ASUS hanya memasang chipset Qualcomm Snpadragon 652. Prosesor ini akan disokong RAM 4GB dan memori penyimpanan 128GB. Hal ini memberikan performa yang cukup baik untuk harian, bermain game maupun multitasking. Untuk sistem operasi, ASUS masih menggunakan OS Android Marshmallow. Sistem ini akan mendapat update OS Nougat pada pertengahan tahun ini.

Kabarnya. ASUS Zenfone 3 Zoom akan dirilis secara global pada Februari 2017 mendatang. Sayangnya, hingga saat ini belum ada keterangan resmi mengenai harga. Namun, mengingat yang sudah-sudah, Ponsel Android terbaru ASUS ini akan sangat diminati banyak pecinta fotografi.

Asus Zenfone Zoom S ZE553KL
Harga termurah

Rp 5,376,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800)
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Kamera Depan Yes, 13 MP
Baterai Non-removable Li-Ion 5000 mAh

Baca juga artikel:
Bocoran Asus Zenfone Terbaru Pakai Android 7.0 dan Baterai 4850 mAh
ASUS Zenfone 3 Zoom Siap Dirilis Saat CES 2017 dan Sudah Lolos TKDN
Mengenal Teknologi Kamera Asus ZenFone 3 ZE552KL yang Buat Foto Jadi Bagus

Artikel Lainnya

Komentar