Volvo Akan Pasangkan Aplikasi Skype di Mobil

Oleh Adam Rizal on Selasa, 03 Jan 2017 | 14:33

Pabrikan mobil pun mulai mengintegrasikan berbagai aplikasi smartphone ke dalam mobil, menyusul smartphone ada dua hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat modern saat ini.

Saat ini banyak fitur smartphone yang sudah terintegrasi pada mobil seperti fitur navigasi atau musik.

Pabrikan mobil mewah asal Swedia, Volvo pun akan mengintegrasikan aplikasi Skype yang akan terpasang pada mobil mewah pada layar konsol tengah Volvo 90, sekaligus menjadikan Volvo sebagai pabrikan mobil pertama di dunia yang punya Skype di mobil-mobil mereka seperti dikutip Carscoops.

Aplikasi Skype di kendaraan Volvo sendiri bernama "Skype for Business" dan merupakan hasil kerja sama antara produsen mobil mewah itu dengan Microsoft. Nantinya, Volvo akan menyematkan aplikasi Skype kepada S90, V90, serta XC90.

Vice President Consumer Connectivity Services Volvo Car Group Anders Tylman-Mikiewicz mengatakan pengemudi Volvo pernah ingin melakukan conference call dan gagal di dalam mobil atau smartphone pengemudi jatuh ketika ingin menyambung koneksi.

"Ini bukanlah cara terbaik untuk memulai sebuah pembicaraan penting di dalam mobil. Perhatian Anda haruslah diarahkan kepada yang seharusnya yaitu ke jalanan. Dengan adanya Skype for Business, semua itu dapat dilakukan," katanya.

"Volvo ingin membuat konsumen mereka hidup lebih mudah dan aman," ujarnya.

Tylman-Mikiewicz mengatakan fitur Skype for Business hanya bisa digunakan untuk voice conference call, bukan video conference call. Hal itu disebabkan karena video memiliki potensi lebih untuk membuat perhatian teralihkan dari jalan raya.

Tak hanya Skype, Volvo juga ingin mengintegrasikan asisten digital personal milik Microsoft yaitu Cortana ke dalam model-model mereka.

Cortana adalah asisten virtual berbasis suara yang dibesut oleh Microsoft. Awalnya, Cortana hanya tersedia pada smartphone Windows Phone saja, namun belakangan asisten virtual satu ini juga sudah tersedia pada desktop dan laptop.

Cortana bahkan mampu mengalahkan asisten virtual milik pesaing Microsoft seperti Siri dari Apple ataupun Google Now dari Google. Yang menarik, desain Cortana diklaim berdasarkan ratu Mesir, Nefertiti.

"Volvo berada di paling terdepan. Orang-orang perlu menjadi produktif dari mana saja termasuk mobil mereka," ujar Ben Canning, Director of Product Management for Skype for Business at Microsoft.

Canning menjelaskan aplikasi Skype memberikan kemudahan bagi driver atau penumpang untuk tetap dapat berhubungan, seperti dengan pihak kantor atau pertemuan sementara di dalam mobil (tidak dilakukan saat sedang mengemudi).

"Mereka ingin menjadikan kendaraan lebih smart dengan menghadirkan fitur-fitur terkini seperti Internet yang membuat Anda dapat terhubung dengan orang-orang sekitar," tutupnya.

Baca juga artikel:
Lamborghini Urus, SUV Lamborghini Pertama Berteknologi Hybrid
Bocoran Spesifikasi dan Harga Innova Venturer
Kalahkan Mercy dan Toyota, Honda Paling Dicari di Google

Artikel Lainnya

Komentar